Meskipun Eiichiro Oda memberikan petunjuk tentang rivalitas trio Worst Generation, yaitu Luffy, Law, dan Kid, faktanya rivalitas mereka tidak seimbang terutama dari segi kekuatan. Setiap kali Oda Sensei menghadirkan cerita yang menghadirkan trio Worst Generation yaitu Monkey D. Luffy, Trafalgar Law, dan Eustass Kid, mereka selalu diperlihatkan seimbang dan bersaing satu sama lain.

Mereka sering kali memperlihatkan level kekuatan yang seolah-olah sama. Bahkan, ketiga bajak laut ini juga memiliki nilai buruan yang sama pasca apa yang terjadi di Wano. Yang membedakannya hanya Luffy yang kemudian dipilih untuk menjadi Yonko selanjutnya. Meskipun menarik, sebenarnya jika diperhatikan rivalitas trio Worst Generation tersebut tidak seimbang. Apalagi, setelah muncul fakta di bocoran terbaru.

Level Kekuatan Trio Worst Generation

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari trio Worst Generation ini adalah level kekuatan dari masing-masing mereka. Pada awalnya, memang diperlihatkan bagaimana ketiga bajak laut tersebut seolah tidak memiliki perbedaan level kekuatan yang terlalu signifikan. Meskipun Luffy mampu untuk menyerang dan melukai Kaido dengan penggunaan Advanced Conqueror Haki, Kid dan Law sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis mereka.

Artinya, Kid dan Law memiliki apa yang tidak dimiliki Luffy (pada saat itu) dan begitu juga dengan Luffy. Namun, Luffy kemudian berhasil memberikan perubahan besar terhadap persaingan ketiganya. Hal ini terjadi ketika Luffy menggunakan Gear Five, yang merupakan Gear dan kemampuan terkuatnya sejauh ini. Ketika diaktifkan, Luffy benar-benar memiliki keunggulan dalam hal pengendalian Haki.

Belum lagi, itu merupakan bentuk awakening dari buah iblis terkuat di sepanjang cerita One Piece. Fakta ini memberikan Luffy keuntungan dari persaingan ketiganya. Dan yang menarik yang juga bisa jadi perhatian adalah bagaimana mereka bertiga mengalahkan musuhnya. Luffy diperlihatkan mampu mengalahkan Kaido, makhluk paling kuat di dunia One Piece, sendirian.

Tidak peduli seberapa banyak bantuan sebelumnya untuk menaklukan Kaido, pada akhirnya Luffy yang tetap berhasil untuk mengalahkannya dengan menggunakan Gear Five. Sedangkan, Kid dan Law butuh bekerja sama untuk mengalahkan Big Mom. Perbedaan inilah yang bahkan menjadi dasar kemunculan spekulasi bahwa Kid dan Law mampu untuk menghadapi Shanks dan Blackbeard.

Tetapi, faktanya berbicara lain. Dalam bocoran terbaru untuk manga One Piece chapter 1079 diketahui jika Eustass Kid dan juga Trafalgar Law harus kalah dalam pertarungan mereka menghadapi Shanks dan Blackbeard. Ini bisa diartikan mereka memiliki level kekuatan yang bukan hanya di bawah Luffy, namun juga di bawah parah Yonko. Dari ketiganya, Luffy yang jelas paling kuat. Jika dia mau, Luffy bisa saja mengalahkan Law dan Kid sekaligus.

Rivalitas Tidak Seimbang

Dari apa yang disebutkan di poin sebelumnya, bisa kita simpulkan jika rivalitas dari trio Worst Generation sebenarnya sangat tidak seimbang. Hal ini bisa kita lihat dari perbedaan level kekuatan dari ketiga karakter, bagaimana mereka mengalahkan musuh, dan tentunya dari apa yang dihadirkan dalam chapter terbaru manganya.

rivalitas dari ketiga karakter bisa dibilang tidak seimbang. Buktinya, law dan kid harus kalah dalam pertarungan menghadapi Shanks dan blackbeard. Apa yang dihadirkan oleh Eiichiro Oda dalam ceritanya, di mana mereka bertiga seolah memiliki kekuatan yang sama pada kenyataannya tidak seperti itu. Terlalu naif rasanya jika memang kemudian Oda berpikir demikian.

Karena, pada dasarnya, Luffy tetaplah sosok protagonis utama dalam cerita One Piece yang artinya dia akan selalu mendapatkan prioritas dan juga plot armor. Tidak ada yang salah dengan rivalias dari Trio Worst Generation ini, hanya saja bagaimana Oda menggambarkan level kekuatan mereka yang kemudian menjadi permasalahan dan memunculkan banyak perdebatan di kalangan fans.

Jika kemudian Oda Sensei tetap ingin menghadirkan konsep rivalitas dari ketiganya, mungkin akan lebih baik jika tetap menghadirkan perbedaan eksplisit dari kekuatan mereka. Sehingga, para fans tidak bingung atau salah tafsir mengenai rivalitas mereka seperti yang terjadi sekarang. Namun, apakah kemudian Law dan Kid masih memiliki peluang untuk berkembang? Jawabannya adalah masih.

Meskipun begitu ada banyak catatan yang perlu ditingkatkan dari kedua kelompok bajak laut tersebut. Pertama-tama adalah kemampuan Haki. Haki adalah kemampuan utama dan penting ketika bajak laut berada di New World. Ini menjadi cara seseorang untuk meningkatkan kekuatan sekaligus juga bertahan dari kekuatan buah iblis milik musuh.

Kekuatan buah iblis keduanya juga bisa menjadi catatan penting untuk terus ditingkatkan. Mereka memang sudah berhasil membangkitkan seluruh potensi buah iblisnya, namun bisa jadi mereka masih belum benar-benar menguasai awakening tersebut. Ketiga, level kekuatan kru mereka juga perlu ditingkatkan. Dari kelompok Law dan Kid, bisa dibilang Heart Pirates adalah yang paling lemah.

Bepo dan yang lain memang memiliki kemampuan bertarung, namun kekuatan mereka sangat kurang bahkan jika dibandingkan dengan kekuatan dari kru Eustass Kid. Kelompok bajak laut Kid memang memiliki beberapa nama kuat seperti Killer, Heat, dan juga Wire. Namun, sayangnya, lagi-lagi level kekuatan mereka masih dirasa kurang apalagi jika harus berhadapan dengan kru Yonko.

Dan hal ini pun akhirnya terbukti dalam bocoran chapter 1079, di mana kelompok Kid memutuskan untuk menyerah saat berhadapan dengan Shanks. Kelompok bajak laut Law kemungkinan berhasil dikalahkan setelah Blackbeard muncul di sekitar pulau Egghead. Untuk saat ini, tidak diketahui apakag Law dan Kid akan kembali muncul. Yang pasti, mereka sudah kalah dari kedua Yonko. Jika memang mereka akan kembali muncul, maka beberapa catatan di atas perlu dilakukan karena tentunya mereka akan bisa dengan mudah kembali dikalahkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.