Optimus Prime adalah salah satu karakter paling ikonis dari waralaba multimedia Transformers yang telah berdiri sejak tahun 1980-an. Sebagai pemimpin Autobot, Optimus Prime dikenal karena keberanian dan kebijaksanaannya dalam melawan Decepticon dan pemimpin bengisnya Megatron. Namun, tahukah kalian di balik nama heroiknya yang terdengar keren, sebenarnya Optimus mempunyai nama lain yang tidak kalah menarik. Mulai dari nama asli sebelum menjadi pemimpin Autobot, sampai nama unik pemberian orang lain, berikut ini lima nama lain Optimus Prime yang mungkin jarang orang tahu!

Orion Pax

Jauh sebelum menjadi seorang Prime karena memimpin Autobot dalam pertempuran Cybertron, nama Optimus yang sebenarnya adalah Orion Pax. Di serial Transformers Generation 1 dan versi Marvel Comics, Orion Pax adalah nama ketika dia masih bekerja sebagai buruh dermaga di Planet Cybertron. Nama dan kehidupannya berubah setelah Decepticon memulai perang di Cybertron, pada titik inilah Orion Pax dihancurkan oleh Megatron, sebelum akhirnya ditemukan dan diperbaiki oleh pendiri Autobot’ Alpha Trion yang lantas memberinya nama Optimus Prime. Sejak awal Alpha Trion tahu bahwa Optimus akan meneruskan perjuangannya sebagai pemegang Matrix of Leadership selanjutnya.

Optronix

Sama seperti Orion Pax, Optronix adalah nama asli Optimus Prime sebelum perang Cybertron, khusus di komik terbitan Dreamwave Production. Bedanya dengan versi G1, Optronix digambarkan bekerja sebagai juru arsip Vaults, pusat data Cybertron. Ketika Sentinel Prime diceritakan tewas oleh Megatron dalam pertempuran Cybertron, Optronix ditunjuk oleh Council of Ancients untuk menggantikannya sebagai pemimpin baru Autobot sekaligus pemegang Matrix of Leadership berikutnya. Pada titik inilah dia mendapatkan nama yang lebih keren, yaitu Optimus Prime, walaupun teman-teman lamanya masih memanggil dia Optronix.

Hero Prime

Hero Prime adalah nama sementara yang disematkan kepada Optimus Prime ketika dia pertama kali menghadiri pertemuan antara para inkarnasi Prime di multiverse. Semuanya bermula saat Optimus Prime, yang diceritakan berasal dari semesta Primax 895.0 Gamma, mendapatkan perintah untuk berkumpul di kota kuno Cybertron yang disebut Axiom Nexus. Karena pertemuan ini dihadiri oleh banyak pemimpin yang namanya hampir mirip, termasuk Optimus Primal dari Beast Wars, akhirnya yang lain sepakat untuk memanggil Optimus Prime utama sebagai Hero Prime, mungkin karena dia lebih heroik dari yang lain.

HISS-14

Ketika muncul di komik crossover berjudul G.I. Joe vs. the Transformers, Optimus Prime yang awalnya mengalami lupa ingatan setibanya di Bumi, sempat diberi nama HISS-14 oleh musuh utama militer G.I. Joe yang bernama Cobra Commander. HISS sendiri adalah singkatan dari High Speed Sentry, jenis kendaraan lapis baja andalan Cobra. Alasan mengapa Optimus diberi nama HISS-14 adalah karena dia sempat dikendalikan sebagai kendaraan lapis baja Cobra yang ke-14, sebelum akhirnya sadar dan memilih untuk membantu kelompok G.I. Joe dalam memenangkan pertempuran di muka Bumi.

Battle Convoy

Berbeda dari nama-nama sebelumnya yang mempunyai sejarah tersendiri, Battle Convoy justru merupakan nama alias Optimus di Jepang. Nama Jepang ini pertama kali dipakai saat dia menjadi bagian dari mainan Diaclone yang diproduksi oleh Takara. Alasannya sangat sederhana, karena menurut orang Jepang kata ‘Optimus Prime’ terlalu sulit untuk diucapkan, sehingga akhirnya nama pemimpin Otobotto (Autobot) dari Saibatoron (Cybertron) ini diganti menjadi Battle Convoy, kadang juga Star Convoy atau Super Convoy. Selebihnya kisahnya masih sama seperti Optimus Prime versi global.

Itu dia lima nama lain Optimus Prime dalam sejarah Transformers yang mungkin tidak banyak orang tahu sebelumnya. Kesimpulannya, walaupun HISS-14 dan Hero Prime adalah identitas sementara yang akhirnya terlupakan, tetapi waralabanya telah mengukuhkan Orion Pax atau Optronix sebagai nama aslinya sebelum menjadi Optimus Prime atau Battle Convoy. Apa pun namanya jauh di dalam lubuk ‘Spark’-nya, dia tetap seorang pemimpin Autobot yang tangguh dan juga bijaksana. Dari semua nama lain ini mana yang paling kalian suka, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.