Mendekati akhir cerita One Piece terdapat beberapa kemungkinan upgrade kekuatan lain dari Eiichiro Oda untuk sosok Roronoa Zoro. Sosok Zoro adalah orang pertama yang bergabung dengan Luffy untuk memulai petualangannya sebagai bajak laut. Zoro juga merupakan salah satu karakter favorit yang banyak memiliki penggemar. Yang menarik adalah Zoro juga tidak kalah dengan Luffy dalam hal memiliki mimpi besar.

Jika Luffy memiliki mimpi untuk menjadi raja bajak laut, maka Zoro bermimpi untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Dia ingin menyingkirkan sosok Dracule Mihawk dari posisinya tersebut. Meskipun begitu, perjalanan Zoro masih belum selesai untuk mewujudkan mimpinya. Dan Oda Sensei mungkin akan memberikan upgrade kekuatan lain selanjutnya untuk Zoro di akhir cerita One Piece. Apa saja?

Peningkatan Kekuatan Enma

Enma merupakan sebuah pedang yang sangat dahsyat dan kuat, di mana pedang ini merupakan salah satu dari 21 pedang dengan level tinggi (21 O Wazamono). Pedang ini diciptakan oleh sosok legendaris Shimotsuki Kouzaburo, yang merupakan ahli pembuat pedang dari Wano. Dengan semua potensi yang dimiliki, Enma diyakini akan mampu seperti Yoru atau Shusui yaitu berubah menjadi black blade.

Dalam arc Wano kemarin, Tenguyama (alias Sukiyaki Kozuki) sempat mengatakan jika Enma mampu mengalami peningkatan kekuatan. Dan untuk bisa melakukannya, Zoro perlu untuk merubahnya menjadi pedang hitam. Dalam pertarungan melawan King, Zoro sudah memperlihatkan salah satu tanda perubahan pedang hitam yaitu adanya koneksi mendalam antara pengguna dan pedangnya. Selain itu, perlu juga ada lapisan Haki yang luar biasa. Zoro jelas akan jadi ahli pedang terbaik ketika Enma mengalami peningkatan kekuatan.

Pengendalian Penuh Conqueror Haki

Berbicara mengenai Haki, peningkatan kekuatan dari Zoro yang paling baru terjadi di arc Wano kemarin. Diperlihatkan bagaimana Zoro ternyata dikonfirmasi memiliki Conqueror Haki, bahkan dia memiliki kemampuan Advanced Conqueror Haki. Zoro menghadirkan kekuatan ini saat menghadapi Kaido serta ketika harus menghadapi King. Dalam pertarungannya Zoro mampu melapisi pedangnya dengan kekuatan Haki tersebut.

Berkat hal tersebut, dia bahkan mampu melukai Kaido dan mengalahkan King. Meskipun begitu, yang menjadi catatan adalah Zoro masih belum mampu secara sempurna mengendalikan kekuatan Haki tersebut. Karena itulah, salah satu upgrade kekuatan dari Zoro yang mungkin akan terjadi adalah bagaimana dia akan mampu mengendalikan secara penuh kekuatan Conqueror Haki miliknya untuk melapisi pedangnya atau pun tubuhnya.

Nine Sword Style Dengan Haki

Ketika berbicara mengenai berbagai kemampuan berpedang yang dimiliki oleh Zoro, tidak perlu diragukan lagi jika yang paling kuat dari semuanya adalah teknik sembilan pedang atau Nine Sword Style. Teknik ini bukan teknik berpedang sembarangan, karena perlu kekuatan penuh dari Zoro untuk mengaktifkannya. Dan nama teknik yang digunakan Zoro untuk mengkatifkan gaya berpedang ini adalah Ashura Ichibugin.

Masih belum ada penjelasan detail terkait teknik yang mampu kalahkan Kaku dan juga melukai Kaido ini. Dalam tekniknya, Zoro akan memiliki tiga kepala, enam lengan, dan sembilan pedang. Meskipun begitu, diyakini bahwa ini adalah teknik ilusi dari Zoro yang paling kuat. Dan dalam upgrade kekuatannya, Zoro akan mampu juga melapisi serangan tersebut dengan Conqueror Haki yang dahsyat.

Mampu Melihat Masa Depan

Kemungkinan upgrade kekuatan Zoro terakhir adalah kemampuan untuk melihat ke masa depan. Ketika berbicara mengenai Haki, terutama Observation Haki, Zoro memang bukan sosok yang unggul dalam hal ini. Dia lebih unggul dalam hal Armament Haki dan Conqueror Haki. Meskipun begitu, bukan berarti Zoro sama sekali tidak memiliki Observation Haki. Namun, memang penggunaannya cukup jarang.

Pada masa yang akan datang, Zoro mungkin akan mengalami upgrade kekuatan di mana dia mampu untuk melihat ke masa depan. Hal ini sama seperti yang dimiliki oleh Luffy dan Shanks. Kita memang masih belum tahu apakah Mihawk juga memiliki hal tersebut, tetapi yang pasti Observation Haki miliknya sangat dahsyat. Berkaca pada hal tersebut, Zoro juga bisa jadi akan memiliki kedahsyatan yang sama bahkan mungkin akan mampu melampauinya.

Upgrade kekuatan dari para karakter One Piece, terutama kru Topi Jerami mungkin masih akan terjadi pada masa yang akan datang, salah satunya adalah Zoro. Hal ini sebagai bentuk persiapan untuk mendekati puncak cerita yang sangat luar biasa. Belum lagi, Zoro adalah salah satu karakter yang ingin mewujudkan mimpinya. Sehingga, rasanya memang masuk akal jika Oda mungkin akan menghadirkan upgrade kekuatan untuk terakhir kali kepada karakternya seperti Zoro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.