Terdapat beberapa fakta menarik dari teknik Kamusari yang merupakan salah satu serangan pedang paling dahsyat dalam cerita One Piece. Pengguna pedang atau ahli pedang merupakan salah satu hal yang banyak Eiichiro Oda hadirkan dalam cerita One Piece. Roronoa Zoro, Kinemon, Red Scabbards, King, dan bahkan Dracule Mihawk adalah beberapa contoh dari para pengguna atau ahli pedang.

Di sepanjang ceritanya, ada banyak teknik berpedang yang sangat dahsyat yang sudah diperkenalkan oleh Oda. Contohnya adalah teknik Ashura Ichibugin milik Zoro, yang mampu mengalahkan Kaku dan bahkan melukai Kaido. Juga, ada teknik Kamusari yang sangat legendaris. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai teknik berpedang Kamusari ini. Apa saja?

Pertama Kali Digunakan Oleh Roger

Teknik Kamusari merupakan teknik berpedang yang sangat dahsyat yang pertama kali diperlihatkan oleh Gol D. Roger. Kamusari digunakan oleh Roger dalam pertarungan kelompoknya dengan kelompok Whitebeard. Pada saat itu, awalnya Roger diperlihatkan bertarung menghadapi Kozuki Oden yang tiba-tiba langsung menyerang sang raja bajak laut. Namun, Roger mampu menahan serangan Oden.

Tidak mau kalah, akhirnya Roger juga kemudian menyerang balik Oden. Dia menggunakan sebuah teknik berpedang dahsyat yaitu Kamusari. Serangan Kamusari yang dilancarkan oleh Roger bahkan mampu membuat Oden terhempas cukup jauh. Ini menjadi bukti seberapa dahsyat level kekuatan berpedang dari Roger sekaligus juga seberapa dahsyat kekuatan dari teknik Kamusari.

Serangan Berlapis Haki

Untuk menggunakan teknik Kamusari, Roger akan menggunakan pedang miliknya dan kemudian melapisi pedang tersebut dengan Conqueror Haki tingkat tinggi. Dia kemudian akan mengayunkan pedangnya secara horizontal dan hal tersebut akan memunculkan serangan dahsyat terhadap musuhnya. Dalam versi anime, terlihat bagaimana efek energi berwarna gelap muncul dari pedang Roger saat menggunakan Kamusari.

Dan karena pedang berlapis Haki ini juga Roger mampu menghancurkan pertahanan dan teknik dua pedang milik Kozuki Oden. Sosok Kozuki Oden sendiri tidak menyangka jika ada orang yang mampu mengalahkannya dengan mudah. Bahkan, dia terkejut dengan dahsyatnya serangan itu. Teknik Kamusari juga kemudian Roger kembali gunakan saat berhadapan dengan Whitebear pasca Oden berhasil dikalahkan dengan mudah.

Arti Kamusari

Eiichiro Oda memang tidak asing untuk mengadaptasi berbagai mitologi atau kepercayaan, termasuk juga asal-usul Kamusari. Dalam kepercayaan Shinto di Jepang, ‘Kamusari’ merupakan istilah yang digunakan dalam KojikiĀ atau sebuah cerita legenda dan mitologi tentang kematian seorang dewa. Namun, dalam cerita One Piece nama teknik dari ‘Kamusari’ sendiri bisa diartikan sebagai ‘Divine Departure.’

Digunakan Oleh Shanks

Teknik Kamusari kembali muncul dalam cerita one Piece. Dalam hal ini, giliran sosok Shanks yang diketahui menggunakan teknik dahsyat tersebut. Fakta ini diketahui dalam spoiler atau bocoran untuk manga One Piece chapter 1079. Menurut informasinya, Shanks diketahui berhasil mengalahkan Eustass Kid dan juga kelompoknya dalam pertarungan di pulau Elbaf.

Dan yang luar biasanya adalah Shanks berhasil mengalahkan Kid dengan sangat mudah. Bahkan, menurut informasi di chapter tersebut Shanks menggunakan teknik Kamusari untuk kemudian mengalahkan Kid hanya dengan satu serangan saja. Efeknya, Kid dan kelompoknya harus menyerah dan dia pun memberikan salinan Road Poneglyph yang dimiliki. Bahkan, kapal Kid pun harus hancur.

Terdapat berbagai teknik pedang dahsyat dalam cerita One Piece dan Kamusari adalah salah satunya. Setelah diperlihatkan oleh sosok Gol D. Roger tentag seberapa dahsyat teknik pedang ini yang mampu menghempaskan Kozuki Oden, giliran Shanks yang membuktikan kehebatan teknik ini. Bahkan, Shanks mampu mengalahkan Kid dengan mudah menggunakan teknik tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.