Marvel Cinematic Universe adalah jagat sinema live action superhero dari Marvel Studios yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Selain dimeriahkan oleh sejumlah karakter populer, MCU juga dihiasi oleh sejumlah senjata dan peralatan ikonis yang memainkan peran penting dalam masing-masing kisahnya, seperti Mjolnir Thor atau perisai Captain America. Namun tahukah kalian bahwa dibalik semua tayangan MCU yang sudah kita lihat, sebenarnya ada senjata atau peralatan pamungkas yang batal ditampilkan. Berikut ini lima senjata dan peralatan yang sayangnya tidak bisa kita lihat dalam tayangan MCU!

Panzer Max

Senjata pertama yang batal ditampilkan di MCU, tepatnya di film Captain America: The First Avenger, adalah Panzer Max. Dalam bahasa Jerman, panzer sendiri artinya adalah kendaraan lapis baja alias tank, jadi Panzer Max mungkin bisa kita simpulkan sebagai tank terkuat yang pernah diciptakan Nazi. Seperti yang kita tahu, film The First Avenger sendiri bercerita tentang petualangan pertama Steve Rogers sebagai super-soldier pada era Perang Dunia II. Itulah mengapa tadinya dia hampir bertempur melawan senjata pamungkas Nazi MCU alias Hydra yang dimpimpin Red Skull. Sayangnya hal tersebut tidak jadi ditampilkan karena anggaran CGI yang pada saat itu dianggap terlalu besar.

Satan Claw

Masih dari kelompok Hydra, senjata ikonis selanjutnya yang batal ditampilkan di MCU adalah Satan Claw milik pemimpin Hydra versi modern bernama Baron Strucker yang debut di film Avengers: Age of Ultron. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar konsep di atas, Satan Claw yang berwarna merah dipakai oleh Strucker di tangan kirinya. Di Marvel Comics sendiri Satan Claw adalah senjata andalan Strucker yang diciptakan oleh Doctor Doom. Senjata berbentuk cakar ini memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi energi yang sangat kuat, serta membuka portal antar-dimensi. Sayangnya karena perannya di Age of Ultron minor, kita akhirnya tidak jadi melihat kehebatan Satan Claw milik Strucker ini.

Pedang Baron Zemo

Sebagian besar penggemar setia MCU pasti sepakat bahwa Captain America: Civil War adalah salah satu film terbaik di jagat sinemanya. Film yang berfokus pada perselisihan antara dua kubu superhero yang dipimpin oleh Captain America dan Iron Man ini menghadirkan Baron Zemo sebagai villain sesungguhnya. Meskipun penampilanya di film sangat biasa, tetapi dia mampu memecah belah Avengers. Di balik kisahnya yang luar biasa tersebut, ternyata tadinya dia hampir diperlihatkan mempunyai pedang andalan seperti di komiknya. Alasan mengapa akhirnya pedang ikonis ini tidak jadi ditampilkan mungkin karena di Civil War, Baron Zemo tidak terlalu tampil aktif dalam pertempuran.

Perisai Red Guardian

Dari Infinity Saga sekarang kita beralih ke Multiverse Saga yang saat ini tengah berlangsung. Di salah satu film pertama Fase 4 MCU yang berjudul Black Widow, kita telah diperkenalkan kepada ayah angkat Natasha Romanoff yang bernama Alexei Shostakov. Di MCU sendiri Alexei diceritakan sebagai superhero Soviet bernama Red Guardian yang sempat pensiun. Sayangnya meskipun dia mengaku sebagai saingan Captain America kita tidak bisa melihat perisai andalannya di film Black Widow. Padahal seperti yang bisa kalian lihat pada sejumlah gambar di atas, Red Guardian tadinya akan diperlihatkan dengan perisai sekaligus senjata vibranium andalannya, tetapi sayangnya tidak jadi.

Sayap Shuri

Senjata atau peralatan ikonis terakhir yang batal ditampilkan di MCU adalah sayap mekanis Shuri seperti yang terlihat pada gambar konsep Black Panther: Wakanda Forever di atas. Tidak dijelaskan secara detail bagaiaman sayap ini bisa tercipta, yang jelas di Marvel Comics sendiri Shuri memang digambarkan mempunyai sayap energi yang serupa seperti gambar konsep ini. Cukup jelas bahwa sayap ini dimaksudkan untuk membuat Shuri terbang ketika beraksi. Namun, karena pada akhirnya Shuri menjadi Black Panther di Wakanda Forever, dia tampaknya sudah tidak memerlukan lagi sayap mekanis. Karena macan kumbang memang seharusnya tidak bisa terbang.

Itulah lima senjata serta peralatan khas dari para karakter populer MCU yang tidak jadi dimunculkan karena alasan beragam, mulai dari perbedaan ide kreatif, anggaran, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, walaupun pada akhirnya semua peralatan ini tidak pernah terlihat di MCU, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kehebatan dari setiap karakternya, baik itu superhero seperti Shuri maupun supervillain seperti Baron Zemo. Di sisi lain terkadang keputusan untuk tidak memunculkan semua yang ada dalam gambar konsepnya justru membuat tayangan MCU menjadi lebih baik. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.