Ketika berbicara tentang semesta komik superhero seperti Marvel Universe, kita terkadang disuguhkan pada beberapa alur cerita plot twist yang membahas keterlibatan organisasi rahasia. Meskipun tim super Avengers atau Masters of Evil lebih sering muncul, tetapi organisasi yang keberadaannya misterius biasanya akan selalu lebih menarik untuk diikuti, apalagi ketika organisasi tersebut berhubungan dengan multiverse yang lebih luas. Seperti lima organisasi Marvel yang akan kita bahas kali ini, di mana mereka diam-diam menyembunyikan keberadaannya agar bisa bertindak di multiverse dengan lebih leluasa!

Council of Kangs

Baik di Marvel Universe maupun di versi live action Marvel Cinematic Universe, Kang the Conqueror dan semua variannya dikenal sebagai seorang big bad villain penjelajah waktu dapat mengancam kestabilan alam semesta. Yang lebih parahnya lagi, selain bertindak secara pribadi ternyata sebagian besar variannya diam-diam sampai membentuk organisasi rahasia Council of Kangs untuk mengawasi multiverse Marvel. Selain membicarakan tentang penaklukan multiverse, organisasi ini juga sering menangkap dan menyidang para varian Kang yang menurut mereka sudah tidak sejalan atau terlalu lemah sehingga berpotensi mempermalukan nama Kang the Conqueror di Marvel Universe.

Black Swans

Organisasi rahasia selanjutnya yang punya peran besar di multiverse Marvel adalah Black Swans yang diam-diam beraksi di balik layar saat peristiwa Incursion alias kehancuran multiverse tengah berlangsung. Berbeda dari Illuminati yang hanya aktif di satu universe saja, Black Swans justru eksis secara bersamaan di berbagai semesta untuk memburu seluruh varian Molecule Men, demi mengagalkan rencana entitas Beyonders yang ingin menghancurkan multiverse. Faktanya Black Swans sendiri adalah organisasi ciptaan Rabum Alal yang tidak lain adalah Doctor Doom, di mana sejak awal Doom memang ingin mencuri kekuatan Molecule Man dan Beyonders agar bisa menjadi penguasa tunggal di multiverse.

Black Priests

Ketika Black Swans tengah beraksi di multiverse Marvel, ternyata ada satu organisasi lain yang mempunyai misi rahasia untuk menjadi tandingan mereka, yaitu Black Priests. Bedanya, Black Priests yang akhirnya dipimpin oleh Doctor Strange ini memilih cara yang lebih ekstrem dari Doctor Doom, di mana mereka berkeliling multiverse untuk menghancurkan berbagai semesta alternatif dengan harapan bisa mencegah peristiwa Incursion. Terlepas dari cara pandang organisasinya yang berbeda, Doom sendiri mengatakan bahwa Black Priests dan Black Swans adalah contoh nyata mekanisme multiverse yang ingin mempertahan dirinya dari kehancuran.

Captain Britain Corps

Dari para organisasi ambigu, sekarang kita beralih ke organisasi superhero yang mempunyai misi rahasia untuk melindungi multiverse Marvel dari segala macam ancamannya, mereka adalah Captain Britain Corps yang didirikan oleh Merlin. Sebagai entitas dari Otherworld, satu-satunya tujuan penyihir Merlin di Marvel Universe adalah menunjuk seorang superhero dari masing-masing semesta untuk menjadi Captain Britain sekaligus perwakilan Captain Britain Corps. Sayangnya karena Beyonders mengetahui status mereka sebagai pelindung mutiverse, seluruh anggota Captain Britain Corps diceritakan menjadi korban pertama yang dimusnahkan sebelum peristiwa Incursion.

Time Variance Authority

Organisasi multiverse terakhir yang menyembunyikan eksistensinya dari semua orang di Marvel Universe adalah Time Variance Authority. Mereka diceritakan menguasai hampir sebagian besar semesta alternatif di multiverse dan sampai hari ini masih terus berkembang. Tugas mereka tidak lain adalah mengawasi sekaligus menangkap para kriminal waktu yang berpotensi mengganggu kestabilan sebuah timeline atau alam semesta. Sebagian besar karyawan TVA dikloning dari karyawan lain agar setiap tugas dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Walaupun begitu tidak jarang juga mereka merekrut kandidat baru seperti Justice Peace, Justice Love, bahkan para superhero Marvel.

Itulah lima organisasi rahasia Marvel yang aktif di multiverse dengan tujuanya masing-masing. Terlepas dari cara yang berbeda dari masing-masing organisasi, seperti TVA yang berusaha menangkap kriminal waktu, Captain Britain Corps yang ingin melindungi multiverse melalui perwakilannya, bahkan Council of Kang yang ingin menaklukkan multiverse, semuanya bisa dibilang mempunyai tujuan yang sama yaitu ‘mengamankan multiverse’. Mengingat saat ini banyak organisasi rahasia multiverse yang sudah eksis di MCU, seperti akan sangat menarik jika yang lainnya juga bisa segera menyusul.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.