Pulau Egghead kemungkinan akan jadi medan perang besar lainnya dalam cerita One Piece yang mana artinya pulau tersebut akan menjadi Marineford baru. Nasib pulau Egghead saat ini berada dalam ancaman kehancuran. Hal ini dikarenakan pasukan angkatan laut berencana untuk menghancurkan pulau tersebut beserta seluruh isinya, termasuk sosok Vegapunk. Hal ini karena dia dianggap sudah memberikan ancaman besar bagi World Government.

Vegapunk diketahui melakukan tindakan “ilegal” dengan meneliti apa yang terjadi pada masa lalu dan kemudian menghadirkannya kembali di era sekarang. Bahkan, informasi yang diketahui oleh Vegapunk jauh melebihi para cendikiawan di Ohara. Inilah yang membuat akhirnya World Government menyerbu Egghead dengan kekuatan penuh dan kemungkinan akan jadi pertempuran Marineford baru.

Peristiwa Marineford

Geeks tentunya masih ingat dengan peristiwa dahsyat yang terjadi di markas angkatan laut Marineford. Ini jadi salah satu pertempuran dan peristiwa epik yang terjadi dalam cerita One Piece. Biasa dikenal juga dengan Summit War, dalam pertempuran ini seluruh kelompok armada bajak laut Whitebeard mencoba untuk membebaskan Ace dari eksekusi mati angkatan laut.

Seluruh pasukan angkatan laut juga coba untuk mempertahankan markas angkatan laut dari serangan Whitebeard. Meskipun sempat berhasil diselamatkan oleh Luffy, sayangnya di akhir cerita kita melihat bagaimana Ace harus tewas akibat serangan Akainu ketika melindungi Luffy. Bukan hanya itu, dalam pertempuran ini, Whitebeard pun ikut tewas setelah terkena rentetan serangan.

Sebelum kematiannya, Whitebeard sempat menggunakan seluruh kemampuan Gura Gura no Mi miliknya untuk yang terakhir kali. Dan efek dari hal tersebut adalah sebagian Marineford terbelah, di mana bagian kru Whitebeard berada terpisah dengan para angkatan laut. Whitebeard pun mengatakan bahwa dia akan menenggelamkan Marineford beserta tubuhnya.

Blackbeard dan kelompoknya kemudian muncul di akhir pertempuran setelah kematian Whitebeard dan mencuri kekuatan buah iblis miliknya. Pertempuran di Marineford bukan hanya menjadi salah satu pertempuran besar di cerita One Piece, dengan bukti kehancuran Marineford, tetapi juga menjadi pertempuran yang menghadirkan para pengguna buah iblis paling banyak sejauh ini dalam seri One Piece. Juga ini menjadi salah satu momen fenomenal karena kematian Ace yang menyedihkan.

Egghead Jadi Marineford Baru

Dalam arc terbaru Egghead yang menjadi titik awal cerita akhir One piece terdapat potensi besar di mana pulau ini akan jadi medan pertempuran besar seperti halnya di Marineford. Dengan kata lain, Egghead akan jadi Marineford yang baru namun dengan skala yang lebih masif dan lebih epik. Bagaimana kemudian hal tersebut bisa terjadi? Pertama, seperti yang disebutkan di atas jika angkatan laut mengerahkan kekuatan penuh.

Dalam chapter sebelumnya Sentomaru menjelaskan bahwa angkatan laut yang dikirim untuk pergi ke pulau Egghead memiliki skala yang jauh lebih besar dari Buster Call yang pernah dilakukan sebelumnya. Bahkan, skalanya lebih besar dari momen Buster Call yang terjadi di Ohara. Berdasarkan informasinya, kurang lebih 100 kapal perang angkatan laut dikerahkan untuk pergi menuju Egghead.

Sampai sekarang memang Oda tidak menjelaskan seberapa besar kekuatan angkatan laut. Namun, angka tersebut mungkin sudah mencakup 50% kekuatan mereka atau mungkin lebih. Kedua, World Government bahkan bukan hanya mengerahkan kekuatan besar angkatan laut. Mereka juga bahkan mengerahkan salah satu Gorosei untuk terlibat dalam pertempuran ini.

Ketiga, dalam pertempuran di pulau Egghead ini bukan angkatan laut yang harus bertahan melainkan kru Topi Jerami dan juga para satelit Vegapunk. Luffy dan juga yang lain tentunya tidak akan tinggal diam ketika nyawa mereka dalam bahaya. Saat ini, Luffy dan yang lain memang sedang sibuk bertarung menghadapi Seraphim. Tetapi, ancaman mereka yang lain juga sudah menunggu yaitu pihak angkatan laut

Melihat bagaimana situasi saat ini di pulau Egghead, rasanya memang masuk akal jika kemudian Egghead akan jadi medan pertempuran besar lainnya setelah Marineford. Apalagi, dalam pertempuran ini terdapat pihak angkatan laut yang terlibat bahkan pihak World Government. Apa yang kemudian akan dilakukan Luffy dan yang lain untuk menghadapi situasi ini?

Ada Pihak Lain Muncul

Satu hal lainnya yang membuat pulau Egghead akan jadi medan pertempuran seperti Marineford, bahkan jauh lebih masif dan epik skalanya, adalah keterlibatan atau kemunculan pihak lain di tengah-tengah pertempuran. Dalam pertempuran di Marineford, kita melihat bagaimana Luffy dan juga para tahanan Impel Down muncul tiba-tiba untuk membantu menyelamatkan Ace.

Di sisi lain, kita juga melihat Blackbeard muncul di akhir pertempuran beserta sosok Shanks yang akhirnya berhasil menghentikan pertempuran. Bagaimana kemudian dengan pertempuran di pulau Egghead? Di chapter 1079 kemarin kita melihat bagaimana kapal dari kelompok Blackbeard sudah tiba di pulau Egghead. Terlepas dari apakah mereka mengetahui atau tidak rencana besar angkatan laut, yang pasti kru Blackbeard tersebut terjebak di pertempuran ini.

Kemudian, terdapat juga spekulasi yang menyebutkan tentang sosok Shanks yang kemungkinan akan muncul di Egghead. Apa alasan Shanks datang ke pulau itu? Jawabannya tidak lain adalah Blackbeard. Dalam chapter 1079 juga terungkap jika Shanks mengincar sosok Blackbeard. Diketahui dia sudah menantikan kemunculannya di negara Wano, namun ternyata Blackbeard tidak muncul.

Dia diketahui memilih untuk pergi ke pulau Amazon Lilly dan mencoba merebut Mero Mero no Mi. Dalam kesempatan kali ini, Shanks mungkin tahu bahwa ada peristiwa besar di Egghead dan dia juga tahu Blackbeard kemungkinan akan muncul di sana. Karena itulah, Shanks memutuskan untuk pergi ke sana agar bisa menghadapi dan menghentikan sosok Blackbeard.

Kemunculan kedua kelompok bajak laut tersebut di pertempuran ini tentunya akan membuat situasi pertempuran jadi makin kacau dan lebih dahsyat dan makin kompleks. Bahkan, bukan hal mustahil jika selain kedua kelompok bajak laut itu, ada juga kelompok lain yang akan datang yaitu Cross Guild. Mereka diketahui ingin membasmi angkatan laut. Di Egghead, mereka bisa menghancurkan sebagian besar kekuatan angkatan laut. Mungkin juga ini akan jadi aksi perdana dari Cross Guild.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.