Dalam dunia sihir Harry Potter terdapat beberapaa keluarga penyihir yang dianggap paling penting di dunia sihir tersebut. Franchise Harry Potter memrupakan salah satu cerita yang cukup kompleks, di mana seperti halnya dunia nyata dunia sihir juga penuh dengan berbagai hal menarik. Salah satunya adalah keluarga penyihir. Banyak keluaga penyihir di cerita Harry Potten memiiliki peranan penting dalam sejarah dunia sihir. Berikut adalah beberapa keluarga penyihir paling penting di dunia sihir Harry Potter.

Keluaga Crouch

keluarga penyihir harry potter

Keluarga penyihir paling penting di dunia Harry Potter yang pertama adalah keluarga Crouch. Bisas dibilang ini adalah salah satu keluarga penyihir yang paling tua di Inggris Raya. Keluarga Crouch terkenal memiliki para penyihir gelap yang sangat kuat. Keluarga penyihir murni ini menjadi salah satu keluarga penyihir yang juga sangat dihormati di dunia sihir itu sendiri.

Salah satu alasannya adalah karena keluarga Crouch diketahui menjadi salah satu dari 28 keluarga penyihir rahasia dan murni yang dikenal dengan nama Sacred Twenty-Eight. Hingga akhir abad ke-20 sekalipun 28 keluarga penyihir tersebut masih menjaga “kemurnian” darah mereka melalui berbagai keturunannya. Ini juga yang kemudian membuat keluarga Crouch memiliki pengaruh di pengadilaan dan kementrian sihir.

Anggotaa keluarga Crouch yang diketahui sejauh ini adalah Bartemius Crouch Senior, Mrs. Crouch, dan Bartemius Crouch Junior. Bartemius Crouch Junior alias Barty Jr. merupakan anggota keluarga Crouch yang menjadi sorotan dalam cerita The Goblet of Fire. Dia menyamar menjadi Alastor Moody dan mencoba untuk menghabisi Harry Potter. Dia merupakan seorang Death Eater yang setia bagia Voldemort.

Keluarga Lupin

Lyall Lupin terkenal karena pengetahuan dan keahliannya mengenaai Non-Human Spiritous Apparitions atau yang lebih dikenal dengan sebutann resminya yaitu Dark Creatures. Dia diminta untuk bergabung dengan pihak kementrian sihir untuk membantu mereka menghaadapi makhluk seperti grindylows dan werewolf. Lyall sendiri kemudian bertemu dengan seorang wanita bernama Hope Howell.

Hope sendiri ternyata bukan keturunan penyihir alias Muggle. Meskipun begitu, Lyall tetap mencintai Hope dan menikahinya yang mana Hope kemudian melahirkan Remus Lupin. Seperti yang Geeks ketahui, Remus Lupin merupakan salah satu anggota the Marauders dan merupakan salah satu professor di Hogwarts yang mengajar Harry Potter dan yang lain mengenai cara bertahan dari sihir gelap di tahun ketiga.

Remus kemudian bergabung dengan Order of the Phoenix, di mana dia kemudian bertemu dengan seorang auror bernam Nymphadora Tonks. Keduanya sempat terlibat dalam beberapa pertempuran sebelum kemudian jatuh cinta dan kemudian menikah. Mereka kemudian melahirkan seorang anak laki-laki bernama Teddy, yang mana nama tersebut digunakan demi menghormati ayah dari Tonks.

Keluarga Longbottom

Salah satu keluarga penyihir penting di dunia Harry Potter, sekaligus menjadi salah satu keluarga penyihir yang kurang begitu diperhitungkan. Keluarga Longbottom sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu keluarga penyihir yang sangat peduli terhadap kemunculan Voldemort. Mereka merupakan keluarga yang selalu terdepan dalam menghadapi Voldemort dan sekutunya.

Keluarga Longbottom juga dikenal memiliki toleransi tinggi, terutama bagi keluarga yang memiliki darah campuran. Mereka tidak pernah memiliki tanggapan negatif mengenai hal tersebut. Padahal, mayoritas keluarga penyihir sangat membenci penyihir yang berasal dari keluarga campuran. Inilah yang kemudian jadi alasan kedua orang tua Neville Longbottom, Frank dan Alice, bergabung dengan Order of the Phoenix saat Perang Besar Penyihir Pertama terjadi.

Keduanya kemudian mendapatkan siksaan dari sosok Bellatrix Lestrange, yang kemudian berujung pada kematian keduanya. Neville sempat tumbuh tanpa kasih sayang orang tua, yang membuatnya jadi sosok pemalu. Untungnya, Harry, Hermione, dan Ron menjadi sosok teman bagi Neville yang membuatnya berubah. Neville bahkan ikut bertarung saat berada di kementrian sihir dan ketika di Hogwarts. Dia bahkan memenggal kepala Nagini dengan Sword of Gryffindor.

