Selama lebih dari 80 tahun berdiri, Marvel telah memperkenalkan banyak sekali superhero dan supervillain di semesta komiknya. Banyaknya karakter yang ada di Marvel Universe sendiri pada akhirnya sedikit menyulitkan Marvel Comics untuk menjelaskan secara detail asal-usul mereka. Untungnya, ada sesosok entitas kosmik bernama Origin yang mengklaim bahwa dia adalah pencipta dari banyak superhero Marvel yang kisahnya belum lengkap. Mengingat Origin sendiri adalah bahasa inggris dari ‘asal-usul’, cukup masuk akal jika dia bisa melakukan itu semua. Seperti apa kisahnya, mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Ciptakan Superhero Dari Balik layar 

Pertama kali diperkenalkan di komik Quasar #18 (1990), Origin digambarkan sebagai entitas kosmik Marvel yang mempunyai musuh abadi bernama Unbeing. Jika tugas Origin adalah menciptakan asal-usul dari banyak superhero, Unbeing justru ingin membalik semua hal baik yang telah dilakukannya. Suatu hari ketika Unbeing berhasil menyamar sebagai seorang anak kecil dan mengaku sebagai Origin, dia sengaja menyuruh superhero Quasar untuk membunuh orang tua yang dituduh sebagai Unbeing. Faktanya orang tua yang terbaring lemah tersebut adalah perwujudan Origin yang sebenarnya.

Ribuan tahun lalu Origin memang diceritakan sengaja mengambil bentuk manusia agar lebih mudah menciptakan banyak superhero. Itulah mengapa ketika Quasar yang mempunyai nama asli Wendell Vaughn eksis, Origin sudah mempunyai tubuh manusia yang sangat tua dan rapuh. Quasar yang menyadari hal tersebut lantas memutuskan untuk menghabisi Unbeing yang menyamar sebagai anak kecil, sehingga pada akhirnya wujud manusia Origin bisa meninggal karena usia tua dan terlahir kembali sebagai entitas kosmik.

Melihat betapa eratnya kisah Origin dengan Quasar, kemungkinan besar dia lah yang telah menciptakan Quasar dari ‘balik layar’. Maksud dari balik layar di sini, Origin bukan merupakan entitas yang menciptakan langsung karakternya, melainkan yang mengarahkan seseorang untuk mendapatkan kekuatan super atau hal-hal lain yang dapat melahirkan superhero baru di Marvel Universe. Untuk kasus Quasar sendiri, mungkin berkat Origin akhirnya Wendell mempunyai ketertarikan pada Quantum Band dan akhirnya menjadi superhero kosmik Marvel seperti yang dikenal oleh banyak penggemar.

Mampu Mengubah Realitas

Meskipun Origin terlihat sangat lemah saat pertama kali bertemu dengan Quasar, pada kenyataannya dia adalah entitas Marvel yang kekuatan kosmiknya sangat luar biasa. Di mana kemampuan supernya mampu menentang hukum fisika dan memungkinkan dia untuk mengubah realitas tanpa khawatir akan melahirkan timeline bercabang. Namun, karena dia sering mengambil bentuk manusia agar bisa menciptakan banyak superhero Bumi secara lebih efektif, pada akhirnya dia terjebak dalam tubuh fananya tersebut dan hanya bisa menunggu kematiannya jika ingin terlahir kembali sebagai entitas kosmik.

Untungnya kelemahan dari perwujudan fisiknya tersebut diimbangi juga dengan keabadian, yang membuat Origin tidak akan pernah bisa benar-benar mati. Karena ketika dia mati, Origin akan terlahir kembali dengan wujud baru. Namun jeda antara kematian dan kebangkitannya sendiri tergantung dari bagaimana Origin mati. Jika dia mati karena dibunuh, maka kebangkitannya akan lebih lama tergantung dari sebesar apa kekuatan yang telah membunuhnya. Kabar baiknya, jika Origin mati karena usia tua, maka dia akan langsung bangkit di suatu tempat dengan perwujudan baru.

Jasa-Jasa Origin di Marvel Universe

Selain fakta-fakta yang terungkap di komik Quasar, ada banyak kisah off-screen lain yang membuktikan bahwa Origin adalah pencipta dari banyak superhero Marvel. Misalnya fakta bahwa dia adalah sosok yang bertanggung jawab dalam menggiring badai kosmik agar mengenai para anggota Fantastic Four sehingga mereka mendapatkan kekuatan super. Dia bahkan dengan sengaja masuk ke dalam pikiran Reed Richards, Sue Strom, Johnny Storm, dan Ben Grimm untuk memberi inspirasi terkait nama dan kostum superhero Fantastic Four.

Di kisah lainnya dia juga mengaku telah diam-diam menunjukkan jalan kepada Thor dan Asgardian lain sehingga mereka bisa tiba di Bumi. Origin juga bertanggung jawab dalam mengatur kemampuan super para mutan sejak mereka masih berada di dalam kandungan. Lebih lanjut lagi, Origin juga sengaja menanamkan lokasi Bumi ke dalam pikiran para alien termasuk Silver Surfer, Skrull, dan bahkan Galactus, sehingga mereka bisa tiba di Bumi untuk kebaikan para manusia itu sendiri.

Itulah pembahasan tentang entitas kosmik Origin yang diam-diam telah menciptakan banyak superhero Marvel dengan kisah asal-usulnya masing-masing. Meskipun di Marvel Universe sendiri ada banyak sekali entitas kosmik, bahkan mungkin yang jauh lebih hebat dari Origin, tetapi hanya dia yang telah dikonfirmasi sebagai pencipta dari banyak superhero yang kisahnya belum lengkap, seperti X-Men dan superhero tangguh lainnya. Jika tidak ada dia, mungkin Thor tidak akan menjadi pendiri Avengers, dan para hero Bumi tidak akan pernah tahu bahwa ada sosok mengancam seperti Galactus di ruang angkasa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.