Meskipun saat ini alur cerita One Piece sedang berfokus atas apa yang terjadi di pulau Egghead, namun para fans juga penasaran mengenai berbagai hal yang mungkin terjadi di pulau Elbaf. Pulau yang menjadi rumah bagi para suku raksasa, Elbaf, menjadi salah satu pulau yang misterius dan belum tereksplor sampai saat ini. Nama pulau ini sempat muncul di arc Little Garden.

Elbaf pun kemudian muncul pertama kali dalam cerita kilas balik Big Mom di arc Whole Cake Island. Banyak fans yang meyakini bahwa pasca Wano, Luffy dan kelompok Topi Jerami kemungkinan besar akan pergi ke pulau ini. Namun, yang terjadi justru Luffy pergi ke pulau Egghead sedangkan Eustass Kid dan kelompoknya yang pergi ke pulau tersebut. Ada beberapa hal yang bisa terjadi dan Oda Sensei hadirkan di alur ceriat Elbaf. Apa saja?

Pertarungan Eustass Kid vs Shanks

Salah satu hal yang bisa terjadi oleh para fans di alur cerita Elbaf dan bisa Oda hadirkan adalah pertarungan epik Kid vs Shanks. Saat ini, kelompok Shanks tengah bersiap untuk menyambut kedatangan kelompok Kid di luar pulau Elbaf. Banyak spekulasi menyebutkan jika Kid pada akhirnya akan mendarat di Elbaf dengan selamat. Namun, spekulasinya berubah setelah kita tahu Shanks juga berada di pulau tersebut.

Pertarungan Kid melawan Shanks menjadi salah satu cerita yang dinantikan para fans, mengingat Kid sendiri memiliki dendam dengan kelompok ini. Lengannya harus hilang akibat diserangan armada Shanks. Dengan level kekuatan Kid saat ini yang sudah meningkat pasca pertarungan melawan Big Mom tentunya menarik untuk melihat apakah dia akan mampu bertahan dari serangan Shanks.

Peningkatan Kekuatan Usopp

Sudah sejak lama kita mengetahui jika Usopp adalah salah satu dari tiga kru terlemah dari Topi Jerami, selain Nami dan Chopper. Berbeda dengan kru lainnya, Usopp tidak memiliki kemampuan bertarung, tidak memiliki senjata kuat, bahkan dia tidak memiliki kekuatan fisik yang mumpuni. Namun, satu hal yang dia kuasai adalah kemampuan menembak tepat yang luar biasa. Bahkan, dia juga berhasil membangkitkan Observation Haki.

Dalam cerita di arc Wano kemarin, Usopp hampir tidak pernah diperlihatkan bertarung bahkan dalam penyerangan di Onigashima. Banyak yang kemudian menduga jika Usopp akan mengalami peningkatan kekuatan di arc Egghead. Namun, ada juga yang meyakini jika Usopp akan mendapatkan peningkatan tersebut saat berada di Elbaf. Menjadi sosok pemberani di lautan adalah mimpi dari Usopp dan dia bisa belajar dari para raksasa.

Terugkapnya Asal-Usul King Loki

Berbicara mengenai Elbaf ada satu karakter misterius yang masih disembunyikan oleh Oda penampilannya, di mana sosok misterius ini merupakan pemimpin dari pulau tersebut. Dia adalah King Loki atau Loki. Loki sendiri sebenarnya sempat muncul di arc Whole Cake Island di mana dia menyatakan ketertarikannya terhadap Lola. Bahkan, Big Mom sempat hendak menyelenggarakan pesta pernikahan keduanya.

Namun, Lola menolak perjodohan tersebut dan pergi dari rumahnya. Sebagai pemimpin dari para suku raksasa, wajar jika King Loki kemudian menjadi sosok raksasa terkuat bahkan jika dibandingkan dengan para raksasa lain. Melalui alur cerita di Elbaf yang akan berjalan, Oda Sensei bisa menghadirkan informasi tentang Loki. Mulai dari mengungkap seperti apa penampilannya, asal-usulnya, dan juga kekuatannya.

Reuni Nico Robin dan Saul

Saul merupakan sosok yang penting dalam hidup Nico Robin, karena dialah yang sudah mengorbankan jiwanya agar Robin bisa selamat dari peristiwa Ohara. Kala itu, Saul sengaja diserang oleh Aokiji dengan cara dibekukan. Banyak yang menduga jika Saul sudah tewas. Tetapi, ada juga yang meyakini jika Saul kemungkinan masih hidup. Dan dalam kilas balik Vegapunk kemarin terungkap jika Saul ternyata masih hidup.

Dalam ceritanya, Saul kemudian pergi ke pulau Elbaf untuk bersembunyi sambil menyembuhkan berbagai luka yang dia derita. Dia memerintahkan raksasa lainnya untuk mengambil buku-buku yang ditenggelamkan untuk diambil dan dipindahkan ke Elbaf. Mendengar hal ini, Robin pun menangis bahagia. Artinya, bukan hal mustahil jika kemudian kita akan melihat momen pertemuan kembali Nico Robin dan Saul di Elbaf.

Terungkapnya Sejarah Dunia

Satu hal lainnya yang sangat dinantikan dan mungkin akan terjadi di pulau Elbaf adalah bagaimana Oda akan mengungkapkan sejarah dunia. Elbaf diyakini bukanlah pulau sembarangan alias bukan hanya sebuah pulau yang jadi rumah bagi para raksasa. Dengan usia para raksasa yang sangat panjang, diyakini mereka pernah atau tahu sesuatu tentang rahasia sejarah yang terjadi di dunia One Piece.

Dengan manga One Piece yang saat ini hendak memulai alur cerita One Piece, artinya Oda bisa menjadikan alur cerita ini sebagai pintu masuk untuk memperkenalkan semua informasi sejarah tersebut. Sebelumnya, kita sudah mendapatkan potongan informasi tentang masa lalu dari Vegapunk. Mungkin, di alur cerita Elbaf akan lebih banyak lagi informasi atau fakta-fakta menarik tentang rahasia masa lalu yang terungkap.

Lokasi Road Poneglyph Terakhir

Dan berbicara mengenai sejarah yang terungkap beserta pulau Elbaf, hal yang mungkin bisa Oda hadirkan di pulau tersebut adalah lokasi Road Poneglyph terakhir. Untuk setiap bajak laut yang hendak pergi ke Laugh Tale, mereka perlu untuk menemukan keempat Road Poneglyph. Karena, ini adalah petunjuk utama mereka agar bisa mencapai dan menemukan pulau tersebut.

Sejauh ini, Oda baru menghadirkan tiga lokasi keberadaan Road Poneglyph; Wano, Whole Cake Island, dan Zou. Banyak yang menduga jika Road Poneglyph terakhir ada di pulau Elbaf. Hal ini didukung oleh berbagai petunjuk, misalnya Oda sendiri memberikan petunjuk terkait hal ini di salah satu booklet. Belum lagi fakta bahwa buku-buku penting dunia kini ada di Elbaf, yang artinya sebagian besar pengetahuan dunia ada di pulau tersebut.

Elbaf mungkin akan menjadi pulau penting kedepannya pasca arc terbaru ini. Bisa jadi juga Elbaf jadi pulau penting yang beriringan dengan berjalannya arc yang sekarang. Pulau ini juga akan memiliki peran untuk mengungkap berbagai teka-teki yang ada. Selain itu, ada banyak hal juga yang bisa Eiichiro Oda hadirkan dalam alur cerita di pulau Elbaf ini seperti contoh di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.