Keluarga Carrow

keluarga penyihir harry potter

Keluarga penyihir yang dianggap paling erat kaitaannya dengan kemampuan sihir jahat atau Dark Magic. Seperti yang disebutkan di atas, banyak keluarga penyihir yang bangga akan garis keturunan yang merupakan penyihir murni dan keluarga Carrow sendiri adalah salah satunya. Bahkan, dua dari anggota keluarga Carrow, Alaector dan Amycus Carrow, menjadi pelayan dari Voldemort selama lebih dari 20 tahun.

Contoh lainnya bagaimana keluarga Carrow erat kaitannya dengan kekuatan sihir hitam adalah keterlibatan mereka dalam Perang Besar Penyihir yang pertama dan kedua. Namun, keterlibatan mereka lebih banyak dikenal dalam peristiwa yang kedua. Pasca kematian dari Dumbledore, Alecto kemudian menjadi guru yang mengajarkan tentang para Muggle di sekolah Hogwarts. Sementara, Amycus menjadi professor untuk pelajaran ilmu hitam.

Yang menarik adalah mereka bahkan kemudian menjadi wakil kepala sekolah, di mana keduanya melapor kepada Snape yang jadi kepala sekolah baru. Kemunculan Harry Potter memberikan perubahan besar bagi kehidupan keduanya dan juga keluarga Carrow. Dan yang menariknya juga adalah salah sattu anggota keluarga mereka diketahui pernah menjadi pelayan dari Gellert Grindewald.

Keluarga Diggory

keluarga penyihir harry potter

Selain keluarga Crouch, keluarga Diggory juga memiliki pengaruh besar di kementrian sihir. Keluarga Diggory adalah sebuah keluarga penyihir yang tinggal berdekatan dengan keluarga Weasley dan bahkan ikut pergi bersama saat Piala Dunia Quidditch dilakukan. Keluarga Diggory banyak menjadi sorotan ketika salah satu anggota mereka, Cedric, tewas dalam turnamen Triwizard Tournament.

Satu hal yang masih belum bisa mereka terima dari fakta kematian Cedric adalah Voldemort merupakan pelaku yang menghabisi nyawanya. Fakta menarik dari keluarga Diggory adalah salah satu nenek moyang mereka, Eldritch Diggory, merupakan sosok Menteri Sihir dari tahun 1733 sampai 1747. Dialah yang menginisiasi atau memulai program Auror.

Namun, Eldritch meninggal akibat Cacar Naga. Ayah dari Cedric, Arnos, kemudian bekerja untuk Kementrian Sihir di mana dia mengurus tentang pengendalian dan regulasi makhluk sihir. Meskipun Arnos sangat sedih atas kehilangan anaknya, namun dia mampu bertahan dari kesedihan tersebut selama lebih dari 25 tahun. Hal ini terbukti dari bagaimana dia muncul dalam cerita The Cursed Child.

Keluarga Weasley

Keluarga Weasley merupakan salah satu keluarga penyihir yang unik dan juga penting dalam cerita Harry Potter. Mereka bukan keluarga yang memiliki pengaruh besar di Kementrian Sihir atau juga pernah memegang jabatan penting. Keluarga Weasley terkenal karena keberagaman mereka. Dan juga mereka terkenal sebagai keluarga yang memiliki anggota paling banyak.

Terkenal karena rambut merah mereka, mayoritas keluarga Weasley merurpakan penghuni dari House Gryffindor. Meskipun mereka merupakan keluarga penyihir murni, namun untuk urusan kekayaan sebenarnya keluarga Weasley sama sekali tidak menyandang kekayaan apapun. Hal ini karena mereka lebih sering berkumpul denganb para Muggles. Hal inilah yang membuat mereka sering dipandang rendah atau dihina oleh keluarga penyihir lainnya.

Ron Weasley jadi anggota keluarga Weasley yang membantu memberikan perubahan besar bagi keluarga ini di dunia sihir dengan menjadi sahabat bagi Harry Potter. Bahkan, Ron dan Hermione akhirnya menjadi sebuah keluarga dalam ikatan pernikahan serta sang adik, Ginny, yang menikahi Harry Potter. Hal ini menjadikan keluarga Weasley jadi keluarga yang penting di dunia sihir.

Keluarga Black

keluarga penyihir harry potter

Keluarga Black sering kali menyebut diri mereka sebagaai The Noble and Most Ancient House of Black. Mereka yang jadi bagian dari keluarga Black sering kali terkoneksi dengan keluarga penyihir murni laainnya sseperti keluarga Lestrange dan keluargaa Malfoy. Pada dasarnya keluarga Black memang tertarik dengan Dark Arts dan mereka sering menjadi penghuni dari House Slytherin.

Contohnya adlah Narcissaa Malfoy dan juga Bellatrix Lestrange. Namun, sebagian keluarga Black lainnya tidak mendukung tentang darah murni tersebut. Contohnya adalah Sirius Black dan Nymphadora Tonk, yang merupakan putri dari Andromeda Black. Hal ini juga yang membuat Sirius tidak pernah senang dan cenderung membenci silsilah keluarganya sendiri tersebut, terutama kedua orang tuanya dan adiknya Regulus.

