Pada tahun 2023 ini ada banyak sekali video game menarik yang layak untuk kita mainkan, salah satunya adalah Hogwarts Legacy yang berlangsung di dunia penyihir Harry Potter alias Wizarding World. Mengambil latar satu abad sebelum peristiwa di novel Harry Potter, game ini memungkinkan pemain untuk menjadi seorang siswa di sekolah sihir Hogwarts untuk belajar sihir dan melakukan misi yang beragam. Menjelang ending game Hogwarts Legacy nantinya para pemain akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang berbeda.

Pilihan yang pemain ambil menjelang ending tersebut selanjutnya akan menentukan akhir cerita dari petualangan yang telah dilalui sebelumnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa pengaruh dari pilihan yang kita ambil terhadap akhir jalan cerita Hogwarts Legacy yang punya lebih dari satu ending. Sebelum menyelam lebih jauh, perlu kita catat bahwa pembahasan di bawah ini akan mengandung sejumlah spoiler. Tanpa basa-basi lagi berikut ini penjelasan ending Hogwarts Legacy tergantung dari pilihan yang kita ambil!

Dua Pilihan Penentu Menjelang Ending

Setelah berjuang mati-matian dan menang dalam melawan sejumlah troll serta goblin jahat, pada akhirnya karakter yang kita mainkan akan diceritakan berhasil mendapatkan Final Repository of Ancient Magic menjelang ending Hogwarts Legacy. Kemudian dalam adegan selanjutnya barulah kita bertemu kembali dengan Professor Fig yang memberikan pertanyaan terakhirnya “Apa yang ingin kamu lakukan dengan ini (Final Repository)?” Untuk meresponsnya setidaknya ada dua jawaban yang bisa kita pilih, di mana masing-masing jawaban tersebut sangat mencerminkan karakter yang kita mainkan selama ini.

Jawaban pertama, “Aku berniat menjaganya tetap tertutup.” Artinya kita memilih ‘jalan baik’ karena membiarkan kekuatan kuno tetap tersegel di dalam Final Repository. Sedangkan jawaban yang kedua, “Aku berniat membukanya,” justru menggambarkan bahwa kita mengambil ‘jalan jahat’ karena terlalu penasaran dengan kekuatan kuno yang sejak awal dijauhkan dari jangkauan orang jahat. Setelah memilih, Fig akan bertanya sekali lagi apakah kita yakin? Jika iya maka kita akan mulai memasuki pertempuran final Hogwarts Legacy dengan adegan yang berbeda tergantung dari pilihan yang diambil.

Ending yang Berbeda Satu Sama Lain

Terlepas dari jawaban atau pilihan yang kita sampaikan kepada Professor Fig, adegan selanjutnya yang akan kita lihat di ending Hogwarts Legacy pada dasarnya sama-sama memperlihatkan kemunculan goblin serakah Ranrok. Dia akan masuk dan langsung mengklaim kekuatan kuno di dalam Final Repository dan berubah menjadi naga raksasa nan mengerikan yang mau tidak mau harus kita hadapi sebagai final boss. Bedanya masing-masing pilihan yang kita ambil sebelumnya menentukan bagaimana kematian Fig yang tampaknya memang ditakdirkan untuk mati di ending.

Jika kita memilih jawaban pertama untuk tidak membuka Final Repository, maka Fig akan selamat dari pertarungan melawan Naga Ranrok. Mentor baik hati ini baru akan mati saat mencoba menolong karakter yang kita mainkan untuk memasukan kembali kekuatan kuno ke Final Repository. Namun jika kita memilih untuk membukanya, maka Fig akan tewas secara mengenaskan di tangan Naga Ranrok sebelum pertarungan final. Setelah mengalahkan Ranrok, jalan jahat ini kemudian memperlihatkan karakter kita menyerap semua kekuatan kuno tersebut untuk dirinya sendiri.

Apakah Hogwarts Legacy Punya True Ending?

Apa pun ending yang kita dapatkan di Hogwarts Legacy, baik good ending maupun bad ending, kita akan tetap mendengar pidato menyentuh Fig dari Professor Black dan Professor Weasley. Dan kekuatan kuno yang kita dapatkan setelah membuka Final Repository dan mengalahkan Naga Ranrok tampaknya tidak berpengaruh apa-apa pada gameplay. Walaupun mata karakter yang kita mainkan sempat terlihat menyala di bad ending, tetapi dia tetap orang yang sama dengan yang memilih good ending. Kabar baiknya dua ending tersebut tetap bisa mengarahkan kita pada ‘true ending’.

Menurut sebagian besar penggemar game Hogwarts Legacy, true ending bisa kita dapatkan setelah mencapai level 34. Pada titik inilah sebuah misi terakhir berjudul ‘The House Cup’ akan muncul, jika belum muncul artinya kalian harus meningkatkan level karakter terlebih dahulu sampai batas yang telah ditentukan. Setelah melalui misinya, kita akan melihat adegan di mana House Cup diberikan pada asrama pilihan kita dan semua murid diceritakan menyelesaikan tahun ajaran mereka dengan bahagia. Inilah true ending yang memungkinkan kita untuk melengkapi semua trophy Hogwarts Legacy.

Sekian pembahasan tentang arti dari berbagai ending Hogwarts Legacy yang sangat tergantung pada pilihan kita sendiri. Sama seperti kebanyakan game open world, walaupun gamenya tamat tetapi Hogwarts Legacy tetap bisa kita mainkan jika ingin menyelesaikan semua misi sampingan dan mendapatkan semua trophy. Tidak ada credit scene atau sebagainya yang memberi bocoran tentang game Hogwarts Legacy selanjutnya. Namun dengan popularitas gamenya, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan kisah spin-off lewat DLC atah bahkan Hogwarts Legacy 2 pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.