Sosok Jaguar D. Saul kemungkinan akan memberikan informasi rahasia mengenai cara pergi ke Laugh Tale kepada sosok Eustass Kid. Bisa juga Saul membeberkan petunjuk tentang berbagai hal masa lalu yang bisa jadi modal Kid dan kelompok bajak lautnya untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Hampir semua karakter yang Eiichiro Oda gunakan di One Piece kembali muncul untuk kelanjutan ceritanya.

Oda diketahui memiliki momen tersendiri untuk memperkenalkan karakter dalam ceritanya. Biasanya, Oda akan menunggu waktu yang tepat di sebuah arc atau cerita. Bisa juga dia belum akan menghadirkan sebuah karakter jika tidak terlalu memiliki peran signifikan terhadap ceritanya. Salah satu karakter yang memiliki peranan signifikan dalam cerita adalah Jaguar D. Saul.

Saul Masih Hidup

Jaguar D. Saul sebenarnya bukan nama yang baru di cerita One Piece. Dia adalah mantan wakil admiral angkatan laut yang memutuskan untuk berhenti setelah menyadari betapa mengerikan dan busuknya mereka. Saul adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang menganut pemahaman keadilan berbeda dengan mayoritas angkatan laut. Jika yan lain menganut Absolute Justice, maka Saul menganut Humane Justice.

Saul membenci kekerasan, karena itu dia memutuskan untuk kabur dan berakhir di Ohara. Di sana, dia kemudian ditemukan oleh Nico Robin dan menjadi salah satu penduduk serta pelindung Ohara. Sayangnya, Saul sempat diperlihatkan tewas dalam peristiwa Buster Call ke pulau tersebut. Hal ini terjadi setelah penduduk Ohara dianggap melanggar larangan untuk tidak meneliti Poneglyph.

Aokiji yang kemudian membekukan Saul pada saat itu, yang mana membuat banyak asumsi bermunculan jika Saul mungkin sudah tewas. Meskipun begitu, fakta kemudian terungkap di chapter 1067 di mana ternyata Saul sebenarnya masih hidup. Dalam kilas balik Vegapunk diketahui jika Saul berhasil selamat dari serangan Aokiji meskipun harus mengalami luka bakar.

Diketahui, jika Saul kemudian bersembunyi di Elbaf. Dia bahkan memberikan perintah kepada raksasa lain untuk mengambil berbagai buku yang ada di Ohara. Dan hal ini pun menjadikan Elbaf menjadi perpustakaan dunia kedua setelah Ohara. Saat ini, Saul sendiri masih belum dihadirkan kembali. Namun, bisa jadi dalam waktu dekat Oda Sensei akan menghadirkannya lagi.

Saul Ungkap Rahasia Laugh Tale

Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Saul mungkin akan memberi tahu atau ungkap rahasia dari pulau Laugh Tale. Siapa yang kemudian akan dia beri informasi tentang Laugh Tale? Teorinya menjelaskan jika Eustass Kid yang mungkin akan mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang Geeks ketahui, pasca arc Wano ketiga kapten Worst Generation – Luffy, Law, dan Kid – berpisah ke tiga arah berbeda.

Luffy sendiri tiba di pulau Egghead, Law kemudian pergi ke pulau Winner, dan Kid tiba di pulau Elbaf. Hal ini jadi kejutan besar, mengingat sebelumnya banyak spekulasi di kalangan fans yang menyebutkan jika kru Topi Jerami yang justru akan pergi ke sana. Yang menarik adalah upaya Kid untuk berlabuh di pulau Elbaf sepertinya tidak akan mudah. Hal ini karena mereka harus berhadapan dengan armada kelompok bajak laut Rambut Merah.

Terlepas dari peluang kemenangan dari pertempuran kedua kelompok bajak laut ini, bisa jadi pada akhirnya Kid akan berhasil berlabuh di pulau Elbaf. Dan setelah hal itu terjadi, mereka mungkin akan mencari sosok Saul. Mengapa kemudian mereka mencari Saul? Di akhir arc Wano, Killer sempat memberikan informasi bahwa sangat penting untuk mencari “orang dengan bekas luka bakar.”

Sosok tersebut dianggap tahu tentang apa yang terjadi pada masa lalu, termasuk informasi bagaimana pergi ke Laugh Tale. Sempat terjadi kebingungan di kalangan fans tentang siapa sosok yang Killer maksud, sampai kemudian informasi mengenai Saul muncul. Kid tentunya akan mencari keberadaan Saul di pulau tersebut dan meminta informasi mengenai Laugh Tale atau petunjuk menuju ke sana.

Kid mungkin akan meminta informasi tersebut secara paksa atau mungkin juga dengan cara diplomasi, mengingat dia tahu jika Elbaf adalah pulau bagi para suku raksasa. Artinya, nyawa mereka bisa saja terancam. Yang pasti, peluang Kid untuk bisa mendapatkan informasi tentang Laugh Tale cukup besar setelah tiba di Elbaf dan bertemy dengan sosok Saul.

Kid Tiba Lebih Dahulu

Kita memang masih belum tahu apa yang akan terjadi, baik kepada Kid atau pun kepada Saul. Kita juga masih belum tahu apakah Saul akan membeberkan rahasia besar Laugh Tale tersebut. Namun, yang pasti, Kid dan kelompoknya akan memiliki keuntungan besar dibandingkan dua rivalnya dalam perlombaan menuju Laugh Tale jika memang Saul benar-benar mengungkapkan rahasia menuju Laugh Tale.

Keuntungan besar yang bisa diraih adalah Kid dan kelompoknya bisa tiba lebih dahulu di pulau Laugh Tale. Posisi dua mungkin akan ditempati oleh kru Topi Jerami. Mereka saat ini sedang berada di pulau Egghead. Namun, tentunya akan sangat disayangkan jika kemudian momen pertemuan ulang yang emosional antara Robin dan Saul dilewatkan begitu saja.

Seperti halnya terhadap sosok Kid, Saul juga akan menjadi bantuan luar biasa bagi kelompok Topi Jerami menuju Laugh Tale. Informasi yang dia berikan akan sangat berguna, terutama bagi Luffy. Dan pada akhirnya, Luffy dan kru Topi Jerami tiba di pulau Laugh Tale di mana mungkin pertarungan antara Kid dan Luffy demi memperebutkan takhta raja bajak laut akan terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.