Beberapa hal menarik muncul dalam konflik besar yang terjadi antara Maximals dan juga Predacons dalam franchise Transformers. Franchise Transformers di layar lebar akan segera memperkenalkan kelompok robot terbaru yang sama-sama berasal dari planet Cybertron, yaitu Maximals dan Predacons. Mereka adalah dua kelompok lain yang dihadirkan dalam franchise ini selain Autobots dan juga Decepticon.

Namun, yang membedakan adalah jika Decepticon dan Autobot merupakan robot hidup yang bisa berubah menjadi kendaraan maka Maximals dan Predacons adalah robot hidup yang bisa berubah menjadi berbagai jenis hewan. Yang menarik adalah mereka juga saling berkonflik satu sama lain. Dan ada beberapa hal menarik yang kemudian muncul dari konflik Predacons dan Maximals ini.

Keturunan Autobots dan Decepticons

Banyak fans yang menduga jika Maximals dan Predacons adalah leluhur dari para Autobots dan juga Decepticons. Namun, faktanya justru tidak seperti itu. Sebaliknya, mereka yang merupakan keturunan dari para Autobots dan juga Decepticons. Seperti yang dijelaskan dalam artikel lain, Autobots dan Decepticons justru sudah ada sejak terciptanya planet Cybertron.

Namun, para Maximals dan Predacons baru muncul pasca Great War atau Perang Besar di Cybertron. Seperti halnya Autobots dan Decepticons, Maximals dan Predacons juga mewakili kelompok protagonis dan antagonis. Dalam hal ini, Maximals berada di pihak yang sama dengan Autobots. Mereka adalah robot yang mampu berubah menjadi hewan mamalia dan semacamnya.

Pemimpinnya dari Maximals adalah Optimus Primal. Sedangkan, Predacons adalah kelompok robot hidup yang berada di sisi yang sama dengan Decepticons. Mereka biasanya adalah robot yang berubah menjadi hewan berjenis serangga atau semacamnya. Pemimpin dari Predacons sendiri adalah Razorclaw.

Penyebab Mereka Ada di Masa Lalu

Alasan terbesar mengapa banyak fans menduga jika Maximals dan Predacons adalah leluhur dari Autobots dan Decepticons adalah karena mereka berasal dari masa lalu. Namun, ada alasan terbesar megapa kemudian kedua kelompok robot hewan tersebut bisa berada di masa lalu. Ini dikarenakan sosok kriminal Megatron jadi dalang untuk pencurian Golden Disk.

Golden Disk adalah artefak yang mampu merubah aliran waktu atau timeline. Dengan menggunakan Golden Disk tersebut Megatron berusaha mengubah timeline yang ada demi mencegah Autobots tidak pernah menang dalam Great War dengan menciptakan dunia baru. Ketika Maximals berusaha untuk mencegah hal tersebut, justru kedua kelompok terjebak di sebuah dunia primitif atau masa lalu.

Alasan Mereka Berubah Jadi Hewan

Salah satu pertanyaan besar yang muncul di benak Geeks mungkin adalah mengapa kemudian para robot tersebut berubah menjadi hewan? Mengapa kemudian mereka tidak berubah menjadi kendaraan atau pesawat seperti Autobots dan Decepticons? Jawabannya ada di poin sebelumnya. Para Maximals dan juga Predacons harus terjebak di sebuah dunia primitif pada zaman dahulu. Karena, pada zaman tersebut tidak ada kendaraan atau pun pesawat Mustahil mereka berubah menjadi sebuah kendaraan. Pada akhirnya, radiasi Energon merubah tubuh mereka sesuai dengan hewan-hewan yang ada saat itu.

Konflik Perebutan Wilayah Bumi

Tidak hanya Autobots dan Decepticons, para Maximals dan juga Predacons saling bertempur satu sama lain. Momen pertempuran mereka sendiri terjadi 300 tahun pasca Great War atau Perang Besar di Cybertron. Peperangan ini terkait dengan misi mereka masing-masing, yaitu merubah masa depan. Namun, yang menarik adalah ada alasan lainnya dari peristiwa ini.

Diketahui, jika pertempuran Maximals dan Predacons bukan hanya tentang merubah masa depoan. Tetapi, ada juga konflik perebutan wilayah dan juga sumber energon yang ada di bumi. Pertempuran yang terjadi antara kelompok Maximals dan Predacons ini sendiri kemudian lebih dikenal sebagai “Beast Wars.”

Salah Satu Perang Besar

Great Wars memang adalah perang besar yang menentukan nasib dari planet Cybertron kedepannya. Meskipun begitu, dalam franchise Transformers sendiri mengenal banyak sekali peperangan. Misalnya, Clone Wars, Colossus Wars, Ice Age Wars, Lava Wars, dan masih banyak lainnya. Beast Wars sendiri adalah termasuk salah satu pertempuran besar di franchise tersebut. Seperti namanya dan juga apa yang terjadi kepada Autobots dan Decepticons, momen “Beast Wars” sendiri tidak terjadi hanya sekali. Terkadang, pertempuran ini kembali terjadi dan harus kembali memakan korban jiwa.

Konflik antara Maximals dan Predacons merupakan salah satu konflik atau peperangan yang tidak kalah menarik untuk diikuti. Buat Geeks yang mungkin bosan dengan konflik Autobots dan Decepticons mungkin bisa mengikuti cerita para robot hewan ini. Dan di film layar lebar sendiri pada akhirnya mereka akan debut dalam film Transformers: Rise of the Beast.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.