Dalam sejarah kemunculan One Piece selama lebih dari dua dekade terdapat beberapa momen pertarungan yang dianggap sebagai pertarungan terbesar. Pertarungan tersebut dianggap sangat epik yang bahkan mampu menggetarkan dunia serta langit. Cerita di series One Piece karya Eiichiro Oda sudah banyak menghadirkan pertarungan yang luar biasa.

Contohnya adalah pertarungan Luffy melawan Crocodile atau pertarungan Luffy saat berhadapan dengan Katakuri. Namun, ada beberapa pertarungan epik lainnya yang tidak kalah dahsyat. Bahkan, saking luar biasanya, pertarungan ini dianggap sebagai pertarungan terbesar dalam sejarah. Efek dahsyat yang muncul dari pertarungan terbesar tersebut selain mampu menggetarkan seluruh Grand Line, langit pun sampai ikut terbelah. Lalu, apa saja pertarungan tersebut?

Shanks vs Whitebeard

Pertarungan terbesar dalam sejarah yang pertama dalam daftar ini adalah pertarungan yang pernah dialami oleh Shanks. Saat itu, dia bertarung melawan manusia paling kuat di dunia dan juga salah satu Yonko, Whitebeard. Keduanya bertemu setelah arc Ennies Lobby, di mana Shanks pergi menemui Whitebeard untuk memintanya menarik kembali Ace dari misinya mencari keberadaan Blackbeard.

Shanks paham betul bahwa Ace belum cukup kuat untuk menghadapi Blackbeard. Tetapi, Whitebeard justru beranggapan sebaliknya. Karena dalam pertemuan ini tidak menemukan titik temu, keduanya akhirnya terpaksa harus bertarung. Seperti diperlihatkan dalam cerita, pertarungan keduanya benar-benar sangat dahsyat. Selain mampu menggetarkan pulau di sekitarnya, pertarungan mereka sampai membuat langit terbelah dua.

Gol D. Roger vs Whitebeard

Kurang lebih satu tahun setelah peristiwa Edd War, kelompok bajak laut Roger kemudian harus bertempur dengan kelompok bajak laut Whitebeard di sebuah pulau yang ada di Grand Line. Dalam momen tersebut diperlihatkan bagaimana Gol D. Roger bertarung melawan Whitebeard. Saat itu, keduanya masih sama-sama berada dalam era keemasan atau puncak kejayaan.

Pertarungan mereka berlangsung selama tiga hari tanpa henti dan tidak ada yang menang atau kalah. Alasan mengapa kemudian ini jadi salah satu pertarungan tebesar dalam sejarah adalah kekuatan Haki keduanya benar-benar sangat dahsyat. Banyak hewan yang ada di sekitar pulau tersebut seolah merasakan bahaya. Dan puncaknya jelas bagaimana langit sampai terbelah akibat pertarungannya.

Kaido vs Big Mom

Pertarungan ini terjadi di arc Wano Country dan menjadi salah satu pertarungan terbesar dalam sejarah One Piece yang terjadi baru-baru ini. Pasca tiba di Onigashima, Big Mom kemudian tersadar setelah diserang oleh Queen. Dia pun kemudian memakan makanan yang sudah disediakan. Setelah itu, dia pun dilepaskan dari borgol yang membelenggu. Namun, tidak lama setelah percakapan keduanya pertarungan mereka pun terjadi.

Pertarungan kedua karakter ini bahkan membuat semua orang yang ada di Onigashima ketakutan. Selain karena kekuatan keduanya, Haki yang mereka keluarkan juga sangat mengintimidasi. Lagi-lagi bukti kedahsyatan pertarungan ini adalah langit di sekitar Onigashima terbelah, karena kekuatan Haki mereka saling beradu. Meskipun begitu, pada akhirnya, mereka berdua memutuskan untuk menjalin aliansi.

Kaido vs Luffy

Di puncak cerita arc Wano, kita akhirnya melihat pertarungan epik antara Monkey D. Luffy menghadapi Kaido. Setelah beberapa kali kalah, Luffy nampak masih terus berjuang untuk bisa bertarung menghadapi Kaido. Puncaknya adalah Luffy kemudian sadar bahwa rahasia terbesar Kaido adalah melapisi tubuh dan serangannya dengan Haki. Hal ini juga yang kemudian dilakukan oleh Luffy.

Efeknya, langit pun terbelah karena dua kekuatan besar Haki saling beradu satu sama lain. Yamato dan yang lainnya seolah tidak percaya dengan apa yang mereka lihat. Mereka juga tidak menyangka jika Luffy bisa berubah menjadi sosok yang sangat kuat. Kaido sendiri pada akhirnya berhasil dikalahkan setelah Luffy mampu untuk membangkitkan kekuatan buah iblis Nika miliknya. Rasanya tidak mengherankan jika ini jadi salah satu pertarungan terbesar dalam sejarah One Piece.

Rocks D. Xebec vs Monkey D. Garp dan Gol D. Roger

Mungkin, pertarungan terbesar dalam sejarah One Piece sejauh ini selain pertarungan Luffy melawan Kaido adalah ketika Garp dan Roger bersatu menghadapi Rocks. Pertarungan ini terjadi pada 38 tahun yang lalu di sebuah tempat bernama God Valley. Bukti bahwa pertarungan ini menjadi yang terbesar dalam cerita One Piece adalah bagaimana butuh gabungan kekuatan lebih dari satu orang untuk mengalahkan Rocks.

Artinya, level kekuatan dari Rocks benar-benar sangat luar biasa yang bahkan Roger sendiri tidak sanggup untuk menghadapinya sendiri. Kedua, seperti yang dijelaskan oleh Sengoku, jika God Valley kemudian dihancurkan dan dihapus dari peta. Bahkan, catatan sejarah tentang peristiwa ini pun dihapus di mana hanya orang-orang tertentu yang tahu tentang kejadiannya. Jadi, cukup masuk akal jika ini jadi pertarungan terbesar dalam sejarah One Piece.

Pertarungan merupakan sebuah keniscayaan bagi para karakter di cerita One Piece. Karena, hanya dengan bertarung seseorang bisa menentukan siapa yang lebih kuat. Ini juga adalah cara untuk menghancurkan ancaman yang muncul dalam ceritanya. Dan dari sekian banyak momen pertarungan yang sudah disuguhkan beberapa poin di atas dianggap sebagai pertarungan terbesar dalam sejarah dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.