Melihat situasi yang kacau di pulau Egghead, salah satu satelit Vegapunk, York, kemungkinan memutuskan akan gabung dengan salah satu Yonko. Setelah sempat menjadi teka-teki besar tentang siapa sosok pengkhianat yang berkeliaran di pulau Egghead akhirnya Oda mengungkapkan pelakunya. Pelakunyat tersebut ternyata tidak lain adalah salah satu satelit Vegapunk yaitu York.

Hal ini tentunya menjadi sebuah hal yang mengejutkan, karena nama yang paling santer dispekulasikan sebagai pelakunya adalah satelit lain seperti Edison atau Shaka. York sendiri sebenarnya masuk sebagai salah satu karakter yang dicurigai, terlepas dari memang sedikit hal yang mengarah untuk jadi bukti. Meskipun begitu, ada sebuah spekulasi menarik tentang York yang mungkin akan gabung dengan salah satu Yonko.

Pengkhianatan York

Fakta bahwa York adalah pengkhianat di pulau Egghead terungkap di chapter 1078 kemarin. Di akhir chapternya, York akhirnya menunjukan dirinya di depan Stella alias Vegapunk yang asli setelah dia menembak Shaka di kepala. York kemudian mengakui bahwa alasan dia berkhianat adalah karena dia ingin menjadi bagian dari kaum naga langit, sesuatu yang terdengar tidak biasa.

Kemudian, yang paling mengerikan adalah bagaimana York kemudian menyebutkan jika dia tidak ingin ada Vegapunk lain di dunia. Dia ingin jadi satu-satunya Vegapunk yang ada. Karena itulah, dia memutuskan untuk menghabisi seluruh Vegapunk yang ada kecuali Vegapunk yang asli. Dalam chapter tersebut juga diperlihatkan bagaimana York sudah melakukan hal tersebut sejak lama.

Sekitar tiga bulan lalu, terdapat sosok misterius yang menghubungi pihak Mary Geoise mengabarkan jika Vegapunk melakukan proyek penelitian ilegal. Pasukan Cipher Pol pun dikirim ke Egghead, namun mereka tidak menemukan bukti-bukti kuat. Sosok misterius tersebut kemudian kembali menghubungi Mary Geoise dan meminta langsung berbicara dengan Gorosei. Mereka pun kemudian menjalin kesepakatan.

Akibat dari hal ini, World Government memutuskan untuk menerjunkan pasukan secara besar-besaran menuju Egghead. Bahkan, mereka mengerahkan pasukan yang jumlahnya jauh lebih besar dan banyak dari peristiwa Ohara dan juga momen Buster Call lainnya. Momen ini bahkan kemudian disebut sebagai ‘Insiden Ohara.’ Selain armada angkatan laut, Gorosei bahkan mengirimkan salah satu dari mereka untuk memastikan semuanya berjalan baik.

World Government Khianati York

Namun, fakta baru kemudian muncul di chapter 1079. Meskipun York dan pihak World Government sudah menjalin kesepakatan, ternyata mereka mengkhianati York. Menurut York, pihak World Government ternyata bukan hanya mengincar Vegapunk yang asli melainkan juga York. Hal ini bisa jadi karena York tahu tentang penelitian Vegapunk dan mereka tidak ingin ada orang yang tahu tentang masa lalu tersebut.

Mengetahui jika World Government juga mengkhianatinya, York kemudian kembali menyusun rencana. Apa yang kemudian jadi rencana besarnya? Untuk saat ini memang masih belum diketahui. Namun, dijelaskan jika York sengaja tidak menghabisi para agen Cipher Pol yang datang ke pulau Egghead dan juga Vegapunk yang asli. Setelah sistem pertahanan Frontier Dome dimatikan, York memerintahkan Seraphim untuk menghabisi semuanya kecuali dua pihak di atas.

York juga memerintahkan S-Snake untuk mengubahnya menjadi batu dan mengembalikannya seperti semula ketika tidak ada orang yang melihat. S-Snake juga mendapatkan perintah untuk menghancurkan sebuah tempat yang masih belum diketahui. Apakah kemudian kekacauan ini memang sengaja diciptakan oleh York sebagai bagian dari rencananya? Bisa jadi.

Bagaimana York ternyata dikhianati oleh pihak World Government seolah memperlihatkan lebih jelas bagaimana mengerikannya kelompok penguasa di dunia One Piece tersebut. World Government tidak ragu untuk melakukan apa pun demi melindungi rahasia besar masa lalu mereka yang terkubur dalam, termasuk untuk mengkhianati orang yang sudah memberikan mereka informasi penting.

York Akan Gabung Yonko

Seperti yang disebutkan di atas, kita masih belum tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan rencana besar apa yang sudah dipersiapkan oleh York. Namun, dia sudah memerintahkan Seraphim untuk menghabisi semua orang kecuali Vegapunk yang asli dan juga para agen Cipher Pol yang ditahan. Apakah kemudian kekacauan yang terjadi di pulau Egghead memang merupakan bagian dari rencana York? Bisa jadi.

Yang juga menarik adalah terdapat spekulasi yang menyebutkan jika York kemungkinan akan gabung dengan Yonko. Secara spesifik York kemungkinan akan bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Spekulasi ini muncul dari informasi yang muncul di chapter 1079 di mana diperlihatkan jika salah satu kapal mereka mendekati pulau Egghead. Ada beberapa kemungkinan dari hal ini.

Pertama, itu merupakan kapal yang ditumpangi oleh Blackbeard yang artinya pertarungannya melawan Law sudah selesai. Kedua, bisa jadi kapal tersebut merupakan salah satu kapal yang digunakan oleh kru Blackbeard. Jika melihat dari apa yang sering mereka lakukan selama ini, kelompok Blackbeard cenderung lebih sering untuk memperkeruh suasana peperangan.

Namun, dalam spekulasinya sendiri dijelaskan bahwa ini bisa jadi momen baik khususnya bagi York. Mengetahui nyawanya diincar oleh pihak World Government dan menyadari bahwa dia tidak memiliki kekuatan apa pun untuk melawan, logikanya York akan mencari bantuan atau perlindungan. Dan perlindungan yang paling baik serta masuk akal saat ini adalah dengan gabung bersama Yonko, dalam hal ini adalah Blackbeard.

Blackbeard adalah salah satu nama bajak laut dan Yonko yang kuat dalam cerita One Piece terutama saat ini. Dia sudah memiliki dua kekuatan buah iblis yang mana bahkan Rayleigh sendiri mengakui jika dia tidak akan sanggup untuk mengalahkannya. Selain berlindung, dengan kekuatan dahsyat dari Blackbeard sosok York mungkin akan berusaha untuk balas dendam atas apa yang World Government lakukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.