Ada kemungkinan jika klan D adalah mantan budak dari kaum naga langit yang mana inilah alasan mereka begitu ditakuti dalam cerita One Piece. Klan D adalah salah satu klan besar sekaligus misterius dalam dunia One Piece. Beberapa karakter diketahui memiliki nama D di tengah-tengahnya. Misalnya, keluarga Monkey atau Trafalgar Law.

Meskipun begitu, klan D ini diketahui banyak dimusuhi atau menjadi musuh bagi semua orang. Mereka memandang negatif para anggota klan D, di mana menurut mitos yang beredar bahwa klan D adalah orang-orang yang jahat. Namun, tentunya, fakta sebenarnya tidaklah seperti itu. Dan yang menarik muncul teori tentang klan D yang mungkin adalah mantan budak dari kaum naga langit sehingga mereka takut terhadap klan tersebut.

Teka-teki Klan D

Misteri tentang klan D dan semangat D, masih menjadi misteri besar yang belum terungkap hingga sekarang. Sebenarnya, jika mau, Rayleigh mempunyai jawaban dari hal tersebut seperti yang diperlihatkan saat arc Sabaody. Namun, Luffy lebih memilih berpetualang dan menikmati prosesnya.

Fakta mengenai klan D sendiri dipercaya ada di Poneglyph yang berada di Laugh Tale. Meskipun masih misterius, Oda Sensei beberapa kali memberikan petunjuk terkait klan ini. Misalnya, seperti yang sudah kita ketahui, klan D dikenal sebagai “musuh utama para dewa (kaum naga langit).”

Klan D juga sering kali dianggap sebagai iblis yang jahat, seperti dalam cerita di wilayah Rosinante tinggal. Anak-anak yang jahat ditakut-takuti, bahwa mereka akan dimakan oleh seseorang dari klan D. Banyak teori yang kemudian berkembang di kalangan fans. Salah satunya adalah klan D dianggap memiliki koneksi dengan Joy Boy, buah iblis, dan Kerajaan Kuno.

Dan yang menarik adalah terdapat sebuah ramalan yang menyebutkan jika “badai besar akan datang.” Badai tersebut akan dibawa oleh salah satu klan D, yang mana itu akan jadi momen kebangkitan dari klannya. Dispekulasikan jika Luffy yang kemudian akan membawa badai besar tersebut.

Klan D Budak Kaum Naga Langit

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak teori yang berkembang di kalangan fans terkait dengan klan D. Salah satunya membahas juga tentang apa sebenarnya arti dari huruf ‘D’ tersebut. Ada berpendapat jika hurud tersebut berarti Dream, karena untuk mewujudkan semua hal diperlukan mimpi besar seperti yang diperlihatkan oleh Luffy.

Ada juga yang beranggapan jika ‘D’ dalam klan D adalah kependekan dari Devil. Hal ini berdasarkan sifat mereka yang selalu membangkang dan bertindak semaunya.Tetapi, ada juga yang tidak kalah menarik di mana teorinya menyebutkan jika huruf ‘D’ tersebut berasal dari kata ‘Dorei‘ yang berarti ‘budak.’

Spekulasi tersebut muncul dari bagaimana sikap yang ditunjukan oleh para anggota klan D. Mereka berusaha untuk terus memperjuangkan kebebasan dan bagaimana mereka diperleihatkan tidak pernah takut akan kematian. Jika memang demikian, rasanya wajar jika kemudian para anggota klan D itu mendapat warisan tekad seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya.

Kemungkinan para klan D sempat menjadi budak kaum naga langit saat abad yang hilang terjadi. Dan atas pemberontakan yang mereka lakukan muncul berbagai tanggapan negatif tentang klan D. Misalnya, mereka dianggap sebagai musuh besar bagi kaum naga langit. Karena, semua itu merupakan propaganda World Government.

Jika memang demikian, rasanya wajar jika kemudian World Government begitu waspada dan ketakutan setiap kali harus berurusan dengan mereka yang jadi bagian dari klan D. Para klan D sendiri tidak pernah berhenti untuk terus menyuarakan kemerdekaan mereka, meskipun sudah 800 tahun berjalan.

Koneksi Dengan Nika

Yang menarik juga adalah dalam teori ini menyebutkan jika klan D tersebut memiliki koneksi dengan Nika. Seperti yang disebutkan dalam ceritanya, Nika adalah sosok yang bertanggung jawab atas kebebasan para budak. Sudah banyak budak yang dibebaskan oleh Nika sehiingga dia menjadi sosok legenda dikalangan mereka.

Bisa jadi, klan D adalah salah satunya. Mereka berhasil meraih kemerdekaan dan kebebasan dan mampu melakukan perlawanan terhadap kaum naga langit adalah karena jasa dari Nika. Selain membebaskan para klan D, mungkin Nika juga ikut bertempur menghadapi kaum naga langit bersama para anggota klan D lain.

Dengan sedikit demi sedikit rahasia masa lalu mulai diungkap oleh Oda Sensei, mungkin kita juga pada akhirnya akan mendapatkan informasi lengkap mengenai klan D. Dan kita juga mungkin akan mendapatkan informasi lengkap mengapa klan D bisa dianggap jadi musuh utama kaum naga langit.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.