Sosok Uchiha Sasuke mungkin akan berubah kembali menjadi sosok yang jahat karena membantu Uzumaki Boruto untuk berlatih dalam masa pelariannya. Saat ini, manga Boruto: Naruto Next Generation sedang dalam masa hiatus selama empat bulan setelah berhasil menyelesaikan bagian pertama ceritanya. Di akhir cerita bagian pertama diperlihatkan bagaimana Boruto dan Kawaki bertukar kehidupan.

Dan konsekuensi dari hal tersebut kini Boruto diincar oleh para shinobi Konoha. Sasuke, sebagai mentor dari Boruto, terlibat dalam upaya kaburnya Boruto. Dia juga sudah berjanji akan membantu Boruto untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Meskipun begitu, dilihat dari sudut pandang para shinobi Konoha apa yang dilakukan oleh Sasuke tersebut bisa membuatnya dianggap oleh yang lain sebagai sebuah tindakan kriminal. Dan Sasuke dianggap kembali menjadi jahat.

Masa Lalu Sasuke

Seperti yang Geeks ketahui, pada masa lalu Sasuke pernahberubah menjadi sosok ninja yang jhahat. Dia banyak melakukan tindakan kriminal dan kejahatan lain yang membuatnya menjadi buruan di lima negara besar di semesta Naruto. Setelah dia meninggalkan Konoha saat usianya masih sangat muda, sebenarnya Sasuke tidak serta merta berubah menjadi jahat.

Sasuke baru berubah menjadi sosok yang mengerikan dan menjadi shinobi jahat pas menghabisi nyawa dari sang kakak, yaitu Itachi Uchiha. Sasuke berusaha untuk membalas dendam terhadap Konoha atas apa yang mereka lakukan terhadap sang kakak. Tindakan jahat Sasuke diimulai dengan banyak nyawa penduduk Konoha yang melayang.

Dia juga berhasil menculik adik dari Raikage dan menghabisi nyawa para pasukanatau shinobi dari wilayah lain. Bagaimana Sasuke mendeklarasikan bahwa dia akan menghabisi siapa pun yang menikmati kedamaian akibat Itachi, membuat Sasuke menjadi buruan di seluruh negara shinobi. Sasuke juga bahkan bergabung dengan Akatsuki meskipun tidak lama.

Sasuke sendiri mulai kembali ke jalan yang benar saat perang dunias hinobi, di mana dia membantu para aliansi shinobi untuk mengalahkan Kaguya Otsutsuki yang membahayakan bumi. Namun, ternyata setelah Kaguya berhasil disegel Sasuke melakukan tindakan jahat lain dengan mengurung semua Bijuu dan berencana menghabisi semua Kage demi memulai revolusi dunia ninja. Kekalahannya dari Naruto yang pada akahirnya membuat Sasuke benar-benar berubah dan loyal kepada sahabatnya tersebut.

Status Kriminal Boruto

PAsca pertempuran besar tersebut, Sasuke kemudian memutuskan untuk melakukan petualangan demi menebus kesalahan yang sudah dia lakukan sebelumnya. Sasuke berusaha untuk menolong sebanyak mungkin orang yang dia temui. Namun, di sisi lain, dia juga berusaha untuk mencari tahu dan menelusuri jejak dari klan Otsutsuki. Cerita pun mulai rumit ketika Boruto diberikan Karma oleh Momoshiki Otsutsuki.

Ketika cerita Boruto terus berjalan, Kishimoto kemudian memperkenalkan karakter lainnya yaitu Kawaki. Seperti halnya Boruto, Kawaki juga memiliki segel Karma daam tubuhnya. Namun, beruntung, Naruto kemudian berhasil menyelamatkan nyawa Kawaki dengan mengorbankan Kurama. Kawaki sendiri kemudian bersumpah untuk melindungi Naruto dari segala ancaman, termasuk Otsutsuki.

Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa Kawaki berusaha untuk menghabisi atau menghancurkan seluruh Otsutsuki yang ada. Karena Boruto merupakan wadah bagi Momoshiki, Kawaki pun kemudian berusaha untuk menghabisi nyawa dari Boruto. Nyatanya, upaya tersebut tidaklah mudah. Inilah yang kemudian membuat Kawaki meminta bantuan Eida untuk bisa bertukar kehidupan dengan Boruto.

Akibat dari apa yang dilakukan oleh Eida, kini semua orang berpikir jika Boruto adalah Kawaki yang sudah menghabisi nyawa Naruto dan Hinata. Sedangkan, Kawaki adalah Boruto yang merupakan anak dari Naruto. Kawaki sendiri sebelumnya sudah menyegel Naruto dan Hinata di dalam dimensi lain. Dan saat ini Boruto pun dianggap kriminal oleh banyak orang.

Sasuke Kembali Jahat

Di chapter 80 kemarin, diperlihatkan bagaimana Sasuke kemudian menemui Boruto. Pada awalnya, Sasuke pun menganggap Boruto sebagai Kawaki sampai kemudian dia mengaku bahwa dia tidak percaya dengan ingatannya. Sasuke mengaku ingat dengan semua ciri-ciri Boruto termasuk ikat kepala miliknya yang diberikan kepada Boruto.

Sasuke sendiri mengakui bahwa dia lebih percaya kepada putrinya, Sarada Uchiha, jika Boruto tidak bersalah. Sarada juga meminta Sasuke untuk membantu Boruto dan membantu membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Sasuke pun kemudian membuktikan hal ini di mana dia membantu Boruto untuk bisa kabur dari Konoha. Dia menahan para shinobi yang sedang mencari Boruto.

Dalam artikel sebelumnya disebutkan jika Sasuke mungkin akan membantu Boruto dalam pelariannya yang juga jadi momen timeskip selama 4 tahun. Jika kemudian hal ini memang terbukti, maka Sasuke akan berubah menjadi jahat. Itulah yang mungkin ada di benak para shinobi Konoha. Sasuke dianggap membantu buronan yang mana itu adalah sebuah tindakan kriminal.

Sasuke memang dianggap sebagai pahlawan dan salah satu shinobi terkuat di dunia, namun melihat bagaimana situasi yang terjadi sekarang rasanya tidak heran jika orang-orang kemudian berpikir jika Sasuke kembali jadi jahat. Yang perlu dinantikan adalah apa langkah selanjutnya dari kedua karakter. Jika memang mereka berusaha membalas dendam Kawaki, maka pertempuran epik akan terjadi. Dan bisa jadi apa yang dihadirkan di momen awal ceritanya jadi gambaran dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.