Eiichiro Oda meralat fakta sebenarnya dari kumis sosok sang raja bajak laut, Gol D. Roger, yang menjadi salah satu ciri khas yang ikonik dari karakternya. Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui oleh Geeks semua, salah satu hal yang menarik dan jadi daya tarik dari cerita One Piece adalah para karakter yang muncul dalam ceritanya.

Para karakter tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Misalnya sosok Luffy yang sangat konyol dengan tingkah lakunya, kemudian Sanji yang mesum, atau Nami yang begitu menyukai uang. Dan berbicara tentang karakter dalam cerita One Piece dan keunikannya, salah satu karakter yang juga tidak kalah unik adalah Gol D. Roger.

Sosok Roger dan Kumisnya

Rasanya semua fans One Piece sudah sangat mengenal siapa sosok Gol D Roger. Dia merupakan bajak laut pertama yang berhasil menuju Laugh Tale dalam 800 tahun terakhir. Berkat pencapaian luar biasa tersebut, Roger pun kemudian mendapatkan gelar sebagai “raja bajak laut.” Sosok Roger memiliki popularitas yang sangat luar biasa karena titelnya, dan menghadirkan pengaruh besar dalam dunia One Piece.

Di awal ceritanya, sebelum pihak angkatan laut mengeksekusi mati sosok Roger dia sempat mengatakan satu hal. Roger menyebutkan jika seluruh harta karun yang dia miliki ada di pulau terakhir, Laugh Tale. Dia juga menyebutkan jika One Piece memang benar-benar nyata dan tersimpan di pulau tersebut. Inilah kata-kata yang kemudian membangkitkan sebuah era baru bajak laut.

Banyak bajak laut muda atau orang-orang lainnya yang memutuskan untuk menjadi bajak laut demi menemukan One Piece. Berbicara mengenai sosok Roger, ada beberapa hal dari karakternya yang dianggap sebagai ciri khas. Pertama adalah level kekuatannya yang dahsyat. Sebagai seorang raja bajak laut tidak heran jika kemudian Roger memiliki kekuatan yang dahsyat.

Kekuatan hebat dari Roger bahkan diakui oleh banyak bajak laut hebat lainnya, misalnya Kaido, Whitebeard, Garp, dan sebagainya. Roger diketahui tidak mengonsumsi buah iblis dan hanya mengandalkan kekuatan fisik dan juga Haki. Dia juga sangat ahli dalam menggunakan pedang. Selain kemampuan di atas, yang juga jadi ciri khas dari sosok Roger adalah kumis yang ada di wajahnya.

Kumis dari Roger merupakan salah satu ciri khas dari karakternya yang bahkan sudah sangat ikonik. Roger merupakan salah satu karakter yang memiliki ciri khas dengan kumis selain beberapa karakter lainnya, seperti Zeff, Whitebeard, atau bahkan Kaido. Namun, terdapat sebuah fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui oleh para fans One Piece terkait dari kumis milik Roger tersebut.

Bukan Kumis

Meskipun kumis dari Roger tersebut sudah jadi salah satu ciri khas karakternya, ternyata pada faktanya, awalnya Oda menyebut bahwa itu bukan bukan merupakan kumis. Apa yang ada di wajah Roger tersebut pada awalnya merupakan bulu hidung. Inilah fakta yang diungkapkan oleh Eiichiro Oda tentang kumis Gol D. Roger dalam databook One Piece Green: Secret Pieces yang rilis pada 2010 kemarin.

Dalam databook tersebut Oda mengungkapkan berbagai fakta-fakta yang mungkin jarang fans ketahui. Seperti makna tato dari Ace dan juga fakta tentang kumis dari Gol D. Roger. Dalam databook tersebut, Oda Sensei menjelaskan jika pada awalnya rambut atau bulu yang ada wajah Roger bukanlah kumis. Menurut Oda, itu merupakan bulu hidung dari Roger yang memang digambarkan sangat lebat dan panjang.

Namun, Oda kemudian memberikan penjelasan bahwa dia kemudian mengubah fakta tersebut. Oda mengubah fakta bahwa itu adalah kumis dari Roger. Mengapa kemudian fakta kumis Roger ini berubah? Menurut Oda Sensei keputusannya untuk mengganti fakta informasi jika yang di wajah Roger tersebut bukan bulu hidung alias kumis adalah karena situasi terkait dari sosok Roger mulai serius.

Maksud Penyataan Oda

Lalu, apa maksud dari Oda Sensei terkait dengan pernyataannya tersebut? Sayangnya, Oda Sensei tidak memberikan penjelasan terkait hal ini dalam databook tersebut. Meskipun begitu, kita bisa menerka dari apa yang sudah Oda hadirkan dalam ceritanya hingga sejauh ini. Misalnya yang paling jelas adalah perubahan tone cerita dari One Piece. Ini mungkin adalah hal yang banyak dirasakan para fans.

Jika Geeks perhatikan, Eiichiro Oda sering menghadirkan unsur komedia atau hal-hal lucu dalam ceritanya. Oda banyak melakukan hal tersebut sejak awal cerita sampai timeskip terjadi. Pasca timeskip, Oda mulai jarang menghadirkan unsur komedi yang mana cukup banyak dikritik para fans. Dengan unsur komedi tersebut, awalnya Oda Sensei bisa jadi ingin menghadirkan lelucon dari sosok Roger melalui kumis tersebut.

Tetapi, seiring berjalannya cerita, tone cerita dan juga alur cerita yang dihadirkan oleh Oda perlahan mulai berubah menjadi lebih serius. Apalagi, kita mengetahui jika Roger adalah sosok yang berpengaruh di dunia bajak laut. Rasanya akan sangat kurang masuk akal jika kemudian Oda Sensei benar-benar menghadirkan ide konyol jika yang ada di wajah Roger bukanlah kumis melainkan bulu hidung.

Satu hal yang pasti adalah fakta tersebut akan mengurangi wibawa dari karakter Roger. Dan berkaitan dengan wibawa, ini juga bisa jadi alasan mengapa kemudian kumis menjadi salah satu hal yang penting dalam cerita One Piece. Kita bisa melihat bagaimana para karakter yang biasanya memiliii kumis yang khas memiliki aura kepemimpinan dan juga wibawa yang luar biasa.

Selain Roger, seperti disebutkan di atas, ada beberapa karakter yang memiliki kumis khas seperti Kaido, Whitebeard, Sengoku, Zeff, dan beberapa nama lain. Mereka adalah orang-orang yang dikenal sebagai sosok yang berwibawa dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Misalnya, Whitebeard yang tewas demi melindungi anak buahnya. Kemudian, Kaido menjadi pemimpin yang ditakuti.

Zeff sendiri jadi sosok panutan bagi Sanji dan yang lain berkat apa yang dia lakukan. Intinya, meskipun kumis mungkin nampak hanya sekedar hiasan di wajah dari sebuah karakter, tetapi kemungkinan Oda memberikan nilai lebih dari hal tersebut. Yaitu kumis bisa digambarkan sebagai sebuah kewibawaan, unsur kepimpinan, sesuatu yang memiliki nilai luar biasa, dan sebagainya. Dan inilah yang kemudian menjadi alasan Oda Sensei memutuskan untuk mengganti informasi tentang kumis dari Roger tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.