Nathaniel Richards alias Kang dikenal sebagai salah satu supervillain Marvel yang sering menjadi musuh utama bagi Avengers. Saat ini dia dan para variannya bahkan telah merambah ke versi live action MCU sebagai big bad di Multiverse Saga. Peran Kang sebagai penjelajah waktu yang sering berusaha menaklukkan timeline telah membuatnya sangat layak untuk kita antisipasi. Nah, mengingat Marvel dan DC sering bersaing dengan sejumlah karakter yang mirip, sekarang pertanyaannya apakah Kang punya counterpart juga di DC Universe? Ini dia tiga karakter DC yang paling mirip Kang the Conqueror!

Per Degaton

Debut Pertama kali diceritakan di All Star Comics #35 (1947), sekitar lima belas tahun sebelum Nathaniel Richards alias Kang debut sebagai Rama-Tut, Per Degaton dikenal sebagai villain DC Universe yang sangat berambisi untuk melakukan perjalanan waktu agar bisa mengubah sejarah sesuai dengan keinginannya. Semuanya bermula setelah dia terlibat dalam pengerjaan mesin waktu pada era Perang Dunia II, sejak saat itulah dia menjadi musuh tangguh bagi tim superhero Justice Society. Seiring berjalannya waktu Degaton mulai mengukuhkan tujuannya untuk menguasai dunia sebagai penjelajah waktu.

Ada banyak sekali persamaan antara villan penjelajah waktu DC ini dengan Kang the Conqueror di Marvel Universe. Di mana mereka sama-sama ingin menguasai dunia atau suatu timeline dengan menggunakan teknologi mesin waktu yang memungkinkan keduanya untuk melakukan perjalanan waktu, entah itu ke masa depan atau ke masa lalu. Hal inilah yang lantas membuat Degaton mengetahui sejarah layaknya Kang. Selain itu, sama seperti Kang yang merupakan musuh Avengers, Degaton juga dikenal oleh Justice Society sebagai villain yang sangat genius dan sangat ahli menyusun strategi.

Time Trapper

Supervillain kedua yang paling mirip dengan Kang di DC Universe adalah Time Trapper, yang melakukan debutnya satu tahun setelah Rama-Tut di Adventure Comics #317 (1964). Time Trapper sendiri digambarkan sebagai makhluk misterius yang berasal dari masa depan yang sangat jauh. Dengan kemampuannya yang bisa memanipulasi waktu dan melakukan perjalanan waktu menggunakan sihir, Time Trapper sering berusaha mengubah sejarah agar setiap rencananya dapat tercapai dengan lebih mudah. Hal inilah yang kemudian menjadikannya ancaman yang serius bagi tim superhero masa depan Legion.

Secara kemampuan, Time Trapper memang berbasis sihir, bukan teknologi seperti Kang. Namun dari segi eksistensinya dia dikenal sebagai villain yang sering mengacaukan timeline DC layaknya Kang di Marvel Universe. Posisinya sebagai musuh tangguh bagi tim superhero juga membuatnya terasa makin mirip dengan Kang. Apalagi Time Trapper juga dikenal sebagai salah satu villain penjelajah waktu yang punya banyak varian unik dan beragam di berbagai timeline. Hal ini mirip seperti Kang di Marvel Universe yang sering diceritakan mempunyai banyak varian dengan nama dan kisahnya masing-masing.

Chronos-Tut

Terakhir, Chronos-Tut pada dasarnya adalah karakter dari Amalgam Universe yang merupakan gabungan antara Rama-Tut dari Marvel dan Time Trapper dari DC. Jadi sudah cukup jelas jika kita berbicara tentang sosok yang paling mirip Kang di DC Universe, jawabannya adalah Chronos-Tut. Pertama kali muncul di komik Spider-Boy Team-Up (1997), Chronos-Tut hanya punya satu tujuan yaitu menguasai multiverse DC dan Marvel, dimulai dengan menculik Spider-Boy (Spider-Man + Superboy) yang merupakan Nexus of All Realities alias sosok yang keberadaannya dapat mengguncang seluruh realitas.

Untungnya, sebelum Cronos-Tut berhasil menguasai multiverse, rencananya lebih dahulu digagalkan oleh tim superhero Legion of Galactic Guardians (Legion of Superheroes + Guardians of the Galaxy) yang datang untuk menyelamatkan Spider-Boy. Meskipun kisahnya singkat, tetapi cukup jelas bahwa dari segi kekuatan dan tujuan, Chronos-Tut adalah salah satu counterpart Kang the Conqueror. Selain itu karena Amalgam Universe adalah semesta gabungan antara DC dan Marvel, kemunculannya sebagai villain yang ingin menaklukkan multiverse telah membuat Chronos-Tut lebih berkesan.

Sekian pembahasan tentang tiga karakter di DC Universe yang paling mirip dengan Kang the Conqueror. Berbeda dari Brainiac yang hanya menaklukkan planet atau Reverse-Flash yang hanya melakukan penjelajahan waktu tanpa misi penaklukan, ketiga villain DC ini justru mempunyai ambisi yang serupa dengan Kang. Jika saat ini mereka berada di Marvel Universe, bukan tidak mungkin para penggemar akan menganggapnya sebagai salah satu varian Nathaniel Richards alias Kang yang punya kisahnya sendiri. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Siapa yang paling mirip di antara ketiga villain ini?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.