Franchise Naruto pernah menghadirkan beberapa kali perang dunia shinobi dalam ceritanya, namun seperti apa sebenarnya peristiwa itu? Berapa peristiwa dahsyat dan mengerikan itu terjadi? Sejak awal keberadaan manusia di bumi peperangan menjadi hal yang tidak terhindarkan seperti yang diperlihatkan dalam cerita Naruto. Bahkan, peperangan juga jadi salah satu tema utama ceritanya.

Ada banyak pertarungan dan pertempuran yang dihadirkan di sepanjang cerita karya Masashi Kishimoto ini. Namun, dari semua pertempuran yang disuguhkan dalam ceritanya yang paling berkesan dan paling banyak menyita perhatian para fans adalah Perang Dunia Shinobi. Namun, apa sebenarnya Perang Dunia Shinobi? Apa yang jadi pemicunya? Seberapa besar dampaknya?

Perang Dunia Shinobi Pertama

Perang Dunia Shinobi pertama kali terjadi ketika desa Konoha sudah mulai didirikan oleh Madara Uchiha dan juga Hashirama. Ini menjadi konflik besar pertama di franchisenya yang melibatkan lima negara shinobi besar, termasuk Negara Api. Apa yang kemudian jadi penyebab perang ini? Menurut cerita kilas baliknya, semuanya dikarenakan perebutan sumber daya.

Seluruh desa ninja yang ada di kelima negara besar saling berebut sumber daya yang ada. Tidak jarang sumber daya dari suatu negara dicuri oleh negara lainnya dengan harapan negara atau desa mereka berubah menjadi kuat. Dalam momen ini, Tobirama Senju harus menjadi korban setelah mengorbankan diri demi timnya. Efek peperangan yang mengerikan akhirnya menghentikan pertempuran tersebut.

Perang Dunia Kedua

Meskipun sudah ada tanda tangan perdamaian dari kelima negara sebelumnya, ternyata pertempuran diantara negara dan desa shinobi kembali terjadi. Perang Dunia Shinobi Kedua diketahui terjadi karena beberapa negara bekas peperangan sebelumnya berusaha untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Sayangnya, cara yang mereka lakukan justru menjadi pemicu perang dunia lainnya.

Pada awalnya, pertempuran terjadi dalam skala kecil. Namun, kemudian pertempuran tersebut meluas hingga akhirnya seluruh negara kembali terlibat. Dalam pertempuran ini, banyak nama-nama besar yang lahir seperti Salamander dari desa Air, atau tentunya tiga legendar Sannin dan sosok Sakumo Hatake. Efek dari pertempuran ini juga akhirnya jadi pemicu trauma berat dan kesedihan yang dialami oleh Nagato dalam ceritanya.

Perang Dunia Shinobi Ketiga

Dari dua Perang Dunia Shinobi yang terjadi ini adalah perang yang lebih mengerikan dan brutal. Pasalnya, selain juga mereka menerjunkan para shinobi terlatih, banyak desa yang menerjunkan shinobi anak-anak minim pengalaman ke medan pertempuran. Dalam artikel lain di sebutkan bahwa ini adalah salah satu kejahatan besar yang pernah dilakukan oleh desa Konoha.

Peristiwa ini terjadi karena kekusaan dari kelima negara besar mulai menghilang, yang mana efeknya banyak negara kecil yang tidak terafiliasi dengan mereka justru memulai invasi dan penyerangan. Seperti sebelumnya, peristiwa ini diawali dengan penyerangan dan pertempuran kecil sebelum kemudian meluas dan jadi melibatkan banyak pihak. Beberapa nama epik muncul seperti Minato Namikaze, yang berhasil membunuh 1.000 musuh, serta sosok Kakashi, Rin, dan bahkan Obito Uchiha. Momen ini jadi awal mula balas dendam besar yang dilakukan Obito.

Perang Dunia Shinobi Keempat

Ini adalah salah satu momen pertempuran yang paling populer, paling ikonik, dan juga paling masif. Namun, berbeda dengan perang sebelumnya, dalam peristiwa ini seluruh negara shinobi justru berastu dan membentuk sebuah aliansi ninja. Mereka bersatu untuk menghadapi musuh yang sama yaitu Madara Uchiha. Pertempuran ini bisa dibilang berlangsung selama beberapa “fase.”

Pertempuran pertama berlangsung selama dua hari, ketika berhadapan dengan Madara. Kemudian, pertempuran kembali terjadi untuk kedua kalinya di mana Obito bekerja sama dengan Madara berusaha menghancurkan seluruh dunia shinobi. Dalam momen ini pula, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki yang dibangkitkan oleh Black Zetsu. Salah satu momen epik dalam pertempuran ini adalah bagaimana Sakura, Sasuke, dan Naruto bersatu untuk menyelamatkan dunia.

Perang Dunia Shinobi Kelima Akan Terjadi

Meskipun sekarang dunia berada dalam kondisi yang damai, namun bukan mustahil jika kemudian akan ada perang besar lainnya terjadi. Spekulasi ini bahkan diperkuat di bagian awal cerita Boruto, di mana Konoha benar-benar hancur dan rata dengan tanah. Perang Dunia Shinobi Kelima mungkina akan meletus pada masa yang akan datang melihat saat ini ancaman besar mulai muncul.

Pertama, kita melihat bagaimana Kawaki memiliki Eida yang sudah menukar nasib dari Boruto dan Kawaki dalam ingatan orang-orang. Kedua, saat ini, Code sedang menunggu momen yang tepat untuk memulai penyerangan besar-besaran dengan pasukan Jyuubi yang sudah dia persiapkan. Code sendiri mengatakan bahwa dia akan mengirimkan mereka ke berbagai penjuru dunia untuk menyebarkan kekacauan. Belum lagi, Momoshiki masih hidup dan ada di tubuh Boruto. Berdasarkan penjelasannya, tiga poin tersebut mungkin akan jadi pemicu Perang Dunia Shinobi Kelima untuk terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.