Alan Wake adalah video game bergenre aksi petualangan yang digarap oleh Remedy Entertainment dan dirilis pada tahun 2010 silam. Meskipun tidak mencantumkan unsur horor di genrenya, tetapi game ini telah berhasil membuat para pemainnya merasa ngeri karena plot dan nuansanya mengangkat tema ‘villain bayangan’ yang harus dibunuh menggunakan senter dan pistol. Berkat popularitasnya di mata penggemar, Alan Wake rencananya akan diadaptasi menjadi sebuah tayangan serial.

Pada tahun 2018, direktur kreatif Remedy, Sam Lake, sempat mengumumkan bahwa Alan Wake akan mendapatkan tayangan serialnya sendiri di tangan Peter Calloway yang bertindak sebagai showrunner-nya. Setelah hampir empat tahun berlalu sejak pengumuman perdananya, akhirnya sebuah kabar terbaru mengungkap bahwa pengembangan serial Alan Wake mulai bergerak maju.

Baru-baru ini, dalam acara virtual untuk merayakan ulang tahun ke-12 video game Alan Wake, Lake kembali membahas serial adaptasi video gamenya yang sekarang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming AMC. Dengan bangga, dia mengumumkan bahwa Remedy Entertainmet telah memulai kerja samanya dengan AMC yang telah membeli hak siar untuk serial Alan Wake.

“AMC, rumah dari berbagai tayangan serial menarik, telah membeli hak atas Alan Wake. Kami sudah mulai berkolaborasi untuk mewujudkan serialnya. Untuk saat ini hanya itu yang bisa kami sampaikan, tetapi kami akan segera memberi tahu kalian ketika ada lebih banyak lagi pengumuman yang bisa kami sampaikan,” kata Lake. Masih ada beberapa tahap lagi yang harus dilalui oleh Remedy dan AMC, sampai akhirnya serial adaptasi Alan Wake benar-benar bisa disaksikan oleh para penggemar setianya.

Dengan meningkatnya minat masyarakat dunia terhadap layanan streaming, serial Alan Wake ini sebenarnya cukup layak untuk diantisipasi. Apalagi AMC sendiri adalah layanan streaming yang telah menayangkan banyak sekali tayang populer, seperti The Walking Dead dan Breaking Bad. Sehingga kualitas dari serial Alan Wake mendatang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena sekarang serialnya baru saja diumumkan akan diproduksi oleh AMC, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang adaptasi Alan Wake ini ya, Geeks.