Sejak pengembangan dan produksinya dimulai beberapa tahun ke belakang, banyak penggemar yang tidak sabar sekaligus khawatir dengan serial live action One Piece yang akan tayang di Netflix. Pasalnya Netflix dikenal oleh penggemar sebagai layanan streaming Barat yang sering membuat tayangan ambisius tetapi melenceng dari materi aslinya. Nah sekarang setelah melakukan test screening awal, serialnya dilaporkan malah membuat para penontonnya merasa kecewa sekaligus kebingungan.

Bagi yang belum tahu adaptasi One Piece yang cukup ambisius ini sebenarnya diawasi langsung oleh pencipta manga-nya yaitu Eiichiro Oda yang bertindak langsung sebagai salah satu produsernya. Di tengah kekhawatiran penggemar, sebelumnya Oda sendiri sempat mencoba menenangkan situasi dengan mengatakan bahwa serialnya masih berpegang teguh pada materi asli manga maupun anime-nya. Sayangnya sekarang janji tersebut justru dianggap tidak sesuai dengan hasil test screening-nya.

Menurut laporan terbaru dari Divinity Seeker, para penonton test screening live action One Piece merasa CGI dan plotnya terlalu buruk untuk sebuah tayangan adaptasi dari judul yang sudah cukup populer dan sangat diantisipasi di seluruh dunia. “Test screening One Piece dianggap sangat buruk, CGI terlihat jelek dan ceritanya tidak masuk akal bagi penonton baru, dan mereka bahkan menulis ulang seluruh episodenya,” tulis akun Divinity Seeker di Twitter.

Yang perlu kita garis bawahi dari laporan ini adalah tentang kualitas cerita yang tidak berhasil memuaskan penonton baru, hal ini justru sangat fatal untuk sebuah tayangan adaptasi apa pun genre dan sumber materinya. Pada saat yang bersamaan kabarnya para penonton yang sudah cukup familier juga mengaku bingung dengan alur serial live action-nya. Misalnya ketika perkenalan anggota kru Topi Jerami, seperti Zoro, Nami, Usopp, dan Sanji yang sudah rampung di 15 menit awal episode pertama. Padahal animenya sendiri membutuhkan setidaknya 20 episode untuk menyampaikannya secara utuh.

Untuk sekarang masih belum ada tanggapan resmi untuk laporan ini, baik dari Netflix, para sineasnya, maupun Oda sensei. Di sisi lain kita sebagai penggemar yang belum menontonnya juga harus ingat bahwa masih banyak yang belum diperlihatkan di test screening-nya, jadi setidaknya masih ada harapan sampai serial live action One Piece benar-benar tayang sepenuhnya di Netflix pada suatu titik di tahun 2023 ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.