Selain mewarisi DNA dari Naruto dan Hinata, sosok Uzumaki Boruto diwariskan berbagai hal oleh Uchiha Sasuke. Sejak pertama kali diperkenalkan kepada para fans, sosok Boruto memang langsung menjadi sorotan. Boruto diperlihatkan menjadi anak tertua dari Naruto dan Hinata. Dia juga sering melakukan berbagai onar di Konoha demi mendapatkan perhatian dari sang ayah.

Namun, yang juga tidak kalah menarik dari sosok Boruto adalah bagaimana dia memiliki kedekatan emosional dengan Uchiha Sasuke. Dalam cerita diperlihatkan bahwa Sasuke menjadi mentor bagi Boruto. Dan sebaliknya justru anak dari Sasuke, yaitu Uchiha Sarada, sangat mengagumi sosok Naruto. Dengan kedekatan Boruto dan Sasuke ada beberapa hal yang diwariskan dari Sasuke kepada Boruto. Apa saja?

Ikat Kepala

Ikat kepala bagi seorang shinobi adalah salah satu benda penting yang harus mereka jaga dan simpan. Ikat kepala merupakan tanda atau identitas seorang shinobi, karena menunjukan dari mana asal mereka. Untuk mendapatkan ikat kepala tersebut biasanya butuh perjuangan yang sangat luar biasa, yang mana inilah alasan mengapa ikat kepala jadi benda berharga bagi shinobi.

Ketika kemudian ikat kepala tersebut diwariskan kepada seseorang, artinya shinobi tersebut percaya terhadap sosok tersebut. Ini juga yang terjadi kepada Sasuke di mana dia mewariskan ikat kepala miliknya kepada Boruto seperti yang diperlihatkan di chapter 69 kemarin. Sebenarnya, Boruto hendak mengembalikan ikat kepala tersebut kepada Sasuke namun dia meminta Boruto untuk menyimpannya.

Jubah

Dalam momen pertarungan melawan Kawaki pada masa depan, kita melihat bagaimana Boruto sudah beranjak dewasa. Penampilan Boruto berubah drastis di mana jika Geeks perhatikan ada satu hal yang menarik perhatian yaitu jubah yang dia kenakan. Boruto nampak menggunakan jubah hitam yang menutupi seluruh tubuhnya. Jubah tersebut merupakan milik Sasuke.

Di sepanjang cerita Boruto: Naruto Next Generation Geeks tentunya melihat dan menyadari bagaimana Sasuke selalu menggunakan jubah yang menutupi tubuhnya. Jubah tersebut yang kemudian diwariskan kepada Boruto dan nampak digunakan dalam pertarungannya melawan Kawaki. Namun, berbeda dengan ikat kepala, tidak diketahui kapan Sasuke mewariskan jubah tersebut.

Pedang

Benda yang kemudian jadi hal yang diwariskan oleh Sasuke kepada Boruto selanjutnya adalah pedang yang dia miliki. Sasuke diketahui memiliki sebuah pedang bernama Kusanagi. Pedang ini memang memiliki nama yang sama dengan pedang Orochimaru, tetapi ada beberapa hal yang kemudian membedakannya dari pedang milik sang mantan villain tersebut.

Sampai chapter 80 kemarin, pedang Kusanagi tersebut memang masih digunakan dan ada di tangan Sasuke. Seperti halnya jubah miliknya tidak diketahui kapal Sasuke mewariskan pedang miliknya. Namun, yang menarik adalah banyak spekulasi yang menyebutkan dengan Sasuke yang mewariskan pedang serta jubah miliknya kemungkinan Sasuke sudah tewas saat pertarungan melawan Kawaki terjadi. Kemungkinan lainnya Sasuke mungkin memberikan pedang dan jubah tersebut saat timeskip terjadi.

Pola Pikir

Seperti yang dijelaskan di paragraf awal bahwa Boruto sejak awal sudah dilatih oleh Sasuke. Bahkan, Boruto juga memiliki tekad dan kekaguman yang besar terhadap sosok Sasuke. Ini juga yang kemudian membuat Naruto kemudian memepercayakan sahabatnya tersebut untuk menjadi mentor bagi sang anak. Dan hal tersebut masih berlaku hingga chapter 80 kemarin.

Memang, dalam ceritanya Boruto dan Sasuke jarang diperlihatkan berada di momen latihan bersama. Meskipun begitu, bukan berarti Sasuke mungkin sama sekali tidak pernah melatih Boruto. Dalam momen latihan, selain memberikan latihan berbagai teknik ninja Sasuke juga mewarisi bagaimana cara bersikap, berpikir, dan berperilaku kepada Boruto yang mungkin akan membentuknya pada masa depan.

Kemampuan Jutsu

Hal yang diwariskan Sasuke kepada Boruto yang terakhir adalah kemampuan Jutsu. Sebagai mentor dari Boruto jelas Sasuke akan mengajarkan berbagai hal yang dia ketahui, termasuk berbagai kemampuan jutsu. Hal ini seperti yang diperlihatkan oleh Kakashi kepada Sasuke atau pun Jiraiya kepada Naruto. Sasuke sendiri diperlihatkan mewarisi beberapa kemampuan Jutsu kepada Boruto.

Contohnya adalah Boruto merupakan pengguna elemen api, yang mana ini merupakan jutsu yang biasa digunakan atau dipraktikan oleh Sasuke. Kemudian, Boruto juga nampak lebih sering menggunakan Jutsu yang berkaitan dengan listrik yang mana lagi-lagi listrik merupakan elemen lain yang dikuasai dan digunakan oleh Sasuke. Saat ini, Boruto sendiri hendak berlatih di luar Konoha dan menarik apakah kemudian Sasuke akan melatih Boruto pasca apa yang terjadi.

Uzumaki Naruto dan Hinata Hyuga memang merupakan orang tua biologis dari Boruto. Seperti yang diakui oleh Eida di chapter 80 kemarin, Boruto benar-benar memiliki tekad dan juga semangat dari sang ayah yaitu Naruto. Meskipun begitu, sebagai murid dari Sasuke ada juga beberapa hal yang dia wariskan kepada Boruto. Dan di atas adalah contoh dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.