Saat ini Kang the Conqueror yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors merupakan big bad villain di Multiverse Saga MCU. Perannya sendiri kurang lebih sama seperti Thanos dari Josh Brolin yang sebelumnya menjadi big bad di Infinity Saga. Meskipun keduanya tidak punya hubungan langsung, banyak penggemar yang sering membandingkan keduanya. Termasuk mempertanyakan tentang status Kang ketika Thanos melakukan Snap di film Avengers Infinity Wars. Apakah Kang bisa terkena dampak Snap Thanos seperti yang menimpa setengah kehidupan di alam semesta atau malah kebal? Begini penjelasannya.

Dampak Snap Thanos di Infinity Saga

Seperti yang kita tahu bersama, Snap adalah peristiwa tragis yang terjadi di film Infinity Wars, di mana Thanos menjenttikan jarinya saat mengenakan Infinity Gauntlet. Hasilnya setengah kehidupan di alam semesta musnah secara acak, tanpa memilih siapa yang akan jadi korbannya. Semua ini bermula dari ambisi Thanos yang mulai mengumpulkan Infinity Stone agar keinginannya untuk menanggulangi overpopulasi di alam semesta bisa terealisasi. Di Indonesia sendiri disebutkan bahwa jumlah yang menjadi korban Snap mencapai 121 juta jiwa. Hal yang sama berlaku juga di semua lokasi yang eksis di MCU.

Meskipun tidak diperlihatkan secara langsung, tetapi menurut Thanos saking dahsyatnya kekuatan Infinity Stones, dampak dari Snap-nya sendiri pasti terjadi juga kepada semua makhluk hidup di planet dan galaksi lain. Walaupun begitu, sama seperti di komiknya, Snap Thanos ini tidak berpengaruh kepada entitas kosmik sekelas Celestial, Eternity, dan lain sebagainya, mungkin karena mereka merupakan makhluk abstrak. Begitu juga kepada android atau makhluk sintetis seperti Eternals, karena pada dasarnya mereka bukanlah makhluk hidup. Lantas bagaimana dengan Kang, apakah dia kebal dari Snap Thanos?

Sejak Awal Kang Takut Pada Thanos

Faktanya Kang the Conqueror yang mempunyai nama asli Nathaniels Richards bukanlah seorang android, makhluk sintetis, apalagi entitas kosmik. Dia hanyalah seorang manusia biasa, yang kebetulan mempunyai ambisi dan teknologi canggih yang memungkinkannya untuk melakukan perjalanan waktu serta menaklukkan berbagai timeline Marvel. Nah berdasarkan alasan inilah di Marvel Comics sendiri sang Conqueror diceritakan takut kepada sang Mad Titan. Hal ini pertama kali terungkap di komik Thanos: The Infinity Siblings, di mana Kang mengaku sengaja menghindari timeline saat Thanos beraksi.

Meskipun tidak kalah hebat dari Thanos, baik secara kekuatan, pasukan, maupun ambisi, tetapi Kang sangat sadar bahwa dia bukanlah tandingan Infinity Stone ketika berada di sebuah timeline atau alam semesta. Itulah mengapa dia tidak ingin muncul ketika Thanos tengah beraksi dengan Infinity Gauntlet-nya. Karena bukan tidak mungkin, status Kang sebagai seorang makhluk hidup justru dapat membuatnya menjadi korban Snap Thanos kapan saja. Seandainya itu terjadi kepadanya, maka misi penaklukkannya akan berakhir dengan konyol. Namun, karena Kang sangat cerdas, dia tahu apa yang harus dilakukannya.

Cara Kang Bisa Selamat di MCU

Di MCU sendiri, Kang the Conqueror punya cara paling efektif untuk menghindari dampak Snap Thanos di sebuah alam semesta. Hal ini terungkap melalui serial Loki season 1, di mana variannya yang bernama He Who Remains sengaja berdiam diri di markasnya yang disebut Citadel at the End of Time untuk menghindari semua konflik di alam semesta, termasuk yang terjadi di film Infinity Wars. He Who Remains tahu bahwa dampak Snap Thanos hanya bisa dirasakan makhluk hidup di alam semesta, tetapi tidak di lokasi yang berada di luar ruang dan waktu, seperti markasnya, markas TVA, dan Quantum Realm.

Itulah penjelasan tentang apakah Kang kebal dari Snap Thanos atau tidak. Jawabannya, sebagai seorang manusia, Kang sama sekali tidak kebal dari pengaruh Snap. Namun karena dia terlalu cerdas sekaligus hebat untuk mati konyol di tangan Thanos, dia lebih memilih menunggu di luar ruang dan waktu sampai peristiwanya berlalu. Cara ini jugalah yang mungkin kemudian dipakai oleh para varian Kang yang sekarang eksis di multiverse. Menariknya hal ini secara tidak langsung telah menjawab pertanyaan mengapa di versi live action MCU, Kang baru muncul setelah Thanos mati.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.