Iron Man merupakan salah satu superhero terkenal dari Marvel Universe yang dalam sejarahnya telah menginspirasi banyak orang dengan teknologi dan keberaniannya dalam melawan kejahatan. Salah satu ciri khas dari karakter ikonis yang bernama asli Tony Stark ini adalah kemampuan tangguhnya dalam menciptakan sekaligus mengenakan berbagai macam armor yang luar biasa sesuai dengan peruntukannya. Tahukah kalian dari sekian banyak armor Iron Man yang telah diperkenalkan di komik, lima di antaranya sengaja diberikan sentuhan desain unik layaknya kesatria abad pertengahan yang gagah berani.

Excalibur Armor

Di Marvel Universe, awalnya Excalibur Armor adalah armor Mark IX yang merupakan versi pembaruan dari model Silver Centurion. Ketika Tony dan para Avengers diceritakan terjebak di sebuah realitas Abad Pertengahan ciptaan penyihir jahat Morgan Le Fay, armor Iron Man yang punya warna klasik kuning-merah ini kembali mendapatkan sejumlah pembaruan yang lebih unik dan eksklusif, khususnya setelah mendapatkan kekuatan mistis dari pedang Excalibur. Yang paling menonjol dari desain armor ini adalah rambut kuncir kuda yang membuat Iron Man sekilas terlihat seperti perpaduan antara kesatria dan gladiator pada abad pertengahan.

Lord Iron Armor

Lord Iron adalah nama superhero dari Tony Stark alias Iron Man yang eksis di semesta alternatif Marvel: 1602. Dalam cerita yang berlangsung pada era Perang Inggris dan Spanyol ini Tony dipaksa bahkan disiksa oleh David Banner alias Hulk untuk menciptakan sebuah armor canggih dengan teknologi yang belum secanggih sekarang. Hasilnya dia menciptakan armor kesatria Iron Man bernama Lord Iron yang ditenagai oleh listrik dari petir, lengkap dengan pedang dan pistol a la Zaman Renaisance. Dalam prosesnya dia lantas menggunakan armor ini untuk berbalik melawan David Banner dengan bantuan Captain Ross dan asistennya Rupert Rhodes.

Sandurang Armor

Sandurang Armor adalah versi pembaruan dari armor Mark 29 alias Extremis Armor yang tiba-tiba berubah saat melawan naga mistis Sandurang. Awalnya Extremis Armor hanyalah sebuah teknologi yang memanfaatkan virus Extremis untuk mendorong semua sistem yang ada di dalamnya agar lebih canggih dari armor-armor sebelumnya. Seakan masih belum cukup kuat, ketika terinfeksi oleh sihir naga Sandurang, armor Iron Man ini bahkan mengalami perubahan bentuk menjadi seperti kesatria dari abad pertengahan. Namun karena Tony tidak bisa menggunakan sihir, armor ini hanya dia pakai sebentar dan lebih memilih menggunakan Mark I untuk mengalahkan Sandurang.

Model Prime Armor

Model Prime Armor adalah salah satu armor Iron Man yang memiliki kekuatan untuk berubah bentuk sesuai keinginan Tony Stark. Selain bisa menjadi Hulk Buster dan sejenisnya, armor unik milik Iron Man ini juga punya bentuk perubahan yang mirip seperti kesatria Jepang. Armor yang sekilas mirip seperti perpaduan antara ninja dan samurai ini Iron Man pakai ketika berhadapan dengan pasukan ninja yang pergerakannya suilt ditebak. Namun dengan Model Prime Armor, akhirnya Iron Man bisa mengimbangi para ninja karena armornya yang punya bentuk dan keahlian mirip ninja, lengkap dengan katana yang mengeluarkan listrik mematikan.

Iron Shogun Armor

Iron Shogun Armor adalah armor kesatria terbaru dari Iron Man yang baru diperkenalkan Marvel melalui komik I Am Iron Man #3. Di kisah yang berlangsung pada timeline alternatif ini Tony diperlihatkan mengenakan Iron Shogun Armor, lengkap dengan katana kembar berbilah energi layaknya Lightsaber dalam cerita Star Wars. Dengan senjatanya yang sangat tajam ini, dia diceritakan harus menghadapi Oni alias Iblis Jepang yang tampaknya tidak berdaya di hadapan Iron Shogun. Dalam salah satu panelnya Tony bahkan berbicara kepada dirinya sendiri untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, layaknya seorang samurai pada era Kamakura di Jepang.

Itulah lima armor kesatria yang diciptakan oleh Iron Man dalam berbagai cerita Marvel Comics. Sampai sekarang armor kesatria Iron Man selalu menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar karena punya desain yang eksklusif sekaligus keren karena mengambil inspirasi dari armor yang ada di dunia nyata. Baik itu ninja, samurai, pejuang abad pertengahan, maupun pejuang Renaisance, sentuhan yang disematkan kepada armor Iron Man ini seakan-akan membuatnya terlihat lebih berjiwa kesatria. Dari semua armor ini mana yang paling kalian sukai, Ge

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.