Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, atau yang lebih sering disebut Hogwarts, adalah sekolah sihir paling terkenal dalam cerita Harry Potter, baik di novel aslinya yang ditulis oleh J.K. Rowling maupun versi filmnya yang sangat populer di kalangan penggemar. Selain mempunyai empat kelas sihir utama, seperti Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slytherin, Hogwarts juga ternyata memiliki beberapa kamar dan lorong misterius yang hanya bisa diakses oleh para penyihir terpilih. Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai ruang rahasia yang paling menarik di sekolah sihir Hogwarts!

Room of Requirement

Dalam cerita Harry Potter, Room of Requirement atau Come and Go Room adalah ruang rahasia di Hogwarts yang paling misterius. Ruang ajaib yang hanya akan muncul ketika dibutuhkan ini bisa dibilang merupakan ruang semi ilusi karena tidak punya bentuk yang tetap. Di mana Room of Requirement biasanya baru akan berwujud setelah ada seseorang yang sangat membutuhkanya, entah itu sebagai tempat nyaman yang bisa dimanfaatkan untuk belajar atau sebagai tempat persembunyian rahasia yang penuh dengan kejutan. Ruang inilah yang kemudian digunakan sebagai tempat latihan sekaligus persembunyain bagi para penyihir baik yang berseberangan dengan Lord Voldemort di Battle of Hogwarts.

Chamber of Secrets

Ruang rahasia Hogwarts selanjutnya yang tidak banyak orang tahu adalah Chamber of Secrets. Sesuai dengan namanya Chamber of Secrets adalah kamar rahasia yang dibangun oleh Salazar Slytherin, salah satu pendiri Hogwarts dan pionir kelas Slytherin. Letaknya yang berada di bawah sekolah dan hanya dapat diakses melalui pintu masuk tersembunyi, membuat Chamber of Secrets sulit untuk ditemukan. Terlebih lagi sebelum meninggalkan sekolah, Salazar sengaja menempatkan seekor basilisk betina yang diberi nama Serpent of Slytherin untuk membunuh orang-orang yang tidak layak masuk ke ruangannya. Ruang rahasia ini jadi saksi bisu hancurnya dua hocrux Voldemort yang disebut Cup dan Diary.

Headmaster Office

Headmaster Office adalah ruang rahasia yang kini fungsinya diubah menjadi kantor kepala sekolah Hogwarts, yaitu Dumbledore. Lokasi Headmaster Office berada di menara tertinggi Hogwarts dan hanya dapat diakses melalui sebuah tangga spiral. Kantor kepala sekolah ini dipenuhi benda-benda sihir termasuk Sorting Hat dan sejumlah potret kepala sekolah sebelum Dumbledore. Di dalamnya juga bisa kita temukan seekor burung phoenix bernama Fawkes yang akan terus bangkit kembali walaupun dia mati berkali-kali. Terlepas dari fungsinya yang kini lebih terbuka, dahulu pintu masuk menuju ruangan ini sengaja disebunyikan oleh salah satu pendiri Hogwarts’ Godric Gryffindor di balik patung Gargoyle.

Room of Rewards

Room of Rewards adalah ruang rahasia yang hanya bisa diakses melalui lukisan hidup Vindictus Viridian yang berada di Grand Staircase sekolah Hogwarts. Meskipun keberadaannya tersembunyi, tetapi secara fungsi sebenarnya tidak ada yang spesial dari Room of Rewards, karena di dalamnya hanya terdapat hasil pencapaian dari para murid Hogwarts. Harry Potter yang merasa penasaran pernah mencoba masuk ke Room of Rewards, tetapi ditolak oleh lukisan Viridian. Pintu masuknya baru mau terbuka setelah Hermione Granger menakut-nakuti lukisan Viridian dengan hantu. Pada titik inilah Harry dan Hermione menjadi orang pertama dari angkatannya yang berhasil masuk.

Undercroft

Undercroft adalah ruang rahasia di sekolah sihir Hogwarts yang sering dipakai oleh para murid untuk melakukan pertemuan rahasia. Ruang yang ukurannya cukup besar ini sebenarnya punya bentuk yang mirip seperti aula, hanya saja karena jarang dipakai Undercroft jadi lebih terlihat seperti gudang penyimpanan yang sangat besar. Jalan masuk ke Undercroft hanya bisa diakses melalui lorong tersembunyi yang berada di Turris Magnus, tower terbesar di Hogwarts. Mengingat cukup banyak murid yang mengetahui keberadaan Undercroft, tidak menutup kemungkinan para guru juga sebenarnya mengetahui hal tersebut, tetapi lebih memilih diam dan membiarkan para murid bersenang-senang.

Itulah lima ruang rahasia yang tersembunyi di sekolah sihir Hogwarts. Semua ruangan tersebut telah membuktikan bahwa Hogwarts adalah sebuah sekolah yang penuh dengan rahasia dan juga kejutan. Mulai dari Room of Requirement sampai Undercroft, secara tidak langsung telah menambah kemisteriusan sekolah Hogwarts yang pada dasarnya berbentuk seperti kastil kuno. Tentunya dengan menemukan berbagai ruang rahasia ini, hal tersebut mungkin dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para murid-muridnya, termasuk Harry Potter dan kawan-kawannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.