Setelah kesuksesan film Dune yang dirilis pada tahun 2021, HBO Max tidak ragu untuk menggarap seriesnya berjudul Dune: The Sisterhood. Series tersebut menjadi prekuel Dune yang bakal menceritakan asal-usul Bene Gesserit yang misterius. Saat ini, series tersebut memang tengah dikembangkan. Tetapi ada kabar buruk yang dialami Dune: The Sisterhood. 

Baru-baru ini Deadline melaporkan sutradara Johan Renck telah meninggalkan produksi setelah dia menyutradarai dua episode pertama dari prekuel Dune ini. Selain itu, bintang utama Shirley Henderson yang akan memerankan Tula Harkonnen juga hengkang dari proyek ini. Akibatnya, produksi Dune: The Sisterhood ditunda karena pihak studio harus mencari pengganti Renck dan Henderson.

Sebelumnya, proyek ini juga ditinggalkan oleh co-showrunner Diane Ademu- John, yang mengundurkan diri sebelum syuting. Ademu-John meninggalkan Alison Schapker sebagai satu-satunya showrunner. Dan baru-baru ini, HBO Max pun sudah membagikan pernyataan resmi, seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini.

“Karena Dune: The Sisterhood telah memasuki jeda yang telah dijadwalkan sebelumnya, ada beberapa perubahan kreatif yang dilakukan pada produksi dalam upaya untuk menciptakan series terbaik dan tetap setiap pada materi sumbernya. Johan Renck telah menyelesaikan pekerjaannya di series ini dan seorang sutradara baru akan diangkat, melalui kesepakatan bersama, Johan melanjutkan untuk mengejar proyek lain. Selain itu, Shirley Henderson akan keluar dari series ini dan tidak akan lagi berperan sebagai Tula Harkonnen.”

Menurut kabar yang beredar, Renck memutuskan hengkang karena adanya perbedaan pendapat dengan HBO Max. Sementara itu masih belum diketahui alasan yang membuat Henderson hengkang. Ada yang mengatakan bahwa jadwal syuting Dune: The Sisterhood yang terus berubah sehingga menggangu jadwal yang telah dimiliki oleh Henderson, sehingga dia mau tidak mau hengkang karena ada proyek lain yang harus dia selesaikan.

Saat series ini akan dibuat, sebenarnya Denis Villeneuve diharapkan untuk menjadi sutradara dari beberapa episode Dune: The Sisterhood, sementara Jon Spaihts akan ikut menulis naskahnya. Namun keduanya menolak menggarap series ini. Penundaan series ini sepertinya akan berdampak pada perilisannya yang sepertinya akan lebih lama lagi dari yang kita harapkan. Kita tunggu aja ya Geeks informasi terbarunya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/