Meskipun desa Konoha jadi setting utama cerita dalam franchise Naruto, desa ini merupakan desa yang paling ditakuti dan ada beberapa kejahatan yang pernah dilakukan desa ini. Desa Konoha merupakan sebuah desa ninja yang berada di negara api dalam franchise Naruto. Di desa inilah sang protagonis utama, Uzumaki Naruto, dan mayoritas karakter dalam ceritanya tinggal.

Di sisi lain, desa Konoha juga diketahui memiliki koneksi yang sangat mendalam dengan sejarah shinobi di dunia. Bahkan, desa Konoha adalah desa ninja pertama yang dibangun sebelum banyak desa ninja lainnya yang muncul. Dengan sejarah yang panjang dari Konoha, rasanya tidak mengherankan jika mereka juga memiliki beberapa kejahatan atau hal mengerikan yang pernah dilakukan. Lalu, apa saja kejahatan yang dilakukan oleh desa Konoha?

Telantarkan Uzumaki Naruto

Kejahatan desa Konoha pertama adalah bagaimana mereka menelantarkan sosok Uzumaki Naruto. Dia merupakan protagonis utama dalam ceritanya yang memulai semua petualangannya dari seorang bocah nakal yang memiliki mimpi besar. Namun, fakta kemudian terungkap tentang Naruto yang kenyataanya sangat kesepian. Dia sangat membutuhkan perhatian dari yang lain.

Yang terjadi justru semua orang menjauhi Naruto, karena dianggap monster setelah menjadi Jinchuriki bagi Kurama. Konoha seolah tidak melakukan apa pun untuk melindungi Naruto dari stigma negatif orang-orang. Padahal, apa yang terjadi kepada Naruto merupakan pengorbanan nyawa dari kedua orang tuanya, Minato dan juga Kushina. Dan mereka mengorbankan nyawa demi melindungi Konoha

Membentuk Kelompok Root Anbu

Meskipun nampak dari luar jika Konoha adalah sebuah desa yang tenang, baik, dan menyenangkan, tetapi di dalamnya terdapat banyak sekali hal-hal mengerikan dan gelap. Dan hal-hal gelap tersebut direpresentasikan oleh kemunculan Root Anbu. Sebenarnya, Anbu sendiri merupakan kelompok rahasia yang sengaja diciptakan untuk keperluan intelijen dari Konoha. Namun, ada sosok lain yang memanfaatkan hal ini.

Sosok tersebut tidak lain adalah Danzo Shimura. Dia menciptakan sebuah faksi baru dari kelompok Anbu yaitu Root Anbu. Berbeda dengan Anbu pada umumnya, kelompok yang dipimpin oleh Danzo ini lebih sering menjalankan misi ekstrem mulai dari penculikan hingga pembunuhan. Keberadaan mereka benar-benar sangat dirahasiakan. Sejak momen perekrutan pun para anggotanya sudah harus meninggalkan emosi mereka demi Konoha.

Tidak Menengahi Masalah Klan Hyuga

Konflik klan Hyuga terjadi bertahun-tahun yang lalu, di mana Kumogakure berusaha untuk mencuri Kekkei Genkai milik mereka, Byakugan. Kumogakure awalnya berpura-pura setuju untuk berdamai dengan klan ini, sampai kemudian diketahui bahwa itu hanyalah taktik belaka. Mereka kemudian menculik Hinata saat usianya masih tiga tahun. Namun, sang penculik berhasil dihabisi nyawanya oleh Hiashi Hyuga.

Mengetahui bagaimana Hiashi Hyuga ternyata menghabisi nyawa dari pemimpin desa Kumogakure, dan konflik yang terjadi justru semakin pelik, Konoha nampak tidak melakukan apa pun untuk menghentikan hal tersebut. Padahal, klan Hyuga adalah salah satu klan terhormat dan berpengaruh di Konoha. Yang terjadi justru Hizashi Hyuga yang mengorbankan diri demi sang adik.

Melakukan Eksperimen Manusia

Membangun kekuatan militer dan menciptakan senjata dahsyat adalah dua hal yang terjadi ketika masa peperangan, termasuk Konoha. Banyak dari desa-desa ninja berlomba untuk menciptakan sesuatu yang sangat luar biasa agar bisa digunakan mengalahkan desa lainnya. Satu kejahatan mengerikan yang dilakukan Konoha saat itu adalah melakukan eksperimen atau percobaan terhadap makhluk hidup, dalam hal ini adalah manusia.

Ketika Hashirama Senju tewas, Konoha sadar bahwa mereka kehilangan aset berharga. Mereka tahu Kekkei Genkai miliknya akan sangat membantu Konoha. Inilah yang kemudian mereka lakukan, di mana Konoha mencari anak-anak yang bisa menjadi subyek penelitian mereka. Banyak dari anak-anak tersebut yang harus tewas dan hanya Yamato yang kemudian berhasil selamat hingga sekarang. Parahnya, Hiruzen sendiri sebenarnya tahu tentang hal ini dan dia seolah mengizinkan semuanya terjadi.

Mengirim Anak-Anak Berperang

Berbicara mengenai anak-anak, kejahatan mengerikan Konoha lainnya adalah mengirim anak-anak untuk berperang. Konoha sengaja dibangun oleh Hashirama dan Madara untuk memenuhi mimpi mereka. Mereka ingin ada sebuah tempat yang damai yang menjadi lahan yang aman bagi anak-anak agar mereka tidak perlu lagi berperang. Yang terjadi kemudian justru sebaliknya di mana Konoha banyak mengirim shinobi anak-anak tanpa pengalaman untuk berperang.

Beberapa karakter yang pernah dikirimkan berperang ketika masih anak-anak adalah Shisui Uchiha, Kakashi, Rin, dan lainnya. Sebenarnya, desa ninja lain pun melakukan hal yang sama ketika era peperangan terjadi. Meskipun begitu, yang kemudian menjadi alasan mengapa ini menjadi sebuah kejahatan adalah bertentangan dengan keinginan atau misi yang diinginkan oleh Madara dan Hashirama saat membangun desa ini.

Menghabisi Klan Uchiha

Mungkin, kejahatan yang paling mengerikan yang pernah dilakukan oleh desa Konoha sepanjang sejarah adalah menghabisi satu klan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, Konoha menghabisi seluruh klan Uchiha. Klan Uchiha merupakan salah satu bagian penting dari Konoha, mengingat salah satu pendiri desa ini adalah Madara Uchiha. Sayangnya, yang terjadi adalah bagaimana klan Uchiha selalu dipandang sebelah mata.

Mereka tidak diberikan kekuatan politik yang kuat, selalu dikucilkan, dan banyak hal negatif lainnya yang terjadi. Para penduduk takut dengan kekuatan yang mereka miliki. Padahal, klan Uchiha tidak pernah berpikir untuk menyakiti atau bahkan menghancurkan Konoha. Namun, Danzo kemudian memerintahkan Itachi untuk menghabisi klannya demi Konoha. Itachi melakukan hal tersebut karena cinta terhadap Konoha dan juga melindungi adiknya. Insiden pembantaian klan Uchiha akan selalu menjadi tragedi paling mengerikan dan kejahatan terbesar yang pernah dilakukan desa Konoha.

Sebagai desa terkuat dalam franchise Naruto, Konoha memang menjadi desa yang besar dan ditakuti oleh desa ninja lain. Meskipun saat ini Konoha menjadi desa yang damai dan sering menjadi penengah bagi konflik yang ada, Konoha sendiri tidak lepas dari berbagai kejahatan mengerikan yang pernah mereka lakukan pada masa lalu. Dan beberapa poin di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.