Dengan adanya konsep varian dan multiverse di semesta komik Marvel, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap eksistensi dari banyak versi Spider-Man dengan origin dan kekuatan yang berbeda-beda. Sebagian dari mereka bahkan dikenal lebih hebat dari yang lainnya, baik dari tingkat kemampuan maupun jenis kekuatan yang setara dengan entitas kosmik Marvel. Mulai dari versi Spidey yang mendapatkan kekuatan luar biasa secara permanen, sampai varian lainnya yang sempat menjadi Mahakuasa walaupun hanya sekejap, berikut ini lima Spider-Man yang pernah mempunyai kekuatan kosmik di Marvel Universe!

Cosmic Spider-Man

Cosmic Spider-Man adalah varian Peter Parker yang eksis di semesta alternatif, di mana dia sebenarnya mempunyai kisah origin yang kurang lebih sama seperti Peter Parker utama. Semuanya mulai berubah saat Peter menghadapi supervillain Tri Sentinel dan tiba-tiba berubah menjadi Captain Universe di semestanya. Status barunya ini membuat Peter lebih dikenal sebagai Cosmic Spider-Man yang bisa mengakses kekuatan kosmik Enigma Force. Adapun kelebihan dari kekuatan barunya ini membuat Spider-Man bisa terbang, meningkatkan kekuatan super, mempunyai pengelihatan super, memanipulasi materi dan juga energi.

Spider Zombie

Varian Spider-Man selanjutnya yang pernah diceritakan mempunyai kekuatan kosmik adalah Spider-Zombie di Zombieverse. Selain dikenal sebagai zombie super yang sangat mematikan karena masih mempunyai semua kemampuan Spider-Man, Peter Parker versi zombie ini juga pada akhirnya berhasil mendapatkan kekuatan Herald of Galactus setelah memakan Silver Surfer bersama superhero lain. Hasilnya, Spidey yang satu ini terbukti mampu melakukan perjalanan waktu, menembakkan ledakan energi, teleportasi, dan lain sebagainya. Kabar baiknya dia jarang menggunakan kekuatan barunya, sehingga hampir tidak pernah diceritakan menjadi ancaman bagi semesta lain.

Superior Spider-Man

Dari semua varian Spidey yang ada di daftar ini mungkin Superior Spider-Man adalah yang paling jarang diketahui pernah mendapatkan kekuatan kosmik. Sebagai Otto Octavius alias Doc Ock yang diceritakan mengambil alih tubuh Peter Parker, dia ternyata ternyata pernah mendapatkan kekuatan luar biasa saat menghadapi villain kosmik Terrax the Tamer dan berhasil menyerap kekuatannya. Kekuatan sementaranya ini memungkinkan Superior Spider-Man untuk meningkatkan kekuatan fisiknya sampai ke tingkat Cosmic Level Threat, serta membuatnya bisa terbang dan memanipulasi energi. Sayangnya saat Terrax mati, kekuatan Superior Spider-Man akhirnya kembali seperti sediakala.

Peter Parker

Selain para varian Spidey ternyata Peter Parker alias Spider-Man utama juga pernah mempunyai kekuatan kosmik di kisah pertama Secret Wars. Sebagai pengingat, secara garis besar peristiwa ini menceritakan kedatangan entitas Mahakuasa Beyonder yang tiba-tiba tertarik untuk mengadu para superhero dan supervillain di sebuah planet ciptaannya yang disebut Battleworld. Pada suatu titik Spider-Man berhasil mendapatkan kekuatan Beyonder untuk sementara waktu. Meskipun hanya sebentar, tetapi pada saat itu Spider-Man sempat merasakan bagaimana jadinya menjadi sosok yang Mahakuasa dan Mahatahu.

Miles Morales

Terakhir, hal yang menimpa Peter Parker ternyata pernah dialami juga oleh Miles Morales, di mana dia pernah mendapatkan kekuatan kosmik Enigma Force saat menghadapi pemimpin Inheritors yang bernama Solus di peristiwa Spider-Geddon. Semuanya bisa terjadi setelah Enigma Force sendiri melihat perjuangan para Spider-Army yang berusaha melindungi multiverse, sehingga dia menjadikan Miles sebagai Captain Universe untuk sementara waktu. Sama seperti Cosmic Spider-Man, kekuatan baru Miles ini memungkinkan dia untuk terbang, memanipulasi energi, dan materi. Bedanya Miles bisa menggabungkannya dengan kekuatan khasnya yang disebut Venom Strike.

Itulah lima Spider-Man yang diceritakan mempunyai kekuatan kosmik di Marvel Universe. Meskipun beberapa di antara mereka hanya mendapatkan kekuatan kosmik untuk sementara waktu, tetapi setidaknya para varian tersebut sudah pernah merasakan menjadi entitas kosmik yang kekuatannya di luar nalar. Untungnya, selain Spider-Zombie yang jarang menggunakan kekuatannya, para varian ini menggunakan anugerah langka tersebut untuk tujuan baik sebagai superhero. Dari semua Spider-Man kosmik ini mana kira-kira yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.