Salah satu hal yang berhasil menarik perhatian para penggemar dari franchise Power Rangers selain berbagai senjata dan robot yang mereka gunakan adalah markasnya. Markas atau tempat khusus yang jadi basis operasi mereka tentunya sangat dibutuhkan untuk menyusun strategi, mempersiapkan peralatan, mencari informasi, dan sebagainya. Biasanya, markas dari tim tersebut sangat canggih.

Hal ini karena markas dari Power Rangers memanfaatkan teknologi dari alien atau yang bukan berasal dari bumi. Di sepanjang sejarah kemunculannya, sudah ada banyak tim Power Rangers yang muncul. Meskipun begitu, dari sekian banyak tim yang muncul ada sebagian yang dianggap memiliki markas yang unik dan luar biasa.

Amber Beach Dinosaur Museum – Power Rangers Dino Charge

Markas Power Rangers yang unik pertama adalah Amber Beach Dinosaur Museum yang merupakan markas dari tim Dino Charge. Sesuai namanya, markas Power Rangers ini merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai fosil-fosil dinosaurus dan juga berbagai benda sejarah lain yang nilainya jelas sangat berharga. Untuk bersantai, museum tersebut juga menyediakan kafe yang bisa dimanfaatkan.

Museum Amber Beach ini juga memiliki sebuah laboratorium raksasa yang letaknya ada di bawah tanah. Selain dimanfaatkan sebagai markas dari para Rangers Dino Charge, lab ini juga menjadi lokasi penyimpanan dari Energems.

Dino Lab – Power Rangers Dino Thunder

Jauh sebelum Kendall Morgan membangun sebuah laboratorium rahasia di bawah museum Amber Beach, yang jadi markas tim Dino Charge, Tommy Olliver alias Dr. O sudah terlebih dahulu menciptakan sebuah lab rahasia canggih yang dia bangun tepat di bawah tempat tinggalnya. Lab rahasia tersebut dia buat untuk jadi markas bagi tim Dino Thunder. Markas tersebut kemudian diberi nama Dino Lab.

Yang membuat markas ini menarik adalah karena adanya perpaduan dari berbagai teknologi canggih dan juga berbagai ornamen dari fosil dinosaurus dipajang dan tersimpan di sana. Luas dari lab ini sangat besar, di mana mampu untuk menampung berbagai kendaraan dari para Rangers seperti Hovercraft Cycle atau bahkan Dino ATV.

Ninja Ops – Power Rangers Ninja Storm

Markas Power Rangers yang menarik lainnya adalah markas milik Ninja Storm yaitu Ninja Ops. Pada dasarnya, ini merupakan sebuah dojo atau tempat latihan rahasia yang letaknya ada dibawah tanah. Bagian dalam dari dojo ini memang nampak tradisional seperti umumnya tempat latihan lain. Meskipun begitu, terdapat komputer canggih yang siap membantu para Rangers.

Ketika para Rangers sedang beraksi, di markas mereka ini selalu ada satu orang yang siap membantu mereka bernama Cam. Dia memberikan pengarahan atau memberi tahu informasi apa pun yang dibutuhkan oleh para Rangers. Bahkan, dia juga mengirimkan para Ninja Zords ketika situasi mulai kacau.

Root Core – Power Rangers Mystic Force

Sesuai dengan tema cerita dari Power Rangers Mystic Force yang berkaitan dengan kekuatan mistis atau sihir, markas para Rangers ini juga terletak di tempat yang tidak biasa. Markas mereka yang bernama Root Core berlokasi di sebuah hutan sihir bernama Briarwood. Salah satu hal yang unik dari Root Core adalah di bagian pintu masuk terdapat sebuah ornamen berbentuk kepala naga yang terbuat dari kayu.

Di sisi lain, Root Core juga menjadi tempat untuk menyimpan sebuah buku misterius bernama Xenotome dan juga berbagai artefak sihir lainnya yang bisa digunakan oleh para Rangers. Yang unik juga adalah biasanya di markas tersebut para Rangers sering mempelajari berbagai mantra sihir baru untuk digunakan menghadapi para pasukan kegelapan.

Animarium – Power Rangers Wild Force

Berbeda dengan markas Power Rangers lainnya yang berada di bawah tanah, markas dari Wild Force yaitu Animarium, justru tidak berada di tanah atau di bawahnya. Animarium merupakan sebuah pulau yang melayang di atas langit. Memiliki bentuk seperti kura-kura, Animarium merupakan markas sekaligus habitat dari Wild Zord. Di sana terdapat sebuah kuil kuno yang digunakan sebagai markas operasi para Rangers. Kuilnya memiliki air suci yang mampu memberikan petunjuk ketika ada bahaya atau ancaman dari para monster.

