Dari sekian banyak nama bajak laut yang muncul dalam cerita One Piece terdapat beberapa diantara mereka yang ternyata adalah keturunan bangsawan. Para bajak laut merupakan orang-orang yang biasanya berasal dari kalangan biasa atau rakyat biasa. Mereka memutuskan untuk menjadi bajak laut karena berusaha untuk mewujudkan mimpi mereka atau bahkan merubah nasib.

Kebanyakan keluarga kerajaan berusaha untuk menghindari aktifitas kriminal, seperti menjadi bajak laut. Hal ini demi menjaga reputasi mereka. Namun, yang menarik adalah ada beberapa nama bajak laut dalam cerita One Piece yang ternyata merupakan keturunan bangsawan atau berasal dari keluarga kerajaan. Mereka memutuskan untuk memiliki jalan berbeda dari yang lain. Lalu, siapa saja mereka?

Nefertari Vivi

Nefertari Vivi merupakan putri dari penguasa wilayah Alabasta, Nefertari Cobra. Vivi merupakan salah satu karakter utama dalam arc Alabasta, di mana dia diperlihatkan terlibat petualangan dengan kelompok Topi Jerami untuk mengalahkan Crocodile. Dalam arc tersebut Vivi diperlihatkan bergabung dengan kelompok Crocodile dengan tujuan melindungi Alabasta.

Setelah semuanya selesai, Vivi sempat ditawari untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Namun, Vivi memutuskan untuk menolak karena perlu untuk membangun kembali kerajaannya. Meskipun dia tidak secara resmi menjadi bagian dari krunya, dia dianggap sebagai kru “kehormatan.” Saat ini, Vivi diperlihatkan sedang bersembunyi dari World Government setelah dia menjadi target selanjutnya setelah sang ayah.

Avalo Pizzaro

Avalo Pizzaro adalah salah satu tahanan level 6 di Impel Down. Dikenal sebagai “Raja Paling Korup,” Pizzaro dahulunya adalah pemimpin dari sebuah kerajaan di South Blue. Seperti yang disebutkan dalam julukannya, Avalo Pizzaro merupakan pemimpin yang sangat jahat kejam dan mengerikan. Bahkan, pihak World Government berusaha untuk menghilangkan Pizzaro dari sejarah.

Hal tersebut dibuktikan dengan Pizzaro yang dikurung di level 6 Impel Down untuk waktu yang sangat lama. Ketika Blackbeard menyusup ke penjara tersebut, akhirnya Pizzaro pun memutuskan untuk bergabung dengannya. Saat ini, Pizzaro merupakan salah satu dari sepuluh Titanic Captain. Sayangnya, masa lalu dari Pizzaro belum banyak diketahui dan para fans juga masih menantikan aksinya.

Donquixote Doflamingo

Donquixote Doflamingo merupakan salah satu putra dari Donquixote Homing. Keluarga Donquixote sendiri sebelumnya merupakan bagian dari kaum naga langit yang memiliki kekuasaan besar di dunia One Piece. Tetapi, ayah Doflamingo merasa tidak tahan hidup sebagai kaum naga langit dan memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise dan melepaskan statusnya sebagai naga langit.

Sayangnya, orang-orang di sekitarnya justru mengancam mereka karena mereka pernah menjadi bagian dari kaum naga langit. Marah menjadi target orang-orang, Doflamingo pun kemudian menghabisi nyawa ayahnya sendiri. Selanjutnya kehidupan Doflamingo pun berubah. Dia menjadi sosok bajak laut mengerikan, bahkan dia menjadi salah satu dari Shichibukai. Namun, karena kejahatan yang dia lakukan di Dressrosa akhirnya dia dipenjara di Impel Down.

Kozuki Oden

Kozuki Oden adalah salah satu karakter terkuat dalam series One Peice. Dia juga merupakan sosok terkuat di wilayah Wano. Hal ini memang tidak diragukan lagi mengingat dia adalah satu-satunya orang sejauh ini yang bisa melukai Kaido. Artinya Kozuki Oden bukanlah sosok biasa. Oden sendiri merupakan anak dari pemimpin wilayah Wano, Kozuki Sukiyaki, dan sempat berkuasa di wilayah Kuri.

Oden merupakan samurai yang memutuskan untuk keluar dari Wano. Saat itu, Oden memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Whitebeard. Namun, di tengah petualangannya dia kemudian bergabung dengan kelompok Roger dan membantunya untuk menemukan One Piece. Sayangnya, ketika dia kembali ke Wano Oden harus berhadapan dengan Kaido. Nyawanya kemudian hilang setelah dieksekusi mati oleh Kaido.

