Dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania kita diperkenalkan dengan sebuah benda dahsyat milik sosok Kang the Conqueror yaitu Multiverse Engine. Benda tersebut kemungkinan akan memiliki peranan penting dalam cerita kedepannya dalam film Avengers: The Kang Dynasty. Diperkenalkannya sosok Kang the Conqueror dalam film Quantumania seolah membuka banyak sekali kemungkinan di MCU.

Hal ini wajar mengingat sosok Kang memang bukanlah karakter biasa. Kang merupakan seorang penjelajah waktu yang dikenal memiliki banyak sekali variant. Di MCU sendiri Kang dispekulasikan akan jadi villain utama dalam Multiverse Saga dan dia akhirnya melakukan debut di Quantumania. Selain memperkenalkan sosok Kang, film tersebut juga memperkenalkan teknologi yang dia gunakan seperti Multiverse Engine.

Benda Paling Dahsyat di MCU

Dalam film Quantumania diperlihatkan bagaimana Janet pertama kali bertemu dengan sosok Kang. Hal ini terjadi menjelang akhir filmnya. Menurut penjelasan Janet, saat itu dia tidak sengaja menemukan Kang yang berada dalam situasi mengerikan. Mereka berdua sama-sama diserang oleh makhluk aneh yang ada di Dunia Quantum. Setelah berhasil selamat, Janet kemudian merawat Kang yang terluka.

Kang sendiri kemudian mengetahui potensi yang dimiliki oleh Janet, karena itulah dia meminta bantuan untuk memperbaiki Multiverse Engine. Apa itu Multiverse Engine? Ini merupakan inti dari mesin penjelajah waktu yang digunakan oleh Kang. Menurut Kang, dengan menggunakan Multiverse Engine dia bukan hanya mampu untuk pergi menjelajah ke berbagai timeline yang ada.

Dia juga bisa memanipulasi waktu, ruang, dan bahkan pergi ke dimensi lainnya. Multiverse Engine sendiri digunakan dalam kursi penjelajah waktu milik Kang, sebelum kemudian variant Kang lain berhasil merusaknya dan mengasingkannya di Dunia Quantum. Yang menarik juga adalah Multiverse Engine bersifat ‘neurokinetik’ alias mampu digerakan dan terhubung dengan otak Kang.

Hal ini juga yang kemudian disadari oleh Janet ketika dia menyentuh benda tersebut. Janet kemudian bisa melihat seluruh peristiwa yang pernah terjadi atau dialami oleh Kang di sepanjang hidupnya. Dan dalam momen tersebut juga Janet kemudian menyadari bahwa Kang bukanlah sosok baik. Dia adalah sosok jahat yang sudah menghancurkan berbagai timeline yang ada di jagat sinematik Marvel sejauh ini.

Karena hal tersebut, Janet memutuskan untuk mencegah Kang keluar dari Dunia Quantum dan memanfaatkan Multiverse Engine dengan mengubah ukuranya menjadi raksasa. Yang juga luar biasa adalah Multiverse Engine memiliki semacam sistem pertahanan di dalamnya. Hal ini diperlihatkan ketika Scott sudah berhasil masuk untuk mendekati inti dari Multiverse Engine.

Terdapat sebuah momen yang disebut sebagai “Badai Probabilitas” di mana siapa pun yang pergi atau terjebak di dalamnya akan melihat sosoknya yang lain dari kemungkinan atau probabilitas yang lain. Meskipun begitu, seperti yang dijelaskan oleh Janet bahwa itu hanya sekedar ilusi saja. Itu merupakan momen dalam pikiran yang muncul untuk mengacaukan isi pikirannya.

Dalam filmnya sendiri, berkat bantuan dari Hope akhrinya Scott berhasil untuk memperbaiki mesin tersebut dan kembali ke ukuran normal. Dari apa yang dihadirkan sejauh ini, bisa dibilang Multiverse Engine adalah benda atau artefak paling kuat dan dahsyat di Marvel Cinematic Universe. Bahkan, bisa dikatakan benda ini mampu mengalahkan kekuatan Infinity Stones dan Infinity Gauntlet.

Multiverse Engine di Komik

Lalu, apakah Multiverse Engine juga eksis di Marvel Comics? Jawabannya adalah ya. Namun, ada perubahan besar yang kemudian dihadirkan oleh pihak Marvel terkait mesin ini. Marvel Studios kemungkinan mengadaptasi Concordance Engine untuk menghadirkan Multiverse Engine, salah satu mesin paling canggih dan kuat di universe Marvel Comics. Apa itu sebenarnya Concordance Engine?

