Sebagai sebuah waralaba multimedia yang eksis sejak tahun 1980-an, Transformers telah menghadirkan banyak sekali kisah dengan status canon yang beragam dan terus diperbarui seiring dengan berjalannya waktu. Hal inilah yang kemudian melahirkan banyak robot protagonis dan antagonis baru, baik di komik, serial animasi, ataupun film live action. Menariknya dari semua perubahan yang terjadi, ada satu hal yang tetap dipertahankan seperti materi aslinya, yaitu eksistensi Megatron di mana dia hanya berganti nama saja. Berikut ini nama lain Megatron yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya!

D-16

Saat pertama kali melihatnya di serial animasi Transformers Generation 1, mungkin banyak penggemar yang sempat mengira bahwa nama asli dari pemimpin Decepticon ini memang Megatron. Faktanya berdasarkan apa yang telah terungkap di komik War for Cybertron, ternyata sebelum menjadi pemimpin Decepticon, dia adalah seorang gladiator Cybertronian yang diberi nama sesuai sektornya yaitu D-16. Semuanya mulai berubah setelah Megatron menghabisi majikannya sendiri karena sering disuruh mengalah, pada titik inilah dia membuang nama lamanya dan entah mengapa ingatannya saat masih menjadi gladiator perlahan-lahan ikut menghilang.

Megatronus

Setelah membuang masa lalunya sebagai D-16, Megatron yang merasa ditakdirkan untuk menjadi pemimpin Decepticon lantas mengganti identitasnya dengan nama panutan hidupnya yang tidak lain adalah Megatronus. Bagi yang belum tahu, Megatronus sendiri awalnya adalah anggota tiga belas Cybertronian pertama yang dikenal sebagai Thirteen Prime. Mirisnya meskipun diperintahkan oleh Primus untuk melindungi Cyberton dari Unicron, Megatronus justru malah berkhianat kepada dua belas saudaranya dan menjadi Decepticon pertama bernama Megatronus. Dialah yang akhirnya menjadi sumber inspirasi Megatron, dari mulai nama sampai cara pandang keliru yang ingin menguasai segalanya.

Galvatron

Dari semua nama lain Megatron, mungkin kalian paling sering mendengar dia dipanggil dengan sebutan Galvatron. Sejak Generation 1 sampai versi live actionnya di film Transformers: Age of Extinction, ketika Megatron mati dia selalu bangkit kembali dengan identitas Galvatron bagaimanapun caranya. Sebagian besar kisah pergantian identitasnya menjadi Galvatron disebabkan oleh campur tangan Unicron yang ingin mengendalikan pemimpin Decepticon ini dengan menghapus ingatan lamanya. Namun, pada akhirnya dia selalu kembali tersadar bahwa sejatinya Megatron tidak pernah tunduk kepada siapa pun.

Gigatron

Setelah waralabanya cukup bosan dengan nama Megatron dan Galvatron, kemunculannya di Robots in Disguise dibarengi dengan perkenalan identitas barunya yaitu Gigatron. Di serial animasi ini dia sudah bukan lagi pemimpin Decepticon, melainkan kelompok robot antagonis lain yang disebut Predacon. Keunggulan Megatron saat menjadi Gigatron adalah kemampuan langkanya yang bisa berubah menjadi enam bentuk alternatif alias Six Changer. Alih-alih menjadi menjadi mobil, perubahan alternatifnya adalah naga berkepala dua, pesawat ruang angkasa, senjata tempur bagi Predacon lain, dan bentuk lainnya yang terbilang abstrak.

Gnashteeth

Tidak banyak penggemar yang tahu bahwa pada tahun 2021 lalu komik Beast Wars dari IDW telah mengungkap bahwa nama awal Megatron saat pertama kali bertransformasi menjadi robot Transmetal adalah Gnashteeth. Sebelum sadar dengan jati dirinya sebagai seorang Megatron, nama ini sempat dia gunakan untuk waktu yang lama pada era awal Beast Wars. Nama ini mungkin sengaja diciptakan oleh IDW Comics karena untuk waktu yang cukup lama Beast Megatron mempunyai nama yang selalu sama. Di sisi lain para anak buahnya di Predacon juga ternyata memang lebih suka memanggil bosnya Megatron.

Itulah lima nama lain Megatron saat dia berkali-kali diceritakan bangkit dari kematian dan mendapatkan banyak pembaruan pada tubuhnya. Menariknya hal yang sama juga sebenarnya bisa diadaptasi juga ke film live action Transformers: Rise of the Beasts yang akan tayang pada 9 Juni nanti. Paramount memang belum mengonfirmasi kemunculan Megatron di filmnya, tetapi dengan status Predacon yang eksis di semesta reboot Rise of the Beasts, hal tersebut dapat menjadi jalan kembali bagi Megatron, entah itu sebagai Gnashteeth, Gigatron, atau identitas lainnya. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.