Bartholomew Kuma

Kuma merupakan salah satu orang penting di Pasukan Revolusi dan merupakan teman dekat dari Monkey D. Dragon. Sebelum Kuma bergabung dengan Pasukan Revolusi dia adalah pemimpin dari Kerajaan Sorbet di wilayah South Blue. Berdasarkan cerita yang ada kekejaman dalam memimpin kerajaan tersebut membuat Kuma kemudian mendapatkan julukan “Kuma si Tiran.”

Kuma pun kemudian bergabung dengan Shichibukai dan memutuskan untuk “mengorbankan diri” demi proyek Pacifista. Karena menjadi bagian dari proyek Pacifista, World Government pun memutuskan untuk menghapus identitas dan kenangannya. Ada banyak misteri yang belum terjawab tentang sosok Kuma, termasuk apa yang membuat alasan dia mau menjadi Pacifista. Meskipun begitu, di arc pulau Egghead sendiri diketahui jika kenangan dari Kuma ada di tangan Vegapunk.

Sanji

Sanji merupakan salah satu anggota dari kru bajak laut Topi Jerami dan merupakan juru masak mereka. Pada awalnya, Sanji diperkenalkan sebagai juru masak di restoran Baratie dan asal-usulny pun tidak pernah diketahui. Baru di arc Whole Cake Island kita mengetahui bahwa Sanji sebenarnya keturunan dari salah satu kerajaan di North Blue, yaitu Germa. Sanji merupakan anak dari Vinsmoke Judge.

Dalam kilas balik Sanji di arc Whole Cake Island diperlihatkan bagaimana Sanji memutuskan untuk pergi dari Germa untuk mewujudkan mimpinya sebagai chef. Di sisi lain, dia juga pergi dari Germa karena keluarganya yang sering berbuat kasar, terutama sang ayah. Meskipun Sanji pada awalnya adalah sosok yang tidak terlalu kuat, tetapi dia kemudian tumbuh menjadi salah satu trio monster di kru Topi Jerami dan bahkan dia adalah salah satu “sayap sang raja bajak laut.”

Sabo

Selain Kuma, Sabo juga adalah salah satu karakter penting lainnya dari Pasukan Revolusi. Bahkan, Sabo merupakan orang nomor dua di kelompok tersebut. Dia merupakan saudara masa kecil dari Ace dan Luffy. Sejak diselamatkan oleh Dragon, Sabo seolah menjadi salah satu orang kepercayaan dari Dragon. Dia pun dilatih jurus Ryusoken oleh Dragon dan menguasai Haki dan dia juga dilatih oleh Hack.

Selain memiliki jurus yang diajarkan oleh Dragon, Sabo juga merupakan pemakan buah iblis Mera Mera no Mi yang dahulunya merupakan milik dari Ace. Sabo sendiri sebenarnya merupakan keturunan bangsawan di kerajaan Goa. Namun, dia malu dengan para bangsawan yang selalu menganggap rendah orang lain. Karena itulah, dia memutuskan untuk berpetualang menjadi bajak laut. Tetapi, kapalnya hancur karena diserang naga langit.

Shanks

Sebenarnya, masih belum ada konfirmasi terkait apakah Shanks memang benar-benar merupakan keturunan bangsawan. Namun, dari berbagai petunjuk yang ada diyakini bahwa Shanks memang adalah bajak laut yang merupakan keturunan bangsawan. Pertama, dia begitu dihormati oleh banyak pihak bahkan Gorosei. Kemudian, dalam booklet One Piece Film Red terungkap jika Shanks berasal dari keluarga Figarland/Fearland.

Gorosei sendiri tahu tentang keluarga tersebut yang mana seolah memberikan petunjuk bahwa itu merupakan salah satu keluarga kerajaan. Artinya, kemungkinan Shanks juga adalah bagian dari kaum naga langit seperti Doflamingo. Untuk masalah kekuatan, Geeks tentunya sudah sangat hafal seberapa dahsyat sosok Shanks. Apalagi, jika kita berbicara mengenai level kekuatan Hakinya.

Melakukan hal di luar kebiasaan, seperti menjadi bajak laut atau kriminal, terlepas dari status mereka sebagai keluarga bangsawan memang merupakan sebuah pilihan. Tidak diketahui apa yang jadi tujuan mereka jadi bajak laut, tapi para keturunan bangsawan tersebut memutuskan untuk menjadi berbeda dari yang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.