Tidak lama lagi, kita akan melihat para Skrull beraksi dalam series Secret Invasion. Jika Skrull digambarkan sebagai karakter yang “baik” dalam film Captain Marvel (2019), hal berbeda coba diceritakan dalam Secret Invasion mendatang. Merekalah ancaman besar yang harus dihadapi para pahlawan di Bumi. Karena memiliki kemampuan berubah bentuk menjadi siapapun, para Skrull mampu menyamar menjadi siapapun. Dan itulah yang coba diceritakan dalam seriesnya. Tetapi sebelum melihat Skrull lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal 3 jenis Skrull yang pernah diciptakan di Marvel Universe. Apa saja? Simak berikut ini!

Prime Skrull

Prime Skrull adalah jenis Skrull pertama yang tercipta, di mana mereka diciptakan oleh Celestial sekitar satu miliar tahun yang lalu. Namun saat ini, mereka sudah benar-benar punah. Prime Skrull hampir punah ketika perang saudara terjadi. Tetapi sebelum benar-benar punah, ada seorang Prime Skrull (yang tidak diketahui namanya) melarikan diri ke Bumi untuk menghindari kepunahan. Ketika akan menuju Bumi, dia kemudian jatuh dan tubuhnya dipelajari di Pangkalan Angkatan Udara.

Prime Skrull diberkahi kemampuan berkembang cepat menjadi sosok yang hampir menyerupai Celestial. Dan saat Prime Skrull menjadi objek uji coba di Bumi, seorang doktor bernama Dr. Caitlin Maddox berhasil mendapatkan enzim dari tubuh Prime Skrull tersebut yang bisa mempercepat evolusi manusia. Secara garis besar, genetik yang dimiliki oleh Prime Skrull memang jauh lebih sempurna dari Deviant Skrull dan setara dengan Eternals Skrull. Bahkan Celestials pun menganggap bahwa Prime Skrull terlalu “sempurna” untuk mereka ciptakan.

Eternal Skrull

Bernasib sama seperti Prime Skrull, Eternal Skrull juga saat ini telah punah. Diketahui bahwa Eternal Skrull yang terakhir kali hidup adalah Kly’bin (yang juga dianggap sebagai Eternal Skrull tertua), yang berhasil selamat dari pembantaian yang dilakukan Deviant. Ketika Deviant Skrull menemukan Kly’bin, dia kemudian berlutut dan memohon supaya tidak dibunuh. Kly’bn pun memohon agar dirinya bisa menjadi pemandu para Deviant Skrull dan sempat menyatakan cintanya kepada pemimpin Deviant. Pada akhirnya Kly’bn dan pemimpin Deviant diangkat menjadi dewa Skrull.

Pada dasarnya, Eternal Skrull diberkahi dengan kehidupan abadi. Namun Deviant Skrull mampu menemukan kelemahan terbesar mereka yaitu dengan menggunakan sihir dan sains. Para Eternal Skrull dihabisi menggunakan tombak yang diberkati untuk membuat tubuh mereka tidak lagi abadi. Etermal sendiri benar-benar disebut punah ketika Kly’bin tewas saat bertarung melawan Hercules. Dan setelah itu, tidak adalagi Eternal Skrull yang tersisa.

Deviant Skrull

Deviant Skrull adalah jenis Skrull terakhir yang tersisa. Yap, Mereka menyapu bersih dua jenis Skrull lainnya yaitu Prime Skrull dan Eternals Skrull. Hingga kini, semua Skrull yang hidup adalah keturunan dari garis Deviant, dan mereka jugalah yang kita lihat di Marvel Comics dan series Secret Invasion mendatang. Kekuatan para Deviants terletak pada kemampuan untuk mengubah bentuk alias shapeshifting. Ketika para Deviants menemukan ras baru, mereka akan mengubah diri mereka menyerupai ras tersebut dan mempelajari berbagai ilmu dan kelemahan yang dimiliki ras itu.

Dan ketika momen yang tepat muncul, Deviant akan menjajah bangsa lainnya. Sudah ada ribuan planet yang dikuasai oleh mereka dalam 100 tahun terakhir dan mereka sudah mengobarkan perang terhadap Kree. Memang pada dasarnya, Deviant Skrull menjadi jenis Skrull yang paling “jahat” dibandingkan yang lain. Tetapi meski begitu, Deviant Skrull kemudian terpecah lagi menjadi dua kelompok yaitu Skrull biasa dan Dire Wraiths. Dan salah satu anggota Deviant Skrull yang paling terkenal adalah Sl’gurt, seorang wanita tangguh yang pernah memimpin Deviant Skrull dalam perang saudara.

Itulah jenis Skrull yang eksis di Marvel Universe. Seperti yang disebutkan di atas bahwa hanya Deviant Skrull yang masih bertahan hingga saat ini, dan mereka masih membuat onar di banyak planet. Di antara jenis Skrull di atas, mana yang kalian ketahui Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/