Dalam cerita komiknya, Corcodance Engine adalah sebuah alat untuk memanipulasi realita di mana penggunanya bisa membentuk waktu, ruang, bahkan seluruh alam raya sesuka hati mereka. Ini adalah benda yang dianggap sebagai “jiwa dari sebuah alam raya, peta dari semuanya.” Saking pentingnya benda ini, jika kemudian benda ini hancur maka seluruh alam raya juga berada di ambang kehancuran.

Concordance Engine sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1966 dalam komik Fantastic Four #54 dan yang menarik adalah menurut informasinya ada sekitar lima alat yang sudah diciptakan. Yang pertama disimpan di bawah Wundagore Mountain dan dijaga  oleh Prester Omega. The Defenders kemudian mencuri benda tersebut dan memindahkannya ke Mansion milik Stephen Strange.

Mesin kedua digunakan untuk mesin utama dari Nautilus milik Captain Nemo. Mesin ketiga sempat dijaga oleh Prester John sebelum kemudian dia kehilangan mesin tersebut. Yang keempat ditemukan berada di wilayah Kutub Utara dan mesin kelima berubah menjadi seekor katak. Stephen Strange dan Silver Surfer kemudian mengetahui fakta sebenarnya dari mesin dahsyat tersebut.

Concordance Engine diketahui diciptakan oleh sekelompok manusia super bernama the Presters. Mereka berasal dari sebuah realita alternatif, di mana para Celestials merupakan kelompok penjahat kosmik yang sangat gila dan mengerikan. Para “Death Celestials” tersebut diketahui justru jadi biang hancurnya alam raya mereka sendiri dan juga hancurnya berbagai alam raya lainnya.

The Presters kemudian mencoba mencari cara untuk menahan kekuatan para Death Celestials tersebut, sampai kemudian mereka menemukan Earth-616. Mereka coba untuk menciptakan Concordance Engine demi bisa menghentikan kegilaan para Death Celestials. Jika melihat dari beberapa elemen yang dihadirkan dari Concordance Engine, rasanya masuk akal jika Marvel Studios mengadaptasi Multiverse Engine dari alat ini.

Namun, jelas ada perbedaan yang kemudian dihadirkan antara versi komik dan layar lebar. Misalnya, pemilik dan pengguna dari Multiverse Engine adalah Kang the Conqueror sedangkan Concorde Engine diciptakan oleh ras manusia super the Presters. Kemudian, bentuk dari Multiverse Engine adalah kubus dengan bagian dalamnya dialiri oleh energi yang sangat luar biasa yang jadi sumber tenaganya.

Sedangkan, untuk Concordance Engine memiliki bentuk yang unik serta berukuran lebih besar dari Multiverse Engine. Sayangnya, tidak diketahui dari mana sumber tenaga Concordance Engine meskipun besar kemungkinan berasal dari energi kosmik. Kita juga tidak tahu dari mana dan bagaimana Kang bisa membuat Multiverse Engine. Namun, terdapat spekulasi jika dia menggunakan teknologi milik Celestials.

Jadi Kendaraan Avengers

Seperti halnya Concordance Engine, Multiverse Engine milik Kang mungkin bisa jadi kendaraan para Avengers untuk selamatkan dunia. Seperti yang diketahui, jika para Avengers akan berhadapan dengan para variant Kang dalam film Avengers: The Kang Dynasty. Tentunya tidak akan mudah bagi para pahlawan terhebat di bumi tersebut untuk menghadapi para variant Kang.

Hal ini karena masing-masing mereka juga memiliki kekuatan dahsyat. Bagaimana kemudian Multiverse Engine ini menjadi cara untuk bisa selamatkan dunia dari para variant Kang? Mungkin, Hope dan juga Scott serta Cassie Lang akan melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan di Avengers: Engame yaitu memberikan inspirasi. Jika dalam film tersebut Scott memberikan inspirasi untuk menggunakan Dunia Quantum untuk melakukan perjalanan waktu, maka di film The Kang Dynasty kita akan melihat Scott menginspirasi para Avengers untuk membangun mesin yang memiliki fungsi yang sama.

Dengan menciptakan alat tersebut para Avengers akan pergi ke berbagai multiverse. Dan mereka akan coba untuk mengalahkan para variant Kang tersebut satu per satu. Hal ini tentunya akan mirip dengan tujuan dibentuknya Concordance Engine yaitu mengalahkan para Celestials. Namun, untuk konteks Multiverse Engine lawan yang dihadapi adalah variant dari Kang.

Bagaimana kemudian Scott dan yang lain membangun mesin tersebut? Tentunya dengan bantuan dari Hank, Janet, dan sang anak yaitu Cassie. Apalagi, Janet pernah memperbaiki Multiverse Engine yang tentunya hal ini bisa jadi modal bagi mereka untuk membuat mesin yang yang sama. Kita nantikan saja ya Geeks momen epik dari dari Scott dan yang lain ketika memanfaatkan mesin untuk mengalahkan variant dari Kang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.