Ada beberapa secret society atau organisasi rahasia yang bukan hanya mengerikan dan berbahaya, namun juga aneh di universe DC Comics. Dunia di DC Comics sebenarnya dibangun oleh berbagai organisasi rahasia yang memberikan pengaruh besar terhadap keberlangsungan kehidupan. Contoh nyatanya adalah bagaimana Court of Owl berhasil menguasai seluruh sisi kehidupan di wilayah kota Gotham.

Ada juga organisasi rahasia yang justru mengincar kekuasaan dunia atau hal-hal mengerikan lain. Namun, diantara sekian banyak organisasi rahasia yang muncul atau diperkenalkan di universe DC Comics ada beberapa yang dianggap aneh. Misalnya, mengubah seseorang menjadi binatang atau memiliki satu tujuan yang sama yaitu balas dendam terhadap sosok yang sama.

Monster Society Of Evil

Ada beberapa karakter pahlawan DC yang dikenal karena deretan villain yang mereka hadapi sangat menarik dan juga mengerikan. Namun, hal ini tidak berlaku terhadap Shazam, di mana berbagai monster dan juga villain yang pernah dia hadapi justru terkadang sangat konyol. Geeks mungkin mengenal ada nama-nama apik dari villain Shazam, seperti Dr. Sivana dan juga Black Adam.

Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Shazam pernah menghadapi villain yangmerupakan cacing luar angkasa dari planet Venus bernama Mr. Mind. Dialah yang kemudian mengumpulkan seluruh villain yang pernah dihadapi dan dikalahkan oleh Shazam, dan kemudian membentuk sebuah organisasi rahasia bernama Monster Society of Evil. Yang epik bahkan di kelompok ini juga pernah terdapat sosok Adolf Hitler.

Wildebeest Society

Wildebeest Society merupakan salah satu villain teraneh yang pernah dihadapi oleh kelompok pahlawan remaja, Teen Titans. Dalam sejarah kemunculannya, Teen Titans sudah banyak berhadapan dengan organisasi kriminal yang berbahaya. Namun, dari sekian banyak musuh yang pernah mereka hadapi mungkin musuh yang paling tidak biasa adalah Wildebeest Society.

Pertama kali muncul New Teen Titans Vol 2 #36, organisasi rahasia aneh ini memiliki kegiatan yang juga aneh sekaligus menakutkan. Wildebeest Society mendapatkan pemasukan untuk operasional mereka melalui berbagai hal jahat, termasuk manipulasi genetik. Mereka mengubah seseorang menjadi sosok yang tidak diinginkan, seperti Rosabelle Mendez yang dirubah menjadi Baby Wildebeest. Sayangnya, organisasi rahasia aneh ini tidak berumur panjang setelah salah satu karakter berhasil mengambil alih dan menghancurkan kelompok tersebut.

Guild Of Detection

Mungkin, ini adalah organisasi rahasia yang “aneh” dalam artian lain. Guild of Detection pertama kali muncul di komik Detective Comics (Vol 1) #1000, di mana dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Batman menemukan sebuah organisasi rahasia yang sudah ada sejak ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Beberapa karakter seperti Batman, Detektif Slam Bradley, dan The Question bahkan mencoba mengungkap informasi tentang organisasi tersebut.

Ternyata, Guild of Detection adalah sebuah organisasi rahasia yang berisi para detektif hebat. Contohnya adalah Dr. Chimp dan Hawkgirl. Mereka yang tergabung di organisasi tersebut dianggap sebagai detektif atau sosok yang sudah memecahkan berbagai misteri. Yang unik adalah Batman, yang notabene dikenal sebagai detektif paling hebat di dunia, justru butuh waktu lama untuk bisa bergabung dan memecahkan misteri di dalamnya. Bahkan, kasus ini jadi kasus terlama yang Batman pecahkan.

Secret Society Of Super-Villains

Ada beberapa versi dari Secret Society Of Super-Villains yang berhasil dalam menjalankan misi mereka di universe DC. Sesuai namanya, organisasi ini merupakan kumpulan dari berbagai villain. Darkseid yang mengumpulkan para villain tersebut. Mereka adalah para villain yang pernah dihadapi dan mengancam nyawa para Justice League. Deathstroke bahkan juga bergabung dalam organisasiini.

Deatstroke bahkan memiliki peranan penting dalam organisasi rahasia yang lebih dikenal sebagai the Society tersebut, terutama dalam peristiwa Infinite Crisis. Meskipun ada versi yang mengesankan, ada juga versi dari the Society yang justru mengecewakan. Sayangnya, nasib dari organisasi ini tidak menentu karena DC Comics mulai jarang menghadirkan mereka.

Superman Revenge Squad

Superman merupakan salah satu karakter populer di DC Comics, di mana bahkan dia adalah salah satu karakter yang muncul perdana di komiknya. Dengan kemunculannya yang sudah berabad-abad, jelas Superman memiliki banyak daftar musuh atau villain yang pernah dia hadapi. Sebagian memutuskan untuk menerima kekalahan mereka, namun sebagian lainnya berusaha untuk membalas dendam kekalahan tersebut.

Inilah yang kemudian menjadi motivasi para villain yang tergabung dalam Superman Revenge Squad. Mereka hanya memiliki satu misi, yaitu membalas kekalahan mereka dari Superman. Sayangnya, meskipun ada berbagai versi dari Superman Revenge Squad sejauh ini mereka diperlihatkan selalu gagal dalam upaya untuk membalas Superman. Menariknya, di universe alternatif lain terdapat organisasi serupa bernama Superboy Revenge Squad.

Organisasi rahasia merupakan salah satu hal yang menarik yang dihadirkan di universe DC Comics. Organisasi tersebut terbentuk karena kesamaan tujuan atau misi mereka. Sebagian organisasi memang mengerikan dan berbahaya, namun terbukti ada juga berbagai organisasi rahasia yang justru dianggap aneh. Dan di atas adalah contoh nyatanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.