Dalam cerita Naruto dan Boruto, chakra pada dasarnya adalah energi kehidupan yang memungkinkan manusia untuk melakukan sejumlah teknik sekaligus mengaktifkan kekuatan yang luar biasa. Hal inilah yang kemudian membuat chakra sangat menentukan kehebatan dari seorang karakter. Dan sebagai karakter utama di kisahnya, tentu saja Naruto Uzumaki tercatat sebagai salah satu pemilik chakra terbesar yang pernah ada. Nah selain Naruto, ada juga karakter lain yang chakra-nya terkenal lebih superior dari yang lain. Berikut ini adalah tujuh karakter yang memiliki chakra terbesar selain Naruto Uzumaki!

​​​Hagoromo Otsutsuki

Sebagai anak Kaguya yang sering dianggap sebagai dewi Usagi no Megami di dunia Naruto, Hagoromo Otsutsuki adalah salah satu pemilik chakra terbesar yang mungkin hanya bisa ditandingi oleh ibunya sendiri. Selain itu, statusnya sebagai Sage of Six Paths sekaligus Father of Ninshu alias ‘ayah dari semua shinobi’, sebenarnya sudah cukup membuktikan kehebatan Hagoromo. Perjuangannya bersama adiknya Hamura untuk menggulingkan kekuasaan tiran Kaguya yang berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan secara tidak langsung telah menggambarkan bahwa kapasitas chakra Hagoromo sangatlah besar.

Hamura Otsutsuki

Setelah Hagoromo, tentu saja adiknya yang bernama Hamura Otsustsuki juga harus masuk ke dalam klasifikasi chakra terbesar dalam cerita Naruto. Faktanya leluhur klan Hyuga ini telah bertarung selama berbulan-bulan tanpa henti bersama saudaranya untuk menyegel Kaguya, hal ini membuktikan bahwa daya tahan dan kualitas chakra Hamura sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang lebih menariknya lagi dia adalah pengguna pertama teknik mata Tenseigan yang dikenal sebagai salah satu bentuk evolusi dari Byakugan. Teknik Tenseigan Chakra Mode sendiri bahkan memungkinkan Hamura untuk meningkatkan kecepatan, kekuatan, stamina, daya tahan, dan refleks miliknya.

Hashirama Senju

Siapa yang tidak mengenal Hashirama Senju? Penggemar setia Naruto pasti sudah tahu nama besar Hashirama sejak statusnya sebagai Hokage paling pertama terungkap. Nama besarnya bahkan selaras dengan fakta bahwa dia adalah pemilik chakra terbesar selain Naruto yang telah melahirkan sistem Kage dan juga negara Konoha. Yang lebih hebatnya lagi, selain dijuluki sebagai Hokage Pertama, Hashirama juga dikenal sebagai God of Shinobi sekaligus reinkarnasi Ashura Otsutsuki yang berhasil memanfaatkan teknik Sage Mode andalannya untuk menjadi salah satu orang paling ditakuti pada era Great Ninja War Pertama, Kedua, dan bahkan Keempat.  

Kaguya Otsutsuki

Dari semua karakter di daftar ini tentu saja Kaguya Otsutsuki adalah pemilik chakra terbesar yang pernah ada, bahkan mungkin jauh lebih besar dari Naruto Uzumaki. Pasalnya sebagai seorang leluhur klan Otsutsuki, Kaguya juga dikenal sebagai ‘Nenek Moyang Chakra’ yang telah mengonsumsi Chakra Fruit dan menjadi jinchuriki Ekor Sepuluh pertama di dunia shinobi. Anak-anaknya bahkan terlahir sebagai para pemilik chakra pertama dalam sejarah, termasuk Hagoromo dan Hamura. Dalam pertempuran, dia bahkan mampu menggunakan teknik shinobi yang membutuhkan banyak chakra sampai berkali-kali, hal inilah yang membuat banyak lawannya berakhir secara tragis.

Madara Uchiha

Dari Otsutsuki sekarang kita beralih ke Uchiha, di mana Madara terkenal sebagai pemilik chakra terbesar dari klannya yang terbukti mampu membuat Naruto dan para aliansi shinobi sangat kewalahan di Great Ninja War Keempat. Faktanya sebagai salah satu reinkarnasi Indra Otsutsuki, Madara mampu menggunakan teknik Rinnegan di kedua matanya sekaligus. Selain itu ketika dirinya berhadapan dengan Five Kage, dia juga terbukti bisa mengeluarkan banyak Susanoo sekaligus. Dan ketika menjadi jinchuriki Ekor Sepuluh, chakra Madara meningkat dengan angat pesat, sehingga dia bisa mengeluarkan sejumlah teknik rahasia yang sangat rumit.

Obito Uchiha

Sebagai seorang Uchiha, cukup jelas bahwa Obito adalah salah satu pemilik chakra terbesar selain Naruto yang layak untuk kita perhatikan. Berbekal fakta tersebut Obito terbukti mampu mengeluarkan banyak teknik shinobi yang sangat rumit dengan mudah. Di mana semuanya bertambah luar biasa ketika dia dengan sengaja menyebgel jinchuriki Ekor Sepuluh di dalam dirinya sendiri. Sama seperti Naruto dan Hagoromo, Obito juga mampu mengkakses kekuatan Six Paths Senjutsu yang tidak mudah dimiliki oleh orang biasa. Dengan semua kekuatan ini dia akhirnya menjadi orang yang paling bertanggung jawab dalam memulai Great Ninja War Keempat.

Sasuke Uchiha

Terakhir, karakter yang mempunyai chakra terbesar selain Naruto, siapa lagi kalau bukan sahabatnya Sasuke Uchiha. Sama seperti Madara, Sasuke adalah sejatinya reinkarnasi dari Indra Otsutsuki yang pada akhirnya memungkinkan dia untuk memiliki kapasitas chakra yang sangat besar. Selain berbagai macam pengembangan teknik Chidori, Sasuke juga sering memanfaatkan chakra-nya yang luar biasa untuk mengeluarkan teknik Perfect Susanoo dan Six Paths Rinnegan, yang ajaibnya sama sekali tidak membuatnya kelelahan. Di Great War Ninja Keempat sendiri Sasuke bahkan mampu bertarung untuk waktu yang cukup lama melawan musuh sekelas Obito, Madara, dan Kaguya.

Itulah tujuh pemilik chakra terbesar selain Naruto Uzumaki yang teknik shinobinya di atas rata-rata. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa walaupun Naruto dikenal sebagai shinobi dengan chakra terbesar yang pernah ada, tetapi ada beberapa karakter lain yang juga memiliki chakra luar biasa. Dan yang lebih menariknya lagi, mereka semua rata-rata berasal dari klan Otsutsuki dan Uchiha, atau setidaknya keturunan Otsutsuki seperti Hashirama dan Naruto yang merupakan reinkarnasi Ashura.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.