Keluarga Black terkenal sebagai salah satu keluarga penyihir yang sangat kaya, meskipun kekayaan mereka tidak sebanyak keluarga Malfoy. Ini menjadi bukti bagaimana mereka bisaa membeli rumah yang ada di wilayah London pusat. Beberapa anggota keluarga Black yang terkenal adalah Phineas Black, Sirius Black, Regulus Black, Andromeda Black, dan Bellatrix Black.

Keluarga Malfoy

keluarga penyihir harry potter

Keluarga Malfoy memang menjadi salah satu elemen menarik bagi para fans Harry Potter. Mereka adalah salah satu keluarga penyihir yang paling berpengaruh serta paling kaya di dunia sihir Harry Potter. Meskipun begitu, keluarga Malfoy juga terkenal karena keterlibatan mereka daalam berbagai Dark Arts dan juga menjadi pelayan bagi Voldemort. Draco Malfoy dan Lucius Malfoy jadi contoh bagaimana keluarga ini begitu berpengaruh.

Draco Malfoy merupakan musuh dan saingan dari Harry Potter, yang sering memandang rendah Hermione dan Ron. Di sisi lain, Lucius merupakan sosok yang memberikan pengaruh besar di Kementrian Sihir. Yang menarik adalah meskipun Lucius adalah pengikut setia dari Voldemort saat Perang Besar Penyihir Pertama terjadi, dia dan istrinya, Narcissa, justru tidak ingin anaknya jadi pengikut atau terlibat dalam rencana Voldemort.

Namun, pada akhirnya, Voldemort tetap memanfaatkan Draco Malfoy untuk menghabisi Dumbledore. Untungnya, Snape berhasil menyadarkan dan menyelamatkan Draco Malfoy dari pengaruh Voldemort. Narcissa memutuskan untuk membohongi Voldemort tentang kematian Harry Potter agar dia bisa bertemu dengan putranya lagi. Draco sendiri kemudian tidak pernah lagi tertarik dengan Dark Arts dan anaknya, Scorpius, menjadi sahabat bagi Albus Potter.

Keluarga Dumbledore

keluarga penyihir harry potter

Keluarga Dumbledore memang sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu keluarga penyihir paling penting di dunia Harry Potter. Dan tentunya Geeks sudah tidak asing lagi dengan sosok Albus Dumbledore yang memang sangat terkenal. Albus Dumbledore merupakan penyihir yang paling kuat di generasinya. Dia juga merupakan kepala sekolah bagi sekolah sihir Hogwarts.

Ayah dari Albus, Percival, pernah dikirim ke penjara Azkaban atas tuduhan penyerangan terhadap sekelompok Muggles. Serangan tersebut sebenarnya merupakan tindakan balas dendam atas apa yang mereka lakukan sebelumnya terhadap adik dari Albus, Ariana. Serangan itu sampai membuat Ariana mengalami trauma. Kendra Dumbledore kemudian menjadi sosok yang merawat keluarga tersebut.

Kekuatan sihir dari Albus diakui bahkan jauh lebih dahsyat dari Voldemort. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Voldemort tidak pernah mau menyerang Hogwarts selama Albus Dumbledore masih hidup. Harry sendiri kemudian menemukan fakta bahwa Albus memiliki seorang adik, Abeforth, yang merupakan pemilik dari Hog’s Head Inn. Abeforth kemudian salah satu sosok yang membantu Harry. Sedangkan, anggota keluarga Dumbledore lainnya adalah Aurelius.

Keluarga Potter

keluarga penyihir harry potter

Keluarga paling penting dalam dunia sihir Harry Potter yang terakhir adalah keluarga Potter. Mereka adalah keluarga yang paling populer di seriesnya. Seperti halnya keluarga Weasley dan Longbottom, keluarga Potter merupakan keluarga penyihir yang tidak pernah memandang remeh keluarga penyihir lain atau para penyihir yang merupakan keturunan campuran. Hal ini karena mereka juga merupakan bagian dari keturunan campuran.

James Potter merupakan bagian dari keluargaa murni penyihir, sedangkan Lilly Potter merupakan seorang Muggle. Keluarga Potter juga kemudian bergabung denegan Order of the Phoenix yang jadi awal kebangkitan mereka. James bahkan jadi sahabat dekat bagi Sirius. Lilly dan James kemudian memberi nama putranya Harry, yang Voldemort anggap sebagai sosok terpilih.

Upaya Voldemort untuk menghabisi Harry nyatanya berbalik, di mana justru dia yang harus tewas dalam peristiwa tersebut. Harry sendiri sempat beberapa kali mendapatkan upaya pembunuhan dari para pengikut Voldemort, namun dia berhasil untuk selamat. Pertarungan Harry dan Voldemort terjadi di Hogwarts yang sekaligus jadi pertarungan penentuan bagi semuanya. Harry sendiri kemudian memiliki tiga anak; James Potter II, Albus Severus Potter, dan Lilly Luna Potter.

Keluarga penyihir di dunia Harry Potter di atas memiliki peranan penting dalam sejarah dunia sihir, baik sejarah buruk ataupun sejarah baik. Mereka memiliki peranan masing-masing dan juga terkenal karena sesuatu. Ada yang terkenal karena kejahatannya, kebaikannya, kecerdasannya, bahkan kekayaan dan keberaniannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.