Sosok Tashigi diduga merupakan bagian dari salah satu klan berpengaruh dan luar biasa di wilayah Wano yaitu klan Shimotsuki. Namun, benarkah demikian? Klan Shimotsuki merupakan salah satu klan terpandang dan sangat besar di wilayah Wano. Mereka diketahui menguasai wilayah Hakumai dan juga Ringo. Klan Shimotsuki sendiri dikenal sebagai klan para samurai serta pembuat pedang.

Hal tersebut bukan tanpa sebab memang. Ini karena ada beberapa karakter yang dikenal sebagai ahli pedang atau samurai hebat berasal dari klan Shimotsuki. Misalnya Shimotsuki Ryuma, Ushimaru, Koushiro, dan bahkan Zoro. Namun, ada yang menarik terkait hal ini. Banyak fans menduga jika sosok Tashigi juga merupakan bagian dari klan Shimotsuki berdasarkan petunjuk yang ada.

Siapa Tashigi

Tashigi merupakan seorang angkatan laut dengan pangkat kapten yang bekerja di wilayah G-5 bersama dengan wakil admiral Smoker. Karakternya pertama kali diperkenalkan di chapter 96. Pada saat itu, Tashigi diperlihatkan sedang dihadang oleh dua orang anak buah kapal yang kaptennya berhasil ditahan olehnya. Mereka berusaha membalas dendam atas apa yang Tashigi lakukan.

Namun, yang mereka tidak sadari adalah Tashigi adalah seorang ahli pedang yang cukup baik. Sehingga, keduanya bisa dikalahkan dengan mudah. Yang menarik adalah di chapter ini pula Zoro pertama kali bertemu dengan Tashigi. Dan sejak saat itu, Tashigi cukup sering muncul meskipun jumlah kemunculannya tidak terlalu banyak. Terakhir kali Tashigi muncul di arc Egghead, di mana dia berada di salah satu fasilitas milik angkatan laut.

Tashigi sendiri diketahui memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu mengambil kembali berbagai pedang legendaris yang ada di tangan para bajak laut. Meskipun Tashigi belum melakukan apa pun yang spesial untuk mewujudkan mimpinya itu, sejauh ini dia berhasil mengembalikan tiga pedang: Kashu, Yamaoroshi, dan Shigure. Kemampuan Tashigi memang tidak terlalu mencolok, namun bukan berarti dia bisa diremehkan.

Selain memiliki keterampilan dalam menggunakan pedang, Tashigi juga dikenal memiliki kemampuan Observation dan Armament Haki, yang digunakannya untuk melawan dan mengalahkan Monet di Punk Hazard. Selain itu, Tashigi juga memiliki kemampuan Rokushiki. Namun, masih belum diketahui sampai sejauh mana level kekuatan Tashigi apalagi setelah dua tahun timeskip.

Keturunan Klan Shimotsuki

Semenjak kemunculan perdananya di chapter 96, banyak fans yang kemudian penasaran tentang karakter Tashigi. Yang menarik adalah banyak spekulasi menyebutkan jika Tashigi kemungkinan adalah bagian dari klan Shimotsuki. Ada beberapa hal yang dianggap sebagai petunjuk yang mendukung spekulasi tersebut. Pertama adalah penampilan fisik. Tashigi dianggap sangat mirip dengan sosok Kuina.

Kuina merupakan seorang gadis yang sangat ahli dalam berpedang. Dia adalah anak dari Shimotsuki Koushiro yang merupakan mentor dari Zoro. Selama Zoro dan Kuina bertarung, Zoro diketahui belum pernah menang sekali pun. Kuina memiliki mimpi untuk jadi ahli pedang terbaik di dunia, yang mana inilah mimpi yang kemudian coba diwujudkan oleh Roronoa Zoro di cerita One Piece.

Kemudian, petunjuk lainnya adalah Tashigi cukup ahli dalam menggunakan pedang. Untuk saat ini, memang level kemampuan Tashigi dalam menggunakan pedang tidak terlalu menakjubkan. Tetapi, seperti disebutkan di atas, bahwa kemampuan berpedangnya tidak bisa dianggap remeh. Hal ini tentunya sejalan dengan klan Shimotsuki yang memang dikenal sebagai klan para samurai atau ahli pedang.

Petunjuk terakhir adalah tentang prinsip yang dia pegang. Seperti halnya Kuina, Tashigi meyakini bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi sosok ahli pedang terbaik di dunia One Piece. Namun, memang agak sulit untuk bisa mewujudkannya. Prinsip yang dipegang oleh Tashigi tersebut bahkan pernah membuat Zoro terkejut, karena benar-benar mirip seperti Kuina.

Belum lagi Tashigir diketahui berasal dari wilayah East Blue, di mana klan Shimotsuki memiliki desa Shimotsuki. Berdasarkan berbagai petunjuk yang sudah dijelaskan di atas rasanya memang masuk akal jika kemudian banyak fans menduga jika Tashigi kemungkinan adalah bagian dari klan Shimotsuki. Apalagi, spekulasi ini seolah semakin menguat setelah Oda memberikan penjelasan menganai silsilah keluarga Zoro dan juga Shimotsuki Kouzaburo di kolom SBS terbaru yaitu Vol. 105. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.