Mungkin sebagian besar Geeks sudah mengenal siapa Usopp dan juga Yasopp, namun seperti apa sebenarnya koneksi dari kedua karakter tersebut? Eiichiro Oda sudah banyak menghadirkan berbagai karakter dalam cerita One Piece. Sebagian besar dari mereka memang diperlihatkan memiliki koneksi, namun sebagian lainnya justru tidak diperlihatkan atau hanya sekedar muncul dalam sebuah referensi.

Salah satu contoh dari hal tersebut adalah Usopp dan juga Yasopp. Usopp diketahui memiliki kemiripan dengan sang protagonis utama yang sekaligus juga adalah kaptennya, Monkey D. Luffy. Mereka berdua diperlihatkan memiliki koneksi dengan salah satu Yonko, yaitu Shanks. Jika Luffy memiliki koneksi dengan sosok Shanks, maka Usopp memiliki koneksi dengan kru dari Shanks, Yasopp.

Asal-usul Yasopp

Lalu, siapa sebenarnya sosok Yasopp? Seperti halnya beberapa kru Shanks lain, Yasopp memang sangat jarang muncul dalam cerita. Dia baru muncul beberapa kali saja dan bisa dibilang hanya muncul dalam satu atau dua panel cerita. Yasopp sendiri merupakan seorang penduduk dari desa Syrupp, desa tempat asal dari Usopp. Dia menikahi seorang wanita bernama Bachina dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Usopp.

Usopp, seperti yang kita ketahui, kemudian tumbuh dan menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Yasopp sendiri diketahui selalu memiliki mimpi besar dalam hidupnya. Dia memiliki mimpi untuk menghabiskan sisa waktunya menjadi seorang bajak laut dan berkelana di lautan. Namun, pada saat itu, Yasopp tidak memiliki motivasi yang kuat untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Namun, yang menarik, sosok Shanks kemudian mendengar dan mengetahui reputasi dari Yasopp. Dia pun memintanya untuk bergabung dengan kru bajak laut Rambut Merah. Sang istri, Bachina, tidak menahan atau melarang keinginan suaminya tersebut. Justru, dia memintanya untuk pergi dan memenuhi mimpi besarnya tersebut. Di sisi lain, Bachina sengaja meminta hal tersebut karena dia tahu nyawanya tidak akan bertahan untuk waktu yang lama karena sakit yang dia derita.

Yasopp kemudian memutuskan untuk meninggalkan desanya dan bergabung dengan kru bajak laut Shanks dan menjadi penembak jitu di kelompok Rambut Merah. Dia bahkan sempat bertemu dengan Luffy di desa Foosha saat usianya masih kecil. Yang menarik adalah Yasopp sempat bercerita tentang anaknya, Usopp, kepada Luffy. Dia bahkan berharap Luffy bisa bertemu dengan anaknya pada masa depan yang mana hal tersebut akhirnya terjadi. Bahkan, Luffy sendiri memenuhi janjinya kepada Yasopp dengan mengajak Usopp jadi bagian dari krunya.

Hubungan Usopp Dengan Sang Ayah

Seperti apa koneksi Usopp dan Yasopp? Dengan keputusan Yasopp meninggalkan desanya, istrinya yang sedang sakit, bahkan meninggalkan sang anak demi mewujudkan mimpi besarnya sendiri memang bisa dikatakan bahwa dia sangat egois. Meskipun begitu, Yasopp bangga dan sayang terhadap anaknya, Usopp, apalagi ketika dia tahu jika anaknya berhasil membangun namanya sendiri sebagai seorang bajak laut.

Yasopp nampak bahagian dan senang ketika melihat nilai poster buruan dari Usopp pasca apa yang terjadi di Enies Lobby atau pasca peristiwa besar yang membuat nilai buruannya terus meningkat. Usopp sendiri nampak tidak pernah dendam dan merasa benci terhadap ayahnya yang sudah meninggal dia dan ibunya. Yang terjadi, justru Usopp ingin menjadi seperti ayahnya menjadi ahli penembak jitu dan bajak laut.

Sejauh ini, Oda Sensei memang sangat jarang memperlihatkan cerita hubungan antara Yasopp dan Usopp. Namun, dari apa yang dihadirkan dalam cerita kilas baliknya sosok Usopp memang tidak terlalu mengenal ayahnya meskipun dia tetap bangga. Dan bahkan, Usopp juga mewarisi kemampuan menembak jitu dari sang ayah. Menarik tentunya untuk melihat pertemuan kembali antara ayah dan anak ini.

Akankah Usopp dan Yasopp Betemu

Berbicara mengenai pertemuan kembali antara Usopp dan Yasopp, pertanyaannya kemudian apakah mereka berdua memiliki peluang untuk kembali bertemu. Untuk saat ini, memang masih belum diketahui pasti bagaimana keduanya akan saling bertemu. Di akhir arc Wano, sebenarnya Yasopp memiliki peluang untuk bertemu dengan sang anak. Namun, Shanks memutuskan untuk tidak bertemu dengan kru Luffy dan pergi.

Meskipun masih belum diketahui pasti kapan dan bagaimana Yasopp dan Usopp bertemu, tetapi keduanya dipastikan akan bertemu pada masa yang akan datang. Pasalnya, Luffy sendiri memiliki janji terhadap Shanks dan krunya bahwa mereka akan saling bertemu setelah bertambah kuat. Luffy juga berjanji akan mengembalikan topi jerami milik Shanks ketika mereka sudah saling bertambah kuat.

Mengingat alur cerita One Piece yang menurut Oda sudah memasuki fase terakhir, artinya hanya tinggal masalah waktu sebelum kedua kelompok bajak laut ini saling bertemu satu sama lain. Dan ketika hal ini terjadi, apakah pertemuan dari keduanya akan sesuai dengan yang diharapkan atau ada hal yang tidak terduga akan terjadi masih harus kita tunggu. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.