The Flash adalah salah satu film DC Universe mendatang yang paling diantisipasi oleh para penggemar di seluruh dunia. Dibintangi oleh Ezra Miller sebagai sang Scarlet Speedster yang ikonis, film ini menjanjikan cukup banyak hal menarik. Mulai dari digadang-gadang sebagai film penutup era DCEU, sampai keterlibatan Michael Keaton sebagai Batman versi tahun 1980-an. Dan karena plotnya yang mengusung tema multiverse, banyak juga penggemar yang berharap bisa melihat cameo menarik. Sayangnya, sampai hari ini terhitung ada lima cameo The Flash yang telah dibatalkan!

Superman DCEU

Cameo The Flash pertama yang paling santer dibahas dan telah dikonfirmasi batal adalah penampilan Henry Cavill sebagai Superman DCEU. Cavill bahkan sempat dikabarkan telah melakukan syuting cameonya dengan bayaran sebesar 250 ribu dolar Amerika. Namun dalam proses pascaproduksi, Warner Bros dan studio terpaksa menghapus adegannya di versi final The Flash karena dikhawatirkan akan berdampak pada rencana jangka panjang reboot DC Universe selanjutnya. Penampilan Cavill sebagai Superman ini tadinya sempat dirumorkan akan muncul ketika Flash berada di dalam Speed Force, di mana Superman berbicara kepada Flash “Oh, ternyata selama ini kamu ada di sini.”

Wonder Woman DCEU

Satu lagi cameo The Flash yang dibatalkan walaupun sudah melakukan syutingnya adalah penampilan aktris Gal Gadot sebagai Wonder Woman DCEU. Hal ini disampaikan langsung oleh Ben Affleck yang tampil sebagai Bruce Wayne alias Batman DCEU pada suatu titik di film The Flash nanti. Dalam sesi wawancaranya dengan Smartless Podcast, Affleck mengatakan bahwa ada adegan yang dihapus dari film The Flash yang memperlihatkan karakternya curhat kepada Diana Prince alias Wonder Woman tentang kehidupan dan pekerjaannya sebagai vigilante. Mungkin tadinya adegan ini dimaksudkan untuk melengkapi arc Batman yang juga akan berakhir jelang reboot DC Universe mendatang.

Wonder Woman 1970

Gal Gadot bukan satu-satunya aktris Wonder Woman yang penampilan cameo karakternya dibatalkan di film The Flash. Menurut sutradara The Flash’ Andy Muschietti tadinya dia sempat mengantongi daftar cameo yang akan ditampilkan di filmnya. Salah satunya adalah penampilan aktris Lynda Carter sebagai Diana Prince yang melakukan debutnya di serial live action Wonder Woman, terhitung dari tahun 1975 sampai dengan 1979. Tadinya mungkin sebelum dibatalkan, Muchietti ingin Wonder Woman versi Carter ini memeriahkan tema multiverse di film The Flash sekaligus membuktikan bahwa multiverse DC sudah eksis sejak lama tanpa disadari oleh banyak orang.

Jor-El 1970

Selain Lynda Carter, sutradara Andy Muschietti juga menyebutkan bahwa Marlon Brando adalah aktor veteran lainnya yang hampir tampil sebagai cameo The Flash. Aktor yang telah meninggal dunia pada tahun 2004 ini dikenal sebagai pemeran ayah kandung Superman, Jor-El, di film Superman (1978) dan Superman II (1981). Meskipun Muschietti tidak menjelaskan rencana penampilan mendiang Brando seperti apa, tetapi banyak yang percaya bahwa film The Flash tadinya akan menghadirkan footage lama dari film DC terdahulu, salah satunya Superman dengan penampilan Brando yang mengenakan kostum kryptonian putih yang sangat bercahaya.

Flash Arrowverse

Nama aktor terakhir yang menurut sutradara Andy Muschietti batal tampil sebagai cameo di film The Flash adalah Grant Gustin. Dikenal sebagai pemeran Barry Allen alias Flash dari Arrowverse, sebenarnya banyak sekali yang berharap Gustin muncul sebagai cameo di film The Flash nanti, sebagian penggemar bahkan sangat ingin Gustin menggantikan Ezra Miller sebagai sang Scarlet Speedster. Sebelumnya memang sempat ada sebuah rumor juga yang menyebutkan bahwa Gustin tadinya akan tampil dalam mimpi Flash Miller di film The Flash. Sebagai Flash versi CW yang sudah berpengalaman dengan perjalanan waktu dan lintas multiverse, mungkin dia ingin memberikan wejangan kepada Flash Miller.

Itulah lima cameo The Flash yang sejauh ini sudah terkonfirmasi, tetapi akhirnya dibatalkan karena alasan yang beragam. Sangat disayangkan sekali pada akhirnya kita tidak bisa melihat lima cameo menarik ini di filmnya nanti. Padahal jika saja cameonya tetap diwujudkan bisa dipastikan bahwa para penggemar setia DC akan merasa sangat senang melihatnya. Semoga saja sebagai gantinya kita bisa melihat adegan yang lebih menarik dan berdampak saat film The Flash tayang perdana pada tanggal 16 Juni nanti. Dari semua cameo batal ini mana yang tadinya paling kalian harapkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.