Dalam sejarah Marvel Comics yang sudah terbentang sejak akhir 1930-an, tidak terhitung berapa banyak pertempuran yang telah menewaskan para superhero, khususnya para anggota Avengers. Misalnya pertempuran di Infinity Gauntlet yang menyebabkan setengah kehidupan di alam semesta musnah, atau pertempuran melawan entitas kosmik Korvak yang menewaskan sebagian besar Avengers. Menariknya, dengan mengesampingkan peristiwa hancurnya seluruh multiverse seperti di Secret Wars, berikut ini tujuh anggota Avengers yang ternyata sebelumnya tidak pernah diceritakan mati di Marvel Universe!

Captain America

Captain America versi Sam Wilson adalah salah satu anggota Avengers yang tidak pernah diceritakan mati, baik karena penyebab alami maupun pertempuran. Padahal dalam sejarah Marvel dia awalnya dikenal sebagai Falcon, sidekick Captain America Steve Rogers yang sering terlibat dalam pertempuran mematikan. Yang lebih hebatnya lagi ketika Steve pertama kali menyerahkan identitas dan perisai andalannya kepada Sam, sebenarnya pada saat itu dia berpotensi dimatikan oleh Marvel agar orang lain bisa mengisi posisinya yang kurang disukai penggemar. Namun faktanya dia tetap eksis sampai sekarang sebagai Captain America yang akhirnya mulai mempunyai banyak penggemar.

Firebird

Dalam sejarah Avengers yang mungkin jarang diketahui, Bonita Juarez alias Firebird adalah anggota Earth’s Mightiest Hero yang sangat berjasa bagi tim. Dengan kekuatannya yang mampu berubah menjadi burung api serta memanipulasi energi fisik bahkan spiritual orang lain, Firebird terbukti pernah berhasil menyelamatkan Hank Pym dan Thor dari depresi mereka. Yang lebih menariknya lagi, dia juga sering dianggap abadi karena pernah diceritakan menjadi satu-satu Avengers yang tidak mati setelah meminum racun dari supervillain Collector.

Firestar

Angelica Jones alias Firestar merupakan salah satu mutant yang pernah diceritakan bergabung dengan Avengers untuk berbagai misi khusus. Kekuatan utamanya yang dapat memanipulasi energi panas membuat Firestar sering terlibat dalam banyak pertempuran berbahaya bersama Avengers, tetapi ajaibnya tidak pernah mati. Satu-satunya pengalaman near death experience yang pernah dialami Firestar adalah ketika dia didiagnosis menderita kanker yang sepertinya disebabkan oleh kekuatannya sendiri. Namun setelah mendapatkan dukungan dari keluarga dan sahabat untuk menjalani pengobatan, akhirnya Firestar bisa selamat dan sekarang tengah hidup bahagia bersama para mutant lain di Krakoa.

Justice

Dikenal sebagai suami Firestar, Justice adalah anggota Avengers lain yang tercatat tidak pernah diceritakan mati. Karakter bernama asli Vance Astrovik ini merupakan seorang mutant berkemampuan telekinesis yang memungkinkan pikirannya untuk membuat dirinya, orang lain, atau benda lain terbang dengan sangat tinggi. Dari mulai bergabung dengan Avengers bersama istrinya, sampai sekarang tidak pernah ada pertempuran besar yang membuatnya sampai kehilangan nyawa. Bahkan versi masa depannya yang bernama Major Victory, masih diceritakan eksis sebagai bagian dari tim superhero Guardians of the Galaxy.

Luke Cage

Meskipun tidak seterkenal Hulk dan Thor, tetapi Luke Cage juga dikenal sebagai salah satu anggota Avengers terkuat. Di mana dia gambarkan mempunyai kekuatan fisik yang luar biasa, serta kebal terhadap hampir semua serangan musuh. Menariknya selain kebal terhadap serangan, ternyata Avengers terkuat ini juga ‘kebal’ terhadap kematian karena Luke ternyata tidak pernah diceritakan mati dalam pertempuran. Pada suatu titik dia memang pernah diceritakan mengalami serangan jantung. Namun sampai dirinya pensiun dari Avengers karena menikah dan punya anak bersama superheroin Jessica Jones, tidak pernah ada satu pun upacara pemakaman yang diadakan untuk mengenangnya.

Living Lightning

Sebagai anggota West Coast Avengers, superhero Living Lightning yang mempunyai nama asli Miguel Santos ini pada kenyataannya tidak pernah mati sepanjang Marvel menceritakan eksistensinya. Sosoknya yang dikenal sangat kuat, di mana kemampuan supernya adalah memanipulasi sekaligus menjadi personifikasi listrik, membuat Living Lightning selalu lolos dari kematiannya. Pada salah satu pertempuran Avengers melawan Grandmaster, dia bahkan mampu bertahan sebagai orang terakhir yang berhasil memaksa entitas kosmik tersebut untuk menghapus semua ingatannya karena telah kalah taruhan.

Silverclaw

Sempat dikenal sebagai Beast Boy versi Marvel yang bisa berubah menjadi berbagai hewan berwarna perak, Silverclaw adalah superhero yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi anggota cadangan Avengers. Menariknya walaupun kemunculannya bersama Avengers cukup minor dan bisa saja dimatikan jika Marvel menginginkannya, ternyata karakter bernama asli Maria de Guadalupe Santiago ini tidak pernah mati. Terakhir kali terlihat memihak Captain America di peristiwa Civil War yang menewaskan banyak orang, Silverclaw terbukti mampu bertahan sampai akhir, walaupun dia sempat bertarung melawan superheroin sekelas Brie Larson yang pada saat itu memakai identitas Ms. Marvel.

Itulah tujuh anggota Avengers yang tidak pernah diceritakan mati karena berbagai alasan. Entah karena memang tidak terlalu populer sehingga jarang diceritakan, atau karena terlalu kuat sampai akhirnya sulit mati, para superhero ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa mereka mampu selamat dari banyak pertempuran yang umumnya menewaskan banyak anggota Avengers.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.