Sosok Kuzan alias Aokiji kemungkinan memiliki koneksi yang mendalam dengan pulau Ohara seperti yang diperlihatkan dalam chapter terbaru manga One Piece. Terdapat beberapa kemungkinan yang muncul antara Aokiji dan Ohara, di mana salah satunya kemungkinan jika Aokiji berasal dari pulau tersebut. Kuzan alias Aokiji merupakan admiral pertama yang diperkenalkan dalam cerita One Piece.

Namun, Aokiji kemudian memutuskan untuk mundur dari jabatannya setelah dia mengetahui jika rekannya, Akainu, yang menjadi pemimpin baru angkatan laut. Aokiji sendiri merupakan karakter yang menarik, di mana dia adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang menganut pemahaman keadilan atau Justice yang berbeda. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Aokiji bisa jadi memiliki koneksi mendalam dengan Ohara.

Peristiwa Besar Ohara

Sekitar 20 tahun yang lalu, pulau Ohara menjadi target penyerangan angkatan laut. Hal ini karena mereka mencoba untuk meneliti tentang apa yang terjadi pada masa lalu, dengan cara menerjemahkan Poneglyph. Ini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh World Government. Karena itulah, mereka kemudian memutuskan untuk mengaktifkan Buster Call ke pulau Ohara.

Dari sekian banyak angkatan laut yang dikirim ke sana, Aokiji adalah salah satunya. Saat itu, pangkat Aokiji masih kapten atau di bawah admiral. Terdapat beberapa momen menarik yang muncul saat penyerangan terjadi. Pertama, Aokiji nampak ragu untuk menjalankan perintah penghancuran Ohara. Dia bahkan benar-benar terkejut ketika Akainu menghabisi seluruh cendikiawan yang berusaha menyelamatkan diri.

Aokiji juga nampak ragu untuk menyerang Jaguar D. Saul yang saat itu berusaha untuk melindungi Nico Robin dan juga tentunya Ohara. Banyak fans yang kemudian penasaran mengapa Aokiji begitu ragu dan seolah keberatan dengan apa yang terjadi. Apakah hal ini ada kaitannya dengan Justice yang dia anut? Bisa jadi. Namun, kemungkinan, ada hal lain yang membuat Aokiji ragu untuk melakukan semua itu dan sedih dengan apa yang terjadi dengan Ohara.

Koneksi Aokiji dan Ohara

Kemungkinan lain tersebut adalah Aokiji bisa jadi memiliki koneksi yang mendalam dengan pulau Ohara. Hal ini diketahui dari manga One Piece chapter 1077. Dalam chapter tersebut, Sentoumaru menjelaskan tentang peristiwa Ohara terhadap para pekerja di pulau Egghead. Dan dia meminta mereka untuk pergi karena kemungkinan akan ada yang jauh lebih buruk dari peristiwa Ohara terjadi di pulau Egghead.

Yang menarik adalah dalam panel tersebut terdapat sebuah gambar kilas balik dari para sosok penting di Ohara. Contohnya adalah Profesor Clover, Nico Olivia, Nico Robin, Jaguar D. Saul, dan ternyata ada sosok Aokiji di sana. Mungkin, inilah alasan mengapa kemudian Aokiji bisa mengenal jauh sosok Jaguar D. Saul dan begitu menghormatinya. Dengan kata lain, selain mengenalnya saat di angkatan laut Aokiji juga mengenalnya di Ohara.

Ini juga mungkin alasan mengapa Aokiji begitu peduli terhadap Nico Robin. Selain karena permintaan Saul, Aokiji juga sebenarnya mengenal dekat sosok Robin. Selain memiliki koneksi yang dekat dengan Ohara, bukan mustahil juga jika Aokiji berasal dari pulau tersebut. Menurut informasi yang dihadirkan oleh Oda, memang Aokiji diketahui berasal dari South Blue.

Namun, bisa jadi pada suatu masa Aokiji pindah atau pergi ke Ohara. Apa yang terjadi dengan Aokiji sebenarnya terjadi juga dengan karakter lain, misalnya Sanji yang berasal dari Germa yang kemudian pergi ke East Blue. Intinya, Aokiji memang memiliki koneksi mendalam dengan pulau Ohara yang menjawab berbagai pertanyaan yang muncul di kalangan fans.

Aokiji Balas Dendam World Government

Melihat apa yang terjadi dengan pulau Ohara, kemungkinan Aokiji akan berusaha untuk balas dendam terhadap World Government. Hal ini tentunya akan sama seperti yang dilakukan oleh Monkey D. Dragon yang membentuk Pasukan Revolusi. Dragon sengaja membentuk kelompok itu dengan tujuan menghancurkan World Government setelah mengetahui apa yang mereka lakukan terhadap Ohara.

Bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard bisa jadi adalah cara balas dendam Aokiji untuk membalas dendam terhadap World Government. Blackbeard diketahui memiliki rencana untuk menghancurkan pihak angkatan laut dan World Governmenment, yang mana hal tersebut sejalan dengan keinginan dari Aokiji. Dan dengan bergabung dengan kelompok Blackbeard serta menghancurkan angkatan laut, artinya Aokiji bisa membalas dendam atas apa yang terjadi di Ohara.

Alasan lainnya mengapa Aokiji kemudian bergabung dengan kelompok Blackbeard adalah karena Blackbeard bisa menjadi salah satu sumber informasi yang berharga. Aokiji mungkin bisa memberikan informasi yang dia ketahui tentang Blackbeard kepada Robin atau Luffy pada kemudian hari. Aokiji mungkin akan jadi salah satu pihak yang membantu Pasukan Revolusi atau aliansi Luffy untuk menghancurkan World Government. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan selanjutnya dari Aokiji dalam cerita One Piece yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.