Kita semua mungkin sudah tahu bahwa di Marvel Universe ada banyak sekali karakter kuat yang mampu menghancurkan planet bahkan alam semesta secara keseluruhan. Namun bagaiamana dengan senjata? Jarang orang yang tahu bahwa sebernarnya Marvel Comics telah memperkenalkan sebuah pedang dari Asgard yang kehebatannya jauh lebih superior dari palu andalan Thor yang disebut Mjolnir. Pedang yang dimaksud adalah milik sang All-Father Odin yang diberi nama sesuai dengan dirinya sendiri, yaitu Odinsword. Seperti apa proses penciptaan dan kehebatan dari Odinsword di Marvel Universe ini? Mari kita bahas.

Penentu Nasib Alam Semesta

Pertama kali diperkenalkan di komik Journey Into Mystery #177, keberadaan Odinsword sendiri merupakan bukti bahwa ada senjata Asgard yang jauh lebih superior dari Mjolnir. Pedang kosmik yang ukurannya sangat besar ini ditempa dari cincin kutukan Nibelung yang konon dapat membawa kehancuran bagi Asgard, karena di dalamnya hanya terdapat ketamakan dari sang All-Father Odin sendiri. Karena alasan itulah Odin terbilang lebih sering menyarungkan senjata pamungkasnya ini, dan hanya akan mengeluarkan Odinsword ketika nasib Marvel Universe tengah dalam keadaan genting.

Selama ribuan bahkan mungkin jutaan tahun lamanya, Odinsword yang dikeluarkan dari sarung pedangnya terbukti mampu memukul mundur para musuh terkuat Asgard. Di mana mereka sendiri sebenarnya menginginkan Odinsword untuk melenyapkan Asgard dan alam semesta secara keseluruhan. Ketika para Space God alias Celestial diceritakan berniat menghancurkan Bumi pada peristiwa kiamat yang disebut Fourth Host, Odin sekali lagi terpaksa mengeluarkan Odinsword dan mengenakan armor Destroyer untuk melindungi Bumi sekaligus mengalahkan pemimpin Celestial yang bernama Arishem the Judge.

Pada titik inilah untuk pertama kalinya Odinsword diceritakan tidak bisa langsung membunuh targetnya, karena ternyata para Celestial yang telah terluka bahkan terpotong oleh pedangnya, masih mempu menyembuhkan diri dengan kemampuan regenerasi kosmiknya. Bahkan ketika Thor mencoba melemparkannya dengan sekuat tenaga kepada Arishem, pemimpin Celestial ini langsung menganalisis dan kemudian melelehkan Odinsword. Sedangkan kemenangan atas Celestial sendiri baru bisa dicapai setelah Odin dan para dewa berhasil meyakinkan Celestial bahwa Bumi layak untuk dipertahankan.

Pedang Berkekuatan Luar Biasa

Meskipun pada akhirnya Odinsword meleleh di hadapan Arishem the Judge yang kekuatan di luar nalar, tetapi bukan berarti pedang terkuat di Marvel Universe ini lemah. Faktanya selain ukurannya yang sangat besar, Odinsword juga menyimpan segudang kemampuan sihir yang sangat luar biasa. Berdasarkan apa yang telah terungkap di komik Journey into Mystery #98, pedang Odin ini terbukti mampu mengendalikan kekuatan alam, memanggil hujan meteor yang sangat mematikan, membelah pegunungan hanya dengan sekali tebas, dan secara ajaib bisa mengurung para musuh Odin dalam penjara abadi.

Kemudian di komik Journey Into Mystery #99, disebutkan juga bahwa Odinsword memungkinkan penggunanya untuk menyerap kekuatan dari semua kehidupan di alam semesta, serta mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang sangat kuat. Kemampuan luar biasa lainnya yang berhasil dibuktikan oleh Odinsword adalah ketika Odin menggunakannya untuk menyerap energi dan menembakannya kepada musuh. Terlepas dari kehancurannya oleh Arishem, tetap tidak bisa kita mungkiri bahwa Odinsword mampu memotong Celestial yang memang terkenal sangat sulit untuk dilukai.

Eksistensi Odinsword Sekarang

Setelah menghilang untuk waktu yang sangat lama, Odinsword akhirnya sempat dimunculkan kembali di komik populer Marvel berjudul Fear Itself. Di kisah Serpent’s War ini entah bagaimana caranya Odin diceritakan berhasil menemukan kembali Odinsword dan kemudian menyerahkannya kepada Thor. Pada titik inilah terungkap bahwa nama lain dari Odinsword sendiri adalah Ragnarok atau Akhir dari Segalanya. Dia sengaja memberikannya kepada Thor agar sang God of Thunder dapat menggunakannya untuk mengalahkan Cul Borson, adik Odin yang tidak bisa dilukai senjata apa pun kecuali oleh Odinsword.

Itulah pembahasan tentang pedang kosmik terkuat di Marvel Universe yang disebut Odinsword. Setelah terakhir kali digunakan oleh Thor di peristiwa Serpent’s War, Odinsword tidak pernah diceritakan lagi sampai sekarang. Alasannya mungkin karena sekarang belum ada peristiwa besar yang dapat menjadi alasan kuat untuk menghunuskan kembali Odinsword. Atau karena memang tidak ada sosok yang mampu menggunakannya lagi pasca kematian Odin di komik Thor Vol. 6 pada tahun lalu. Kita lihat saja nanti apakah ada kisah lain yang dapat memunculkan kembali Odinsword atau tidak ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.