Edo Tensei merupakan salah satu Jutsu yang populer dan sangat berbahaya di universe Naruto, namun apa yang kemudian jadi alasan Jutsu tersebut diciptakan? Dalam dunia shinobi di franchise Naruto, ada banyak Jutsu yang sudah diperkenalkan oleh Masashi Kishimoto dalam ceritanya. Contoh yang paling nyata adalah Rasengan yang sering digunakan oleh Uzumaki Naruto.

Selain Rasengan, ada juga berbagai Jutsu dahsyat lain seperti Kagebunshin, Chidori, berbagai pengembangan teknik Rasengan, Kamui, dan masih banyak lainnya. Namun, dari sekian banyak Jutsu yang ada terdapat satu Jutsu yang cukup banyak menarik perhatian para fans yaitu Edo Tensei. Apa yang kemudian membuat Jutsu ini menarik? Dan apa alasan Edo Tensei diciptakan?

Jurus Terlarang Konoha

Menjadi salah satu bapak pendiri desa Konoha di franchise Naruto, Tobirama Senju memang sangat jarang mendapatkan apresiasi bagaimana dia membangun desa tersebut dari awal. Tobirama lebih dikenal sebagai shinobi dan Kage yang lebih mengedepankan stabilitas politik desa dan bekerja keras untuk membuat Konoha menjadi sebuah negara terkuat di dunia shinobi.

Meskipun begitu, salah satu hal yang juga dilakukan oleh Tobirama adalah menciptakan berbagai teknik ninja atau Jutsu yang sangat dahsyat. Bahkan, Tobirama dikenal sebagai salah satu shinobi yang dihormati oleh banyak pihak karena berhasil menciptakan berbagai Jutsu. Edo Tensei adalah salah satu teknik dahsyat yang berhasil Tobirama ciptakan. Lalu, apa sebenarnya Edo Tensei?

Edo Tensei adalah sebuah teknik atau Jutsu di mana seseorang – dengan persyaratan yang ada – bisa membangkitkan orang-orang yang sudah tewas. Ketika ada sosok yang dibangkitkan dengan Edo Tensei, bisa dipastikan dia akan menjadi abadi dan sulit mati karena tubuhnya mampu meregenerasi meskipun sudah hancur. Satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka yang diaktifkan dengan cara Edo Tensei adalah dengan menyegelnya.

Edo Tensei masuk dalam kategori Jutsu yang dilarang. Mengapa? Karena, Jutsu ini benar-benar mengerikan dan bisa membuat seluruh dunia hancur dan kacau jika jatuh atau digunakan oleh orang yang salah. Selain itu, teknik ini dianggap tidak etis dan tidak menghargai makhluk hidup lain. Karena termasuk dalam kategori Jutsu terlarang mereka yang mencoba mempelajari teknik ini atau mencari tahu tentang tekniknya akan merasakan hukuman.

Untuk menggunakan teknik Edo Tensei, penggunanya perlu tubuh makhluk hidup untuk dikorbankan. Inilah yang kemudian jadi alasan utama mengapa Tobirama kemudian memutuskan untuk tidak lagi menggunakan teknik ini dan bahkan melabelinya sebagai teknik terlarang. Meskipun dia adalah penciptanya, Tobirama tidak pernah berhasil mengusai teknik ini. Bahkan, dia hanya mampu mengendalikan mayat hidup dalam jumlah yang kecil.

Alasan Edo Tensei Diciptakan

Apa yang kemudian jadi alasan Tobirama Senju menciptakan Edo Tensei? Pada awalnya, Tobirama menciptakan Edo Tensei dengan tujuan agar Konoha memiliki keuntungan ketika harus berhadapan dengan musuh dalam jumlah yang besar. Strateginya adalah mengembalikan jiwa-jiwa yang sudah tewas untuk kemudian menghuni tubuh-tubuh yang sudah disiapkan.

Setelah itu, Tobirama akan mengkombinasikannya dengan berbagai ciptaanya yang lain yang tidak kalah dahsyat yaitu menempelkan segel peledak di tubuhnya. Tobirama sengaja menggunakan tubuh dari para mayat hidup tersebut untuk meminimalisir jumlah korban dari pihak Konoha. Dengan begitu, Tobirama dan Konoha bisa memilki pasukan yang abadi karena mereka tidak perlu khawatir terkait mayat-mayat tersebut.

