Beberapa jam yang lalu berita mengejutkan datang dari pemeran big bad villain MCU Kang the Conqueror, yaitu Jonathan Majors, yang baru saja ditangkap oleh pihak berwajib karena telah menyerang seorang wanita di Kota New York. Hal ini langsung membuat sejumlah media Hollywood menunda bahkan menghapus penampilan sang aktor di platform iklan mereka. Lantas bagaimana dengan MCU, apa yang akan dilakukan oleh Marvel Studios sebagai studio waralaba terbesar yang saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang. Berikut beberapa cara yang bisa Marvel lakukan untuk menyelamatkan nasib Kang di MCU!

Delay Produksi & Perilisan

Setelah tampil sebagai Kang the Exile di film Ant-Man and the Wasp Quantumania, beberapa waktu lalu Marvel Studios sempat mengonfirmasi bahwa peran Jonathan Majors selanjutnya sebagai varian Kang akan terjadi di serial Loki season 2 yang dijadwalkan untuk tayang pada tahun ini. Namun dengan masalah yang terjadi sekarang, tentunya para kritikus dan penggemar MCU akan mempertanyakan keputusan Marvel selanjutnya.

Karena jika tetap memaksakan rencana awal tanpa memerhatikan konsekuensinya, bukan tidka mungkin Loki season 2 malah akan mendapatkan respons buruk dari banyak penggemar. Sehingga untuk menjamin nasib serialnya dan juga penampilan varian Kang selanjutnya di MCU, Marvel Studios mungkin terpaksa harus menunda perilisannya. Dan hal ini bisa berlaku juga pada semua tayangan MCU mendatang yang sebelumnya direncanakan akan melibatkan Majors, di mana beberapa diantaranya bahkan berpotensi mengalami penundaan jadwal produksi.

Penundaan produksi dan juga perilisan ini dimaksudkan untuk menunggu sambil memantau bagaimana kelanjutan masalah hukum yang dialami oleh Majors. Di sisi lain hal ini juga bermanfaat bagi pihak Marvel sendiri untuk melangsungkan evaluasi menyeluruh agar bisa memastikan apakah setiap proyek MCU yang melibatkan karakter Kang dari Majors ke depannya bisa berjalan dengan baik.

Mengubah Naskah MCU

Sambil menuggu kelanjutan masalah hukum Jonathan Majors, Marvel Studios juga bisa melakukan opsi lain dengan mengubah naskah yang sangat menentukan nasib Kang selanjutnya. Beberapa waktu lalu eksekutif Marvel Studios sekaligus produser Ant-Man and the Wasp Quantumania Stephen Broussard sempat mengatakan bahwa ke depannya tidak ada satu pun kisah MCU yang luput dari pengawasan Kang. Itu artinya tadinya Majors dimaksudkan untuk banyak terlibat dalam berbagai proyek MCU selanjutnya.

Nah dengan masalah yang terjadi sekarang, sepertinya Marvel harus mempertimbangkan untuk menggeser fokus cerita film atau serial MCU mendatang. Misalnya yang tadinya akan menghadirkan banyak penampilan cameo Kang sebagai big bad villain Multiverse Saga, sekarang akan lebih baik jika menghilangkannya untuk sementara waktu dari naskah. Atau Marvel juga bisa mengambil tindakan yang lebih ekstrem lagi dengan mengganti posisi Kang dengan villain lain untuk tayangan tertentu.

Sebagai contoh, jika tadinya Marvel ingin menghadirkan varian Kang yang bernama Rama-Tut dari Jonathan Majors sebagai villain di film Fantastic Four, studio bisa menggantikannya dengan villain yang sama-sam berpengaruh, misalnya Doctor Doom atau Mole Man. Tentunya perubahan naskah ini harus benar-benar dipertimbangkan secara matang, bai dari segi respons penggemar maupun dampak pada masa depan MCU secara keseluruhan. Karena pada akhirnya Kang tetap akan jadi big bad villain yang sebenarnya, khususnya di film crossover Avengers: The Kang Dynasty pada tahun 2025 mendatang.

Recast Pemeran Kang

Jika dengan dua cara di atas nasib karakter Kang the Conqueror di MCU masih belum terselamatkan, misalnya karena masalah hukum Jonathan Majors berlangsung lebih lama dan lebih parah dari yang kita bayangkan, maka mau tidak mau Marvel Studios harus mengganti pemerannya. Cara ini tentunya akan sangat berdampak besar pada MCU, karena penggemar sudah lebih dulu mengenal Majors sebagai pemeran para varian Kang, mulai dari He Who Remains sampai semua anggota Council of Kangs yang baru saja diperlihatkan di credit scene Quantumania.

Selain itu dibutuhkan upaya yang cukup besar untuk bisa menemukan aktor pengganti Majors ke depannya. Meskipun tidak banyak, tetapi ada sejumlah aktor yang mungkin bisa mengisi kekosongan Majors sebagai pemeran Kang dan semua variannya di MCU. Misalnya bintang Star Wars John Boyega yang sudah sejak lama diharapkan penggemar untuk terlibat di MCU, atau momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk kembali memboyong pemeran Killmonger’ Michael B. Jordan sebagai pemeran baru Kang yang digambarkan sebagai keturunan Black Panther.

Kesimpulannya jika masalah hukum Jonathan Majors tidak segera diselesaikan oleh pihak agensinya, di mana hal tersebut dapat berdampak pada nasib karakter Kang dan masa depan MCU secara keseluruhan, mau tidak mau Marvel Studios harus mengambil keputusan yang cepat, tepat, akurat, sekaligus hati-hati. Meskipun tudak ada keputusan yang sempurna, tetapi setidaknya salah satu dari tiga opsi yang kita bahas ini bisa dimanfaatkan oleh studio demi kebaikan bersama. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.