Dalam dunia superhero seperti Marvel Universe, senjata seringkali menjadi salah satu elemen penting yang tak terpisahkan dari kisah para karakternya. Dan salah satu jenis senjata Marvel yang terbilang cukup menonjol adalah senjata pertahanan atau yang sering kenal dengan sebutan perisai. Alasan mengapa peran perisai sangat krusial dalam kisah sejumlah karakter Marvel adalah karena jenis senjata yang satu ini sangat berguna untuk melindungi diri dari ancaman yang tak terhitung jumlahnya. Berikut ini adalah lima perisai paling ikonis di Marvel Universe yang punya fungsi dan kekuatan beragam!

Captain America’ Shield

Siapa pun inkarnasinya Captain America adalah supehero yang tidak bisa lepas dari perisai andalannya. Perisai bergambar bintang dan garis layaknya bendera Amerika inilah yang kemudian menjadi perisai paling ikonis di Marvel Universe. Pertama kali digunakan oleh Steve Rogers di Captain America Comics #2 (1941), perisai yang sangat kuat ini terbuat dari campuran logam yang dikombinasikan dengan Vibranium dan Proto-Adamantium. Selain dipakai untuk bertahan, Captain America juga sering menggunakan perisainya untuk menyerang. Dalam sejarah Marvel ada banyak sekali replika yang didasarkan pada perisai Captain America ini, termasuk perisai milik Red Guardian, Patriot, dan Isaiah Bradley.

Energy Shield

Meskipun sekilas penampilannya terlihat seperti perisai vibranium milik Captain America, Energy Shield ini mempunyai fungsi dan kekuatan yang jauh berbeda. Sebagai salah satu perisai ikonis di Marvel Universe, Energy Shield sejatinya adalah sebuah perisai canggih yang memancarkan energi plasma fleksibel. Ketika Captain America menggunakannya di komik Captain America Vol 3 #18 (1999), Energy Shield terbukti mampu berubah bentuk menjadi senjata plasma lain, seperti tongkat, pedang, bahkan tali. Di kisah lainnya Captain America juga pernah meleparkannya untuk kebutuhan menyerang, tetapi ketika direbut oleh musuh Energy Shield akan langsung padam dan tidak bisa digunakan.

Shield of Imhotep

Perisai ikonis selanjutnya yang terkenal sangat sulit ditembus di Marvel Universe adalah Shield of Imhotep. Sesuai dengan namanya perisai ini adalah ciptaan seorang pejuang, ilmuwan, arsitek, pendeta, sekaligus penasehat Firaun pada zaman Mesir Kuno yang bernama Imhotep. Pada saat itu Imhotep menciptakan perisainya dari energi misterius dan kemudian menggunakannya untuk menghalau invasi alien Brood. Di komk S.H.I.E.L.D.
(2010), perisai ini diceritakan telah dijaga oleh Brotherhood of the Shield selama berabad-abad sebagai simbol keyakinan mereka. Meskipun belum dibuktikan secara langsung, konon daya tahan Shield of Imhotep ini mampu menahan serangan Celestial sekalipun.

Shield of Endless Misery

Satu lagi perisai ikonis Marvel yang punya elemen mistis dalam sejarahnya adalah Shield of Endless Misery. Jika diartikan secara harfiah Endless Misery sendiri adalah kesengsaraan yang tak berujung, sesuain dengan fungsi perisai ini. Di komik Doctor Strange and the Sorcerers Supreme (2016) diceritakan bahwa Shield of Endless Misery pernah digunakan oleh entitas jahat The Forgotten untuk menarik perhatian penyihir omniverse Great Hierophant Merlin agar dia bisa menyerangnya. Menurut penjelasan Doctor Strange, perisai sihir ini juga memungkinkan penggunanya untuk melihat masa depan yang sangat buruk, baik tentang dirinya maupun dunia secara keseluruhan.

Shield of Night

Meskipun tidak sesering Captain America, Black Knight adalah salah satu superhero Marvel yang pernah diperlihatkan bertarung sambil membawa sebuah perisai ikonis bernama Shield of Night. Perisai ini diberikan oleh Lady of the Lake kepada Dane Whitman alias Black Knight sebagai perwakilan pahlawan Bumi, bersamaan dengan sebuah pedang yang disebut Sword of Light. Menskipun menurut Black Knight perisai dan pedang barunya ini terlihat ringkih jika dibandingkan dengan Ebony Blade, tetapi faktanya Shield of Night bisa menyerap serangan energi apa pun. Dan yang lebih menariknya lagi energi yang sebelumnya diserap oleh perisai tersebut bisa dipancarkan kembali melalui Sword of Light.

Itulah lima perisai paling ikonis yang pernah Marvel perkenalkan melalui berbagai kisah superheronya. Dengan berbagai fungsi dan kekuatannya yang unik, semua perisai ini telah berhasil menjadi lapisan pertahanan yang sangat sulit ditembus baik oleh serangan fisik maupun sihir. Di sisi lain kehadiran lima perisai ini juga secara tidak langsung telah memperkaya dunia Marvel sekaligus membuat setiap kisah yang melibatkannya terasa lebih menarik. Bagimana menurut kalian Geeks? Dari semua perisai ikonis ini mana yang menurut kalian paling keren?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.