Melihat kedekatan hubungan antara sosok Optimus Prime dan Megatron dalam franchise Transformers membuat banyak fans penasaran apakah artinya Megatron merupakan adik dari Optimus Prime. Sosok Optimus Prime dan juga Megatron merupakan dua Transformers ikonik yang sudah menjadi wajah dari franchise tersebut. Geeks tentunya sudah sangat mengenal mereka berdua.

Optimus Prime adalah pemimpin dari kelompok Autobots dan juga protagonis utama dari berbagai series atau pun cerita Transformers. Sedangkan, Megatron adalah musuhnya sekaligus pemimpin dari kelompok Decepticons. Kedua karakter ini diperlihatkan sering bertarung yang mana hal tersebut pada akhirnya memunculkan berbagai teori yang menarik di kalangan fans. Salah satunya adalah anggapan jika Megatron adalah adik dari Optimus Prime.

Hubungan Megatron dan Optimus Prime

Seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans terkait hubungan Megatron dan Optimus Prime. Dalam teorinya disebutkan jika ada kemungkinan mereka berdua merupakan adik dan kakak, di mana dalam konteks ini Megatron adalah adik dari Optimus Prime. Teori ini muncul berdasarkan beberapa hal yang dianggap sebagai petunjuk.

Contohnya adalah bagaimana Megatron selalu bertarung menghadapi Optimus Prime. Dalam berbagai cerita Transformers di berbagai medium, sering kali Optimus Prime harus bertarung menghadapi Megatron. Hal ini memang menjadi premis utama dari franchise Transformers, di mana kelompok Autobots menjadi rival bagi Decepticons. Bahkan, pertarungan mereka sudah terjadi sejak planet Cybertron terbentuk.

Kemudian, petunjuk lainnya adalah dalam film Transformers: The Last Knight terdapat momen pertarungan antara Megatron dan juga Optimus Prime. Di tengah-tengah pertarungan, Megatron sempat mengatakan bahwa “kita dahulu adalah saudara!” Namun, Optimus Prime sendiri menjawab jika itu adalah masa lalu. Hal ini pun sempat memunculkan tanda tanya besar di kalangan fans.

Di sisi lain, hal itu sekaligus juga jadi dasar dari teori jika Megatron adalah adik dari Optimus Prime. Petunjuk lainnya adalah dalam beberapa iterasi seperti dalam game Transformers: Decepticon yang rilis pada 2007 dan jadi tie-in game dari film Transformers, secara jelas menjelaskan jika Megatron dan juga Optimus Prime memiliki ayah yang sama yang nyawanya kemudian dihabisi oleh Megatron.

Megatron Bukan Adik Optimus Prime

Jadi, seperti apa sebenarnya hubungan antara Megatron dan Optimus Prime? Apakah Megatron adik dari Optimus Prime? Jawabannya adalah bukan, Megatron bukan adik dari Optimus Prime. Seperti yang Geeks ketahui jika Transformers adalah sebuah franchise yang besar yang melahirkan berbagai iterasi yang muncul di berbagai medium. Misalnya film atau game.

Dengan banyaknya iterasi tersebut, maka artinya ada banyak juga versi cerita dari berbagai series Transformers. Lalu, apa kaitannya dengan hubungan Megatron dan Optimus Prime? Jika Geeks berpacu pada sumber aslinya, yang mana adalah komik atau pun seri animasi, maka bisa bisa dipastikan bahwa Megatron bukanlah adik dari Optimus Prime. Mereka adalah rival abadi.

Sejak awal planet Cybertron berdiri, Megatron dan Optimus Prime memang sudah saling bekerja sama. Mereka pada awalnya adalah rekan yang saling menghormati satu sama lain. Bahkan, keduanya hidup dengan damai di mana Optimus Prime membantu Megatron untuk ikut memberontak di planet Cybertron. Tetapi, hal ini berubah setelah kemudian Megatron berubah menjadi korup yang kemudian menjadi awal rivalitas antara Optimus Prime dan juga Megatron hingga sekarang.

Megatron dan Optimus Prime memang digambarkan sebagai “saudara” meskipun tidak secara harfiah. Dalam hal ini mereka adalah saudara satu tanah air yaitu sama-sama berasal dari planet Cybertron. Mereka juga saudara seperjuangan karena pernah sama-sama bertarung demi Cybertron. Inilah yang kemudian membuat Optimus menganggap Megatron sebagai adik atau saudaranya, yang mana bukan dalam arti sebenarnya.

Hal berbeda akan muncul jika Geeks berpacu pada iterasi lain, seperti film-film Transformers karya Michael Bay atau berbagai judul game. Dari petunjuk-petunjuk yang dihadirkan dalam ceritanya bisa diasumsikan jika Megatron dan juga Optimus Prime adalah adik dan kakak. Namun, kembali, yang perlu menjadi catatan adalah iterasi lain seperti film atau game terkadang memiliki versicerita tersendiri yang berbeda dari sumber aslinya.

Siapa Adik Optimus Prime

Jika kemudian Megatron bukan adik dari Optimus Prime, apakah artinya Optimus Prime memang tidak memiliki adik atau saudara dalam franchise Transformers? Sebenarnya, Optimus Prime memiliki seorang adik atau saudara yang bernama Ultra Magnus. Namun, yang perlu diingat adalah informasi ini tidaklah canon atau bukan bagian dari cerita utama dalam franchise Transformers.

Informasi bahwa Ultra Magnus adalah adik dari Optimus Prime terungkap dalam alur cerita animasi Generation 1. Dalam ceritanya, Ultra Magnus adalah Transformers yang juga bisa berubah menjadi truk. Bedanya, Ultra Magnus merupakan truk biasa membawa misil di belakangnya. Dia juga awalnya merupakan sahabat dekat dari Optimus Prime layaknya Bumblebee. Mengapa kemudian Ultra Magnus dan Optimus Prime bisa jadi adik kakak?

Mereka berdua diceritakan diciptakan dalam waktu yang bersamaan oleh Alpha Trion. Karena para Transformers tidak mengenal sistem reproduksi layaknya manusia, bagaimana mereka diciptakan dianggap menjadi penentu apakah sebuah Transformers memiliki hubungan seperti halnya Ultra Magnus dan juga Optimus Prime. Dreamwave Production sempat juga menghadirkan cerita yang berbeda dari Ultra Magnus.

Dalam sebuah proyek spesial musim panas yang ceritanya melanjutkan dari series animasi Generation 1, Dreamwave menghadirkan cerita di mana Optimus Prime dan Ultra Magnus berdebat dan juga menolak asal-usul mereka sebagai Autobot dan juga hubungan Ultra Magnus dengan Optimus Prime. Namun, karena ini merupakan alur cerita non-canon dan merupakan upaya retcon dari pihak Dreamwave Production informasi mengenai Ultra Magnus jadi adik dari Optimus Prime tidak pernah berhasil untuk menggeser informasi canon sebelumnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.