Ada banyak kreator terkenal yang bekerja di Marvel Comics. Contohnya adalah Jack Kirby dan Stan Lee. Keduanya adalah kreator dari berbagai karakter terkenal di Marvel Comics seperti Captain America, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, dan masih banyak lagi. Biasanya sang kreator menciptakan karakter fiktif yang muncul dari idenya sendiri. Tetapi ada beberapa kreator mengaku bahwa mereka membuat karakter ini karena terinspirasi dari public figure. Siapa saja karakter Marvel yang terinspirasi dari public figure? Simak berikut ini Geeks!

MODAAK

MODAAK (Mental Organism Designed As America’s King) muncul pada tahun 2016 sebagai versi alternatif dari villain MODOK. Jika MODOK berasal dari Earth-616, lain halnya dengan MODAAK yang eksis di Earth-65. Melihat wajah dan latar belakangnya, sangat jelas bahwa MODAAK terinspirasi dari mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Menariknya, MODAAK sama seperti Donald Trump yang membenci orang asing dan khawatir sering dianggap bertangan mungil. Dalam komik, MODAAK pernah diceritakan membangun tembok disepanjang perbatasan antara Texas dan Mexico untuk membuat jurang pemisah di antara dua negara tersebut.

Tony Stark

Ketika Stan Lee akan menciptakan karakter Tony Stark, dia teringat akan seorang miliarder bernama Howard Hughes yang hidup pada tahun 1905 hingga 1976. Semasa hidupnya, Howard Hughes terkenal sangat eksentrik dan dia adalah seorang penemu, dan sering berganti-ganti wanita. Menariknya nih Geeks, ketika Stark tampil di MCU, Tony Stark di MCU lebih terinspirasi kepada Elon Musk, yang juga sama-sama seorang miliarder. Musk telah mendirikan beberapa perusahaan, termasuk Space X dan Tesla Motors yang sangat terkenal. Nah menariknya, Elon Musk juga pernah tampil sebagai cameo dalam film Iron Man 2, di mana Tony dan Musk saling bertemu.

J. Jonah Jameson

Geeks masih ingat dengan karakter yang sering berseteru dengan Peter Parker satu ini? Dia adalah J. Jonah Jameson yang menjadi pemimpin redaksi dari Daily Bugle, tempat Peter Parker pernah bekerja. Nah menariknya, Stan Lee membuat karakter tersebut setelah dia terinspirasi dari dirinya sendiri. Lee bahkan menamai istri Jameson dengan nama sekertarisnya. Lee juga pernah memberi tahu orang-orang bahwa dia ingin memerankan J. Jonah Jameson dalam sebuah film Marvel. Sayangnya hingga akhir hayatnya, kita tidak pernah bisa melihat Lee memerankan karakter tersebut. Di MCU, karakternya sebenarnya muncul dalam film Spider-Man: No Way Home, yang diperankan oleh J.K. Simmons.

Nick Fury

Nick Fury adalah salah pemimpin dari SHIELD. Marvel Comics awalnya memperkenalkan Nick Fury sebagai karakter berkulit putih. Tetapi pada akhirnya, Mark Millar dan Bryan Hitch sang pembuat cerita komiknya akhirnya memutuskan untuk mengubah Nick Fury komik mirip seperti versi film MCU. Dan itu masih terus terjadi hingga saat ini. Karena itulah karakternya di komik lebih terinspirasi dari aktor Samuel L. Jackson yang memiliki kepala plontos dan berdarah Afrika-Amerika. Nah menariknya lagi, Samuel L. Jackson pernah mengaku bahwa dia senang karakter Nick Fury di Marvel Comics dibuat mirip dengannya.

Bucky Barnes

Ketika menyebut nama Bucky Barnes, mungkin Geeks langsung teringat dengan sosok Winter Soldier. Tapi sebelum Bucky Barnes menjadi Winter Soldier, dia adalah teman akrab Steve Rogers alias Captain America. Dia baru berusia 15 tahun ketika mulai mengkampanyekan untuk memerangi Nazi. Nah menariknya, karakter Bucky Barnes terinspirasi dari seorang public figure bernama Bucky Pierson. Ketika Joe Simon menciptakan Bucky Barnes dalam komik Captain America #1 pada tahun 1941, Simon menggambar sketsa awal Bucky Barnes, dia diambil dari nama teman saya bernama Bucky Pierson, seorang bintang di sebuah tim bola yang ada di sekolah Simon.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang terinspirasi dari public figure di dunia nyata.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/