High Evolutionary adalah salah satu villain Multiverse Saga yang baru melakukan debutnya di film teranyar Fase 5 MCU, Guardians of the Galaxy Vol 3Di film yang kembali digarap oleh James Gunn ini villain yang berhasil diperankan aktor Chukwudi Iwuji digambarkan sebagai maniak evolusi yang sangat kejam, di mana dia melahirkan banyak penemuan luar biasa termasuk hewan humanoid seperti Rocket Racoon. Menurut Gunn sepak terjang High Evolutionary ini tidak lepas dari pengalamannya yang ternyata pernah kunjungi Bumi.

Berbeda dari versi komiknya yang memang diperkenalkan sebagai seorang ilmuwan manusia, di GOTG 3 sendiri dia ternyata merupakan seorang villain yang telah melanglang buana di luar angkasa untuk waktu yang sangat lama. Hal ini secara tidak langsung telah mengindikasikan bahwa Evolutinary sejatinya adalah alien. Sedangkan alasan mengapa banyak ciptaannya yang mirip seperti kehidupan di Bumi, tidak lain adalah karena diam-diam High Evolutionary pernah kunjungi planet manusia untuk kepentingan penelitiannya. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah kapan dia melakukan kunjungan tersebut?

Dalam sebuah pernyataan terbarunya di Twitter, ketika ditanya kapan timeline GOTG 3 berlangsung, James Gunn menjawab bahwa filmnya “berlangsung pada masa sekarang.” Lebih lanjut lagi dia menjelaskan “High Evolutionary pernah mengunjungi Bumi pada tahun 1980-an, sehingga itu semua didasarkan pada ingatannya.” Yang dimaksud Gunn di sini adalah ciptaan Evolutionary yang mirip seperti Planet Bumi pada tahun 1980-an, yaitu Counter-Earth alias Kontra Bumi.

Seperti yang sudah tergambarkan di berbagai promosi GOTG 3 sebelumnya, Counter-Earth sendiri adalah sebuah planet ciptaan Evolutionary yang diisi oleh para Humanimal. Di planet ini makhluk hibrida antara manusia dan hewan tersebut digambarkan memiliki kehidupan layaknya manusia pada tahun 1980-an, lengkap dengan desain rumah, pakaian, dan kendaraan yang eksis pada era tersebut. Bisa dibayangkan betapa canggihnya pemikiran dan sumber daya Evolutionary sampai bisa menciptakan tiruan Bumi berdasarkan ingatannya.

Saat High Evolutionary kunjungi Bumi, pada titik ini jugalah sepertinya dia memboyong sejumlah hewan eksperimennya, termasuk Rocket yang awalnya adalah seekor rakun dari Amerika Utara. Alasan lain mengapa nuansa Bumi tahun 1980-an di film GOTG 3 terasa sangat kental adalah karena playlist musik Peter Quill alias Star-Lord yang sebagian besarnya dirilis pada era yang sama.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.