Nebula adalah salah satu anak Thanos di MCU yang pertama kali melakukan debutnya di film Guardians of the Galaxy (2017). Sejak saat itu sifat dan kekuatan tubuh dari karakter yang diperankan oleh aktris Karen Gillan ini bisa dibilang terus berkembang lebih baik. Sampai akhirnya sekarang Nebula kembali di film Guardians of the Galaxy Vol 3 sebagai salah satu anggota Guardians terkuat. Kunci dari kehebatannya sendiri tidak lain adalah karena tubuh cyborg-nya telah mengalami banyak peningkatan keji dan menyakitkan. Berikut ini lima rahasia kekuatan tubuh cyborg Nebula di MCU yang jarang orang tahu!

Visual Prosthesis

Visual prosthesis, atau yang lebih dikenal sebagai mata bionic di dunia medis modern, adalah salah satu rahasia kekuatan tubuh cyborg Nebula di MCU. Tidak lama setelah Thanos mengangkatnya sebagai anak, Nebula sudah mulai menjalani peningkatan tubuh yang sangat menyakitkan. Di mana hal tersebut umumnya selalu ditandai dengan kekalahannya oleh Gamora dalam pertarungan yang diperintahkan oleh Thanos. Setelah kekalahan pertamanya sang Mad Titan langsung mencabut matanya dan menggantinya dengan mata bionic berwarna hitam. Visual prosthesis ini memungkinkan Nebula untuk melihat lebih cepat dan lebih tajam daripada mata aslinya.

Synaptic Drive

Synaptic Drive adalah sebutan untuk kekuatan tubuh cyborg selanjutnya yang sengaja dipasangkan oleh Thanos ke otak Nebula sejak kemunculan perdananya di MCU. Implan otak ini dimaksudkan agar Nebula mempunyai ingatan tentang sebuah peristiwa yang dilihatnya dengan lebih akurat. Hal ini bisa terjadi karena ingatan dalam otaknya tersebut akan langsung tersimpan dalam bentuk data yang terkomputerisasi. Awalnya Thanos melakukan peningkatan keji ini agar dia bisa melihat sendiri ingatan Nebula secara visual sehingga dia tidak bisa berbohong. Setelah Thanos mati, kemampuan ini setidaknya dapat mempermudah Nebula untuk berpikir dengan otak setara komputer.

Cybernetic Communicator

Terdengar sederhana, tetapi kekuatan cybernetic communicator atau alat komunikasi sibernetik ini terbukti sangat berguna bagi Nebula, sejak dirinya dikenal sebagai villain sampai akhirnya menjadi anggota Guardians di MCU. Pasalnya kekuatan yang tertanam di otaknya ini memungkinkan Nebula untuk memberikan sinyal peringatan kepada orang lain tanpa perlu menggerakan tubuhnya. Di film GOTG 3 sendiri cybernetic communicator ini tersambung langsung dengan pesawat baru Guardians, The Bowie, sehingga Star Lord dan anggota lain bisa mendapatkan peringatan langsung jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Regeneration Implant

Dari semua kekuatan tubuh cyborg yang dimiliki Nebula di MCU, mungkin regeneration implant adalah yang paling menentukan keselamatannya. Berfungsi layaknya healing factor di Marvel Universe, kekuatan yang satu ini dapat dengan cepat memperbaiki tubuh cyborgnya yang rusak dalam pertempuran. Meskipun hancur lebur, selama Nebula masih mampu mempertahankan kesadarannya, dia bisa dengan cepat mengembalikan tubuhnya seperti semula. Hal inilah yang kemudian membuatnya menjadi satu-satunya anggota Guardians yang tidak memerlukan medpack ketika terluka, sekalipun luka yang dialaminya sangat fatal. Bisa dibilang kekuatan ini menjadikan Nebula makhluk sibernetik yang abadi.

Cybernetic Arm

Terakhir, kekuatan tubuh cyborg Nebula yang terus mengalami pembaruan di MCU adalah cybernetic arm yang menggantikan lengan kirinya. Versi awal lengannya ini sempat diperlihatkan mempunyai fungsi layaknya generator listrik dan juga alat untuk meretas sistem komputer canggih. Kemudian di film GOTG 3, seperti yang bisa kita lihat juga di trailernya, versi terbaru cybernetic arm mampu berubah bentuk menjadi senjata lain layaknya teknologi nano di armor Iron Man. Senjata solid yang bisa muncul dari lengan kiri Nebula ini di antaranya adalah pedang tajam yang sangat panas serta meriam energi yang cukup besar.

Itulah lima rahasia kekuatan tubuh cyborg Nebula di MCU. Saking hebatnya peningkatan tubuh yang dimiliki oleh Nebula ini, versi komiknya yang sebelumnya bukan cyborg akhirnya disesuaikan juga seperti versi live actionnya. Berdasarkan hal tersebut bisa kita simpulkan bahwa Nebula adalah karakter yang sangat kuat dan menarik di MCU. Dengan tubuh yang lebih cepat, lebih kuat, dan bahkan lebih cerdas ini, cukup jelas bahwa dia merupakan ancaman yang sangat serius bagi musuh-musuhnya. Untungnya, saat ini Nebula adalah anggota Guardians yang mengabdikan tubuhnya untuk melindungi galaksi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.