High Evolutionary adalah salah satu supervillain teranyar Marvel Cinematic Universe yang beru saja melakukan debut live action-nya di film Guardians of the Galaxy Vol 3. Diperankan oleh aktor brilian Chukwudi Iwuji, maniak evolusi ini akhirnya berhasil dikalahkan oleh tim Guardians yang sama-sama berjuang melepaskan Rocket Racoon dari tragedi masa lalunya. Sekarang dengan ending yang terjadi di GOTG 3, sutradara filmnya James Gunn menjelaskan nasib High Evolutionary di MCU setelah kalah dari Guardians.

Bagi yang belum tahu, di ending film GOTG 3 sendiri High Evolutionary berhasil dikalahkan oleh Rocket dan kawan-kawan di markasnya sendiri, Laboratorium Arete. Alih-alih langsung membunuhnya, Rocket memutuskan untuk mengampuni nyawa Evolutionary yang telah memberikan luka mendalam kepadanya. Menariknya, menjelang ending ketika para Guardians menyelamatkan hewan-hewan dari lab Arete yang meledak, sebenarnya Drax juga membawa Evolutionary yang sudah tidak berdaya ke markas Guardians’ Knowhere.

Baru-baru ini ketika ada seorang penggemar bertanya melalui Twitter, bagaimana nasib High Evolutionary selanjutnya pasca GOTG 3? Sutradara James Gunn memberikan jawaban singkat bahwa saat ini dia telah dipenjara di Knowhere. Melalui pernyataan terbarunya ini Gunn seakan-akan ingin menegaskan bahwa akan percuma jika Rocket mengampuninya, tetapi para Guardians tetap meninggalkan Evolutionary untuk mati di Arete. Sehingga menyelamatkannya adalah bukti dari belas kasih Rocket dan anggota Guardians lainnya.

Mengingat Knowhere sendiri adalah kepala Celestial yang dijadikan markas oleh Guardians setelah membelinya dari Taneleer Tivan alias Collector, tentunya di dalamnya memang disediakan fasilitas seperti penjara. Mengingat Evolutinary telah kehilangan semuanya, termasuk sumber daya, lab Arete, dan terlebih lagi motivasinya, seharusnya saat ini dia sudah dalam keadaan tidak bisa melakukan apa-apa. Bahkan untuk kabur dari penjara Knowhere pun sepertinya akan sangat sulit bagi Evolutionary.

Walapun begitu bukan tidak mungkin suatu hari nanti High Evolutionary akan kembali beraksi di MCU pasca GOTG 3. Misalnya sebagai musuh yang bangkit kembali karena ditolong oleh salah satu varian Kang, big bad villain di Multiverse Saga, untuk menciptakan pasukan khusus dengan rekayasa genetiknya. Apa pun itu yang jelas pernyataan Gunn ini telah mengonfirmasi bahwa setidaknya sampai hari ini High Evolutionary masih hidup di MCU, tepatnya dipenjara di Knowhere.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.