Pada saat era Tobirama, dia sering kali menggunakan teknik ini untuk menghancurkan lawan-lawannya. Meskipun tidak pernah diperlihatkan dalam ceritanya, namun dari dialog yang dihadirkan menunjukkan bahwa Edo Tensei adalah salah satu teknik terkuat yang digunakan Tobirama pada era peperangan. Salah satu bukti lainnya bahwa Tobirama sangat sering menggunakan teknik Edo Tensei adalah ketika Mu dibangkitkan kembali dengan Edo Tensei.

Dia memanggil Raikage Ketiga, Mizukage Kedua, dan Kazekage Keempat. Mu mengatakan bahwa dia mengenali Jutsu tersebut sebagai Jutsu Hokage Kedua, namun dia tidak bisa merasakan keberadaanya. Artinya, Mu dari dewa Iwagakure pernah bertarung melawan pasukan Edo Tensei milik Tobirama. Dalam percakapan Ginkaku dan Kinkaku bersama Darui, keduanya pun mengaku pernah berhadapan dengan pasukan Edo Tensei Tobirama. Hanya saja saat itu Ginkaku dan Kinkaku berhasil menang melawan pasukan Edo Tensei tersebut, dan akhirnya berhasil membunuh Tobirama.

Penyebab Perang Dunia Shinobi

Sudah diketahui dengan jelas seberapa dahsyat Edo Tensei dalam pertempuran para shinobi. Selain itu, kita sudah tahu seberapa dahsyat Jutsu ini dan ancaman yang muncul jika jatuh ke tangan orang yang salah. Kekhawatiran dari Tobirama ini pada akhirnya terbukti, seperti yang diperlihatkan di sepanjang series Naruto. Diketahui beberapa orang pernah menggunakan teknik ini.

Salah satu contohnya adalah Orochimaru. Dia pernah menggunakan teknik ini untuk menyerang desanya sendiri dalam arc Konoha Crush. Saat itu, Orochimaru diperlihatkan bertarung melawan Hiruzen Sarutobi. Orochimaru diperlihatkan berhasil menyempurnakan teknik tersebut. Contohnya dia mengganti segel peledak di tubuh mayat tersebut dengan segel khusus yang sudah dia ciptakan, di mana dia bisa mengendalikan tubuh mayat tersebut.

Meskipun Orochi berhasil menyempurnakan tekniknya, sejauh ini hanya Kabuto yang diketahui benar-benar berhasil menyempurnakan dan bahkan menguasai penuh teknik Edo Tensei. Bagaimana Kabuto mampu menguasai penuh dan menyempurnakan teknik Edo Tensei benar-benar mengejutkan semua aliansi shinobi. Bahkan, Tobirama pun tidak percaya dengan apa yang Kabuto lakukan di mana dia berhasil menyempurnakan seluruh potensi Jutsunya.

Kabuto diperlihatkan berhasil melampaui berbagai keberhasilan sebelumnya, di mana dia mampu mengendalikan hampir seluruh tubuh mayat yang dia bangkitkan secara bersamaan. Jika Orochimaru menghilangkan kehendak bebas (free will) dalam tubuh mayat yang dia bangkitkan, hal sebaliknya justru dilakukan oleh Kabuto. Dia sengaja mempertahankan kepribadian dari tubuh yang dia bangkitkan demi menghadirkan efek psikologis terhadap mereka yang menghadapi mayat tersebut.

Kabuto bahkan memodifikasi mayat dari Madara Uchiha dengan membuat tubuhnya kembali muda saat dia berada di puncak kejayaanya. Selain itu, Kabuto juga memberikan Rinnegan kepada Madara serta kemampuan Wood Release. Kabuto dan teknik Edo Tensei ini mernjadi salah satu penyebab perang dunia shinobi keempat di mana kebangkitan Madara Uchiha inilah yang membuat seluruh bangsa shinobi bersatu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.