Terra Venture – Power Rangers Lost Galaxy

Markas Power Rangers yang unik dan juga berbeda dari yang lainnya adalah Terra Venture yang merupakan markas dari tim Lost Galaxy. Jika Animarium adalah pulau yang mengambang, maka Terra Venture adalah sebuah stasiun luar angkasa yang berada di luar bumi. Stasiun luar angkasa tersebut memiliki teknologi yang sangat canggih. Tujuan dari dibuatnya stasiun luar angkasa tersebut adalah menemukan planet baru yang bisa dihuni manusia.

Karena memiliki ukuran yang sangat masif, wajar jika Terra Venture bukan hanya dihuni dan jadi markas dari para Rangers namun juga oleh banyak sekali orang. Para Rangers harus berjuang demi melindungi Terra Venture dan orang-orang di sana dari serangan Trakeena dan para monstser lainnya.

Astro Megaship – Power Rangers In Space

Astro Megaship merupakan sebuah kapal luar angkasa berukuran masif yang dibuat oleh Zordon dan Alpha 5. Kapal luar angkasa ini dibekali oleh teknologi yang canggih dan juga ini jadi markas utama bagi tim Power Rangers In Space. Dengan menggunakan kapal luar angkasa ini, para Rangers bisa pergi ke mana pun di luar angkasa. Kapal ini juga dilengkapi oleh kecerdasan buatan bernama D.E.C.A. yang dibekali juga dengan sistem canggih. Yang menarik adalah setelah kekalahan villain utama mereka, Astronema, Astro Megaship kemudian dirubah menjadi museum di Terra Venture dan jadi markas bagi Power Rangers Lost Galaxy.

Lightspeed Aquabase – Power Rangers Lightspeed Rescue

Yang membuat Lightspeed Aquabase yang jadi markas Power Rangers Lightspeed Rescue ini menarik dan unik adalah lokasinya yang sangat tidak biasa. Bukan berada di bawah tanah atau melayang di udara, markas Power Rangers ini justru “tenggelam” di bawah laut. Bukan tanpa sebab mereka membangun markas yang berlokasi di bawah air. Hal ini karena musuh-musuh mereka sangat lemah terhadap air.

Lightspeed Aquabse memiliki desain yang unik dan menarik di mana terdapat beberapa kubah yang saling terhubung satu sama lain. Selain dilengkapi oleh teknologi canggih, markas ini juga memiliki ukuran yang sangat luas sehingga mampu menyimpan Zord milik para Rangers.

Delta Base – Power Rangers S.P.D.

Dibandingkan dengan merkas Power Rangers lainnya di dalam daftar ini, Delta Base bisa dibilang sudah sangat futuristik dan canggih mirip seperti Terra Venture. Delta Base merupakan bangunan yang jadi markas dari Power Rangers S.P.D. dan memiliki bentuk seperti mentor mereka, Anubis Cruger. Yang unik adalah selain berfungsi sebagai markas mereka, Delta Base juga memiliki sistem khusus untuk bisa berubah menjadi Megazord ketika situasi darurat. Hal inilah yang bisa jadi alasan jika Delta Base mungkin adalah markas Power Rangers yang paling kuat.

Command Center/Power Chamber – Mighty Morphin Power Rangers

Rasanya Geeks sudah tidak asing lagi dengan markas Power Rangers yang sangat ikonik ini. Hal tersebut wajar, mengingat Power Chamber atau Command Center ini merupakan markas pertama di franchise Power Rangers yang diperkenalkan. Ini merupakan markas dari tim Power Rangers ikonik yaitu Mighty Morphin Power Rangers. Markas ini memiliki berbagai teknologi yang canggih.

Misalnya, alat teleportasi, alat melakukan pemindaian, dan mampu mengidentifikasi musuh. Di tempat ini juga Zordon dan Alpha 5 membantu para Rangers dengan berbagai hal yang bisa mereka lakukan. Selain menjadi markas bagi Mighty Morphin Power Rangers, Command Center ini juga menjadi markas bagi tim Power Rangers lain seperti Power Rangers Zeo dan Power Rangers Turbo.

Markas dari Power Rangers memang jadi salah satu elemen penting yang muncul di franchise ini. Di sanalah mereka mempersiapkan semuanya. Yang menarik adalah untuk menjaga kerahasiaan tim Power Rangers tersebut, tidak jarang mereka membangun markas yang unik di tempat yang tidak biasa. Dan di atas adalah contoh